Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan Velg Racing Mobil Beserta Kekurangannya

Kelebihan Velg Racing Mobil Beserta Kekurangannya

Kelebihan velg racing mobil menjadikan tampilan terkesan mewah. Velg tentunya menjadi salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Tanpa adanya velg pada sebuah mobil tentu tidak dapat melaju.

Selain fungsinya sebagai penopang ban, juga sangat erat dengan tingkat kenyamanan berkendara. Dari segi eksterior, velg akan mempengaruhi penampilan mobil saat melihatnya kasat mata.

Pada perkembangannya saat ini, bentuk velg hadir dengan berbagai variasi. Velg racing saat ini sebagai salah satu trend modifikasi. Terlebih untuk kalangan para pecinta otomotif. Pilihlah untuk merubah tampilan velg mobil yang sebelumnya original.

Hal ini dapat menambah keistimewaan dari mobil tersebut. Mobil yang sudah termodifikasi menggunakan velg racing, nantinya akan tampak mewah juga futuristik.

Inilah Beberapa Kelebihan Velg Racing Mobil

Bagi pecinta otomotif tentunya harus mempersiapkan dan mempertimbangkan saat akan melakukan perubahan atau sedikit modifikasinya, terutama pada bagian velg mobil.

Hal itu karena velg mobil ini berurusan dengan ban mobil. Bagian tersebut memiliki fungsi dan kinerja sangat penting dalam berkendara. Untuk itu, ketahui beberapa kelebihan menggunakan velg racing berikut ini.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Tampilan Mewah

Mulai dari tampilan mobil yang lebih mewah juga garang. Bahkan memiliki kesan futuristik dan keren. Sehingga memilih desain dan modifikasinya berbeda dari mobil lainnya.

Dengan kelebihan tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemiliknya. Terlebih apabila Anda yang mendesain sendiri velg racing tersebut. Bahkan bisa memilih tipe velg yang terbilang anti mainstream.

Pastinya menjadikan tampilan mobil semakin enak dipandang. Mobil Anda akan tampak berbeda dari yang lainnya. Anda juga dapat memodifikasi dengan menurunkan per mobil. Sehingga mobil akan tampak pendek. Namun ukuran ban dan velg sedikit diperbesar.

Akselerasi yang Lebih Baik

Kelebihan velg racing mobil lainnya yaitu memberikan akselerasi yang lebih baik. Bahkan bagian handling juga lebih baik. Bobot dan ukurannya juga membuat mobil menjadi lebih mudah dikendalikan. Dalam hal maneuver, velg jenis ini lebih stabil saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Baca Juga : Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Lebih Kuat

Velg jenis ini juga memiliki ketahanan kuat dan anti bengkok. Sehingga banyak yang memilih menggunakan jenis velg tersebut.

Minim Getaran

Velg racing juga lebih minim getaran saat sedang melaju pada kecepatan tinggi. Tentunya akan berbeda dengan getaran pada velg kaleng. Terasa lebih besar saat melaju pada kecepatan tinggi seperti ketika berada di jalan tol.

Semakin besar getaran, maka kestabilan mobil juga kurang baik dan sebaliknya. Braking high speed terbilang cukup nyaman dan tidak goyang.

Kelebihan velg racing mobil lainnya, memiliki perawatan velg yang lebih mudah. Terlebih saat Anda membersihkan velg tersebut. Model velg tentunya bervariasi dan mudah untuk mengecat ulang sesuai selera. Bahkan bisa memilih menggunakan ban tubeless.

Kekurangan Velg Racing

Baca Juga : Penyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Setiap kali Anda memilih untuk memodifikasi tampilan mobil, menjadikan tampilannya tidak original. Tentunya akan memiliki kekurangan tersendiri bagi pemilik mobil. Untuk itu, ketahui beberapa kekurangan velg racing berikut ini.

Biaya Tidak Murah

Menggunakan velg racing berarti Anda perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit. Bahkan Anda juga perlu mengeluarkan budget sampai 10 juta rupiah. Hal tersebut untuk menjadikan tampilan mobil lebih mewah.

Namun tidak semua orang menginginkan mobil yang sudah dimodifikasi, meskipun terdapat kelebihan pada velg racing. Sehingga saat Anda ingin menjualnya, Anda perlu mengembalikan tampilan mobilnya menjadi original. Hal tersebut memerlukan jasa bongkar pasang yang tidak murah.

Segi Kenyamanan Kurang

Mobil yang sudah dimodifikasi dengan velg racing sebenarnya kurang dari segi kenyamanannya. Pada saat Anda memutuskan untuk memodifikasi mobil tersebut, terlebih dengan mengubah ukuran ban yang diperbesar atau diperkecil, kemungkinan mobil akan terasa lebih berat tarikannya.

Sehingga saat berkendara, Anda membutuhkan power. Hal tersebut tentunya berbeda apabila menggunakan velg original.

Kelebihan velg racing mobil di atas akan menjadikan tampilan mobil lebih mewah dan futuristik. Model velg racing ini memiliki banyak variasinya.

Bahkan lebih mudah untuk mengecat ulang sesuai selera Anda. Sebelum menggunakan velg racing mobil, pastikan Anda bijak dalam mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva