Kenapa Dagangan Sepi Pembeli? Ini Alasan yang Wajib Anda Tahu!

kenapa dagangan sepi pembeli
Penyebab kenapa dagangan sepi pembeli. Foto: Ist/Net

Kenapa dagangan sepi pembeli merupakan salah satu masalah yang sering menjadi keluhan para pedagang dan pemilik usaha. Lantas, apa yang menyebabkan kondisi dan bagaimana membalikkannya menjadi laris manis?

Penurunan omset penjualan sebenarnya merupakan hal yang lumrah. Hal ini tak hanya terjadi pada pedagang atau pemula namun juga bisa menimpa para pengusaha berpengalaman dan yang sudah bertahun-tahun menjalankannya.

Ada banyak aspek yang bisa menjadi alasan atau penyebab mengapa suatu produk bisa sampai tidak laku dan sepi dengan pembeli. Bisa karena produknya yang tidak berkualitas, kurang promosi, atau lokasi lapaknya yang tersembunyi.

Baca Juga: Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial Agar Bisa Mendatangkan Laba

Alasan Kenapa Dagangan Sepi Pembeli

Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan atau merintis usaha tentunya perlu melakukan persiapan yang matang. Baik terhadap produk jualannya maupun berbagai tahapan penting dalam membangun sebuah bisnis.

Pada artikel kali ini akan kami akan bagikan informasi penting mengenai faktor yang menyebabkan kenapa dagangan sepi pembeli. Dengan mengetahui alasan – alasan ini tentu Anda dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal yang sama.

Harga Terlalu Tinggi

Hakikat seorang pemilik usaha atau pebisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan budget serendah-rendahnya. Namun jangan sampai hal tersebut malah menjadikan Anda sebagai orang yang mematok harga jual terlalu tinggi atas produk Anda.

Jika harga jual produk Anda terlalu tinggi orang akan enggan membeli produk Anda sehingga daya beli pun mengalami penurunan yang signifikan. Oleh sebab itu mematok harga jual harus dengan angka yang wajar.

Tidak Mengenali Produk dengan Baik

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan kenapa dagangan sepi pembeli karena Anda tidak mengenali produk dengan baik. Seseorang akan membeli suatu produk karena beberapa alasan. Seperti tertarik dengan keunikan atau merasa butuh dengan produk tersebut.

Jika pemilik produk saja tidak tahu apa yang menjadi daya tarik, keunikan atau nilai jual dari produknya sendiri maka jangan harap akan banyak orang yang membeli produk Anda.

Jadi, pastikan Anda mengenal betul produk Anda sendiri terlebih dahulu sebelum memulai memasarkan produk tersebut. Dengan mengenali produk, proses pemasaran pun bisa jauh lebih baik lagi dan bisa tepat sasaran.

Baca Juga: Usaha Makanan Unik dan Kreatif, Ini Ide Bisnis yang Inspiratif!

Produk Kurang Inovatif

Seiring dengan perkembangan teknologi, produk akan mengalami ketinggalan zaman dalam waktu lama. Jika ini terjadi, maka produk tidak akan memiliki daya tarik lagi bagi konsumen. Inilah kenapa dagangan sepi pembeli.

Oleh sebab itu menjadi suatu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan sisi atraktif dari suatu produk. Anda bisa melakukannya dengan mengubah varian rasa, mengubah packagingnya, dan lainnya.

Pelayanan Kurang Menarik

Anda tentu sudah tahu dan paham dengan pepatah yang mengatakan bahwa ‘pembeli adalah raja’. Hal tersebut memang benar adanya. Oleh sebab itu pastikan Anda memberikan pelayanan yang menarik.

Jangan sampai produk Anda sudah bagus, packagingnya menarik akan tetapi Anda tidak bisa memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap produk Anda. Jika ini terjadi pada usaha Anda akan membuat para pelanggan merasa tidak puas.

Ingat, kepuasan pelanggan adalah yang utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jadi pastikan agar sebisa mungkin Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Seperti dengan menyediakan layanan antar, gratis ongkir dan layanan customer service.

Kurang Gencarnya Pemasaran

Pemasaran merupakan serangkaian proses usaha yang kita lakukan untuk menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan suatu produk. Kenapa dagangan sepi pembeli bisa jadi karena factor ini.

Pemasaran sangat penting Anda lakukan dalam hal pemberian informasi tentang suatu produk kepada konsumen atau calon konsumen. Terlebih pada era digital saat ini sehingga Anda perlu memanfaatkannya untuk lebih mempromosikannya.

Sebagus apapun produk yang Anda jual dan sefungsional apapun produk yang Anda jual jika tidak Anda pasarkan dengan baik pasti akan percuma. Untuk itu strategi pemasaran harus benar-benar Anda pikirkan sebelum meluncurkan suatu produk.

Sebenarnya pemasaran bisa kita jalankan sambil jalan juga tak masalah. Hanya saja yang terpenting Anda sudah paham alur pemasaran akan kemana dan seperti apa. Baik itu pemasaran secara offline atau pun juga pemasaran secara online.

Itulah berbagai alasan kenapa dagangan sepi pembeli yang Anda perlu tahu dan pahami. Pastikan Anda hindari berbagai hal yang dapat menjadi penyebab dagangan Anda tidak laku. Terutama untuk Anda yang ingin membuka suatu usaha. (R11/HR Online)

Editor: Jujang