Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruKolesterol Tinggi pada Remaja dan Cara Mengatasinya!

Kolesterol Tinggi pada Remaja dan Cara Mengatasinya!

Kolesterol tinggi pada remaja dapat diketahui dari adanya beberapa perubahan pada kondisi tumbuh, seperti gampang merasa lelah, nyeri di bagian tengkuk dan dada. Hal tersebut tentunya jangan diabaikan karena dapat mengganggu kondisi kestabilan tubuh.

Umumnya kolesterol itu adalah penumpukan lemak dalam tubuh. Dalam kadar yang tinggi, kolesterol bisa menjadi masalah bagi kesehatan tubuh.

Kolesterol tinggi juga bisa terjadi pada siapa saja, baik tua maupun kalangan remaja dengan berbagai penyebab yang berbeda, salah satunya gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Merangkum dari berbagai sumber, bagi kalangan remaja yang memiliki masalah kolesterol tinggi sebaiknya segera ubah gaya hidup kamu agar tidak semakin parah. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Remaja

Kurangi Konsumsi Junk Food

Baca Juga : Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau biasa orang menyebutnya junk food.

Karena, lemak jenuh yang terkandung dalam makanan cepat saji seperti fried chicken, burger, nugget, dan banyak lagi jenis lainnya, dapat memicu obesitas hingga kolesterol.

Bukan tidak boleh mengonsumsi jenis makanan tersebut, hanya saja kamu harus memperhatikan jumlah asupan lemak yang masuk dalam tubuh.

Perhatikan Cara Memasak

Untuk mengatasi kolesterol tinggi pada remaja salah satunya dengan memperhatikan cara memasak makanan yang akan kamu konsumsi. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Baca Juga : Makanan Kolesterol Tinggi Ini Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Memasak makanan dengan cara menggoreng dan menggunakan minyak dalam jumlah banyak dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi.

Konsumsi makanan yang dalam pengolahannya digoreng berlebihan bisa menyebabkan lemak jahat menumpuk dalam tubuh.

Jadi, memasak yang lebih sehat adalah dengan cara merebus, kukus atau panggang. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

Rajin Olahraga

Mengatasi kolesterol tinggi pada remaja bisa juga dengan cara rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat. Dengan kebiasaan melakukan gaya hidup yang sehat tentunya tubuh akan menjadi bugar, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai penyakit.

Baca Juga : Manfaat Madu Hitam, Ampuh Atasi Diabetes hingga Kolesterol Tinggi

Rutin berolahraga akan membantu kamu dalam mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Karena, lemak jenuh yang menumpuk dalam tubuh akan berubah menjadi energi jika kita rutin melakukan olahraga.

Badan yang mudah lelah menjadi salah satu ciri kolesterol tinggi. Rajin melakukan olahraga menjadi solusi yang tepat supaya kebugaran dan ketahanan tubuh jadi membaik. 

Konsumsi Gizi Seimbang

Untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi gizi yang seimbang tentunya menjadi hal yang sangat penting. Karena pada dasarnya penumpukan kolesterol tinggi pada remaja terjadi akibat dari asupan makanan dalam tubuh yang tidak seimbang.

Seperti misalnya, terlalu sering mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tanpa dibarengi nutrisi yang baik.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, kamu bisa memulainya dengan mengatur asupan nutrisi dan gizi seimbang.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah kolesterol tinggi yang terjadi pada kalangan remaja. Jadi, selalu memperhatikan asupan makanan yang sehat bagi tubuh sangatlah penting.

Ingat, sehat itu mahal! Jaga kondisi kesehatan tubuh sebaik-baiknya supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. (R3/HR-Online)