spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruKnalpot Mobil Keluar Air, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

Knalpot Mobil Keluar Air, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

- Advertisement -

Knalpot mobil keluar air biasanya terjadi saat pagi hari, saat Anda tengah memanaskan kendaraan mobil. Kegiatan memanaskan mobil sendiri merupakan salah satu rutinitas di pagi hari. Tujuannya agar dapat mencairkan oli pada ruang mesin dan transmisi.

Selain itu juga untuk melancarkan asupan bensin pada sistem injeksinya. Namun penggunaan mobil yang terburu-buru dan belum memanaskan mobil dengan baik, hal itu yang akan menjadikan masalah cukup serius.

Baca Juga : Asap Knalpot Mobil Bau, Jangan Sepelekan Bisa Menimbulkan Bahaya

Sementara keberadaan knalpot termasuk komponen kendaraan yang memiliki peran penting. Terlebih dalam sistem pembuangan pada kendaraan.

Knalpot tidak jarang mengalami beberapa masalah. Namun masalah yang sering terjadi yakni menjadi berasap, bahkan mengeluarkan air. Lantas, apa yang menjadi penyebab masalah knalpot yang mengeluarkan air? Simak ulasannya berikut ini!

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air

Apabila knalpot mengeluarkan air, sebenarnya hal itu masih wajar. Hal ini disebabkan karena adanya proses kondensasi. Untuk itu ketahui beberapa hal mengenai knalpot yang mengeluarkan air berikut ini.

Pembakaran dalam Ruang Mesin

Biasanya air yang keluar dari knalpot mobil saat mesin baru pertama kali dinyalakan. Terlebih pada saat menyalakan mesinnya pagi hari. Hal ini tentunya bukan menandakan adanya suatu kebocoran. Namun telah terjadi proses pembakaran di dalam mesin tersebut.

Sehingga akan menghasilkan gas H2O dan CO2. Pada dasarnya, bensin memiliki senyawa  karbon (C), hidrogen (H), dan udara (O2). Ketiga unsur itu nantinya menghasilkan air. Terlebih pada saat terjadinya pembakaran dalam ruang mesin.

Apabila saat kondisi suhunya masih normal, gas H2O hasil dari proses pembakaran tersebut mengalami kondensasi. Kemudian, proses tersebut mengakibatkan uap-uap air berubah. Sehingga akan menjadi butiran-butiran air.

Suhu yang Dingin

Saat suhu yang ada sekitar yang terlalu dingin. Tentunya akan menjadi penyebab knalpot mobil keluar air. Terlebih Anda yang menempati di daerah yang memiliki suhu sangat dingin, seperti halnya di wilayah pegunungan.

Sehingga, tidak heran saat kendaraan dinyalakan pada waktu pagi hari, knalpot mobil akan menimbulkan rembesan air. Saat terjadi perubahan suhunya knalpot dari dingin dan kemudian lama-lama akan menjadi panas. Maka akan muncul air yang menetes bersamaan dengan asap yang keluar.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Meskipun keluarnya asap putih tipis dan air, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Tentu selama asap dan air yang keluar masih dalam jumlah yang wajar. Namun apabila air yang keluar dari knalpot jumlahnya cukup banyak. Hal tersebut yang perlu Anda waspadai.

Knalpot yang keluar air tidak hanya pada wilayah bersuhu dingin. Bahkan apabila Anda menempati di daerah iklim tropis. Maka setelah hujan juga akan ada rembesan air yang keluar dari knalpot mobil.

Embun yang Terperangkap

Penyebab keluarnya air dari knalpot lainnya karena adanya embun yang terperangkap. Saat proses pembakaran sempurna, maka air pastinya akan keluar. Hal ini juga akan disertai embun yang terperangkap dalam knalpot.

Baca Juga : Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Ada 3 Efek yang Harus Anda Tahu

Sehingga yang ikut keluar dan menyebabkan seperti adanya tetesan air. Saat mesin mulai panas, maka embun akan terdorong keluar. Hal tersebut yang akan mengakibatkan keluarnya tetes-tetes air dalam jumlah wajar.

Saat Knalpot Mengeluarkan Air

Apabila Anda melihat knalpot mobil keluar air, maka sebaiknya tidak langsung mematikan mesin mobil tersebut. Hal ini dilakukan agar proses pembakaran mesin tersebut berjalan optimal. Sehingga dapat mengeringkan aliran air yang terdapat pada bagian pipa knalpot.

Namun, apabila bukan rembesan air yang keluar dari knalpot, melainkan oli, sebaiknya Anda perlu untuk melakukan pengecekan. Hal ini yang akan menjadi pertanda terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

Untuk menjaga mobil agar tetap dalam kondisi baik dan menghindari terjadinya masalah, maka Anda perlu melakukan servis secara rutin.

Terlebih saat Anda berkendara dan tiba- tiba mobil mengeluarkan asap yang tebal. Bahkan juga memunculkan asap yang berwarna hitam. Hal ini tentunya tidak hanya mengganggu Anda.  Namun juga mengganggu pengendara yang lainnya.

Jadi, apabila knalpot keluar air, saat sedang memanaskan mobil di pagi hari, maka Anda tidak perlu merasa panik. Hal tersebut masih normal. Selama air yang keluar dalam jumlah yang wajar. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -