Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruLaptop Chromebook untuk Pelajar Besutan Dalam Negeri Kini Telah Hadir

Laptop Chromebook untuk Pelajar Besutan Dalam Negeri Kini Telah Hadir

Laptop Chromebook untuk pelajar hadir dalam beberapa macam, yaitu Axioo, Advan, TSM Technologies, SPC, dan Zyrex dari perusahaan Google. Chromebook sendiri merupakan salah satu sistem operasi tablet dan laptop milik Google.

Kehadirannya itu juga tidak hanya dari Google saja, melainkan juga 6 perusahaan besar yang berhasil memproduksi laptop. Managing Director Google Indonesia, yaitu Randy Jusuf juga mengatakan, bahwa perusahaan kini telah mampu menunjukkan pentingnya peralatan yang tepat.

Terutama bagi mereka, para pelajar dari jarak jauh untuk kebutuhan belajarnya. Oleh karena itu, kini telah hadir laptop khusus untuk mereka semua.

Kehadiran Laptop Chromebook untuk Pelajar, Peralatan Penunjang Belajar

Akhirnya Google telah resmi menggandeng 6 vendor dalam merakit perangkat laptop buatan Indonesia, Chromebook. Pasalnya, laptop ini juga akan mendukung upaya Kemendikbud Ristek untuk memproduksi banyak laptop bagi pelajar.

Baca Juga : Spesifikasi Laptop Merah Putih Sesuai Penjelasan Kemendikbud

Namun tidak hanya untuk pasar Indonesia saja, melainkan Chromebook ini akan diekspor ke luar negeri. Bahkan Randy Jusuf juga merasa bangga saat mengumumkan sejumlah laptop buatan dalam negeri tersebut.

Selain itu, Kemendikbud (Pendidikan dan Kebudayaan) Ristek (Riset dan Teknologi) sudah menetapkan desain dan spesifikasi minimum. Pada pengadaan seperti ini sebagai program digitalisasi sekolahan.

Nah, detail spesifikasi minimum perangkat laptop Chromebook pelajar ini juga sudah tercantum ke dalam peraturan Mendikbud RI No 5 tahun 2021. Lalu Chromebook itu apa?

Spesifikasi Lebih Modern

Dalam peraturan tertulis oleh Kemendikbud Ristek, Mendikbud Nomor 5 tahun 2021 berisi tentang spesifikasi minimal laptop. Di dalam beleid itu, terdapat spesifikasi laptop Chromebook untuk pelajar dengan jenis prosesor Core 2 frekuensi 1,1 GHz.

Sementara itu, tidak lupa dengan memori singgahan atau cache sebesar 1M, dan memori standar sebesar 4GB DDR4. Tidak hanya itu saja, melainkan juga lengkap kemampuan hard drive dengan besaran hingga 32GB.

Tak lupa, Google menyematkan pula USB berupa USB 3.0, dengan dukungan WLAN adapter untuk kemampuan jaringannya. Sementara pada spesifikasi tipe grafisnya atau VGA memiliki standar HD (High Definition).

Baca Juga : Laptop Acer Swift 3 Infinity 4 Hadir dengan Tampilan Baru dan Canggih

Selain itu, dengan monitor seluas 11 inci LE dan audio integrated membuat laptop ini lebih menarik. Sedangkan pada bagian kapasitas baterainya, seharusnya laptop akan memiliki daya maksimum hingga 50 watt.

Harapan untuk Masa Depan

6 perusahaan lokal ini bekerja sama dengan sekolah kejuruan, agar memproduksi laptop Chromebook untuk pelajar. Tak lain untuk membantu membuka keran SDM terbaru serta membangun kembali pondasi akan kemampuan manufaktur lebih tinggi.

Bahkan para produsen ini juga, akan membekali hingga ribuan pelajar sekolah (SMK) dengan berbagai macam keterampilan. Ini merupakan langkah untuk melengkapi upaya Goggle agar mentransformasikan sistem pendidikan.

Baca Juga : Xiaomi RedmiBook 15 Laptop Terbaru di Indonesia, Ini Speknya

Hingga sampai saat ini pula, perusahaan Google terus mendukung pelatihan pengajar di Tanah Air bersama kemitraannya itu. Pasalnya, kerja sama ini juga sudah menyiarkan banyak webinar, agar bisa mengakrabkan seluruh pengajar menggunakan peralatan.

Ada lebih dari 3249 pengajar yang kini sudah menjadi pendidik tersertifikasi Google untuk melatih rekan pengajar lain. Tujuannya adalah menyesuaikan diri menggunakan teknologi belajar untuk jarak jauh.

Dana untuk Memproduksi Laptop

Dari berbagai macam laptop Chromebook untuk pelajar, juga telah memenuhi syarat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) hingga sejumlah 40%. Dari total dana yang digunakan itu untuk memproduksi Chromebook hingga mencapai 1,3 triliun.

Kemendikbud Ristek juga melibatkan para pelajar SMK agar ikut mengembangkan laptop buatan dalam negeri. Sehingga para pelajar dapat memperoleh wahana baru untuk magang, praktik, maupun kurikulum yang berbasis praktik.

Kemewahan Chromebook Daripada Laptop Biasa

Chromebook hampir sama Android, sebab memiliki toko sendiri untuk menginstal pilihan aplikasi, yaitu Google Play Store. Dengan banyak pilihannya, maka para pengguna dapat menggunakannya, seperti Drawing, Google Docs, Sheets, dan lain-lain.

Perbedaaan antara Chromebook pelajar dengan laptop biasa adalah terletak pada bagian spesifikasinya saja. Pasalnya, Chromebook ini memiliki spesifikasi sedikit rendah daripada laptop biasanya.

Hal ini karena pemakaiannya sangat ringan dan kurang cocok untuk penggunaan yang berat. Oleh karena itu, hanya untuk para pelajar saja. Bahkan laptop Chromebook untuk pelajar besutan dalam negeri ini telah tercantum di sebuah laman E-Katalog Elektronik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -