Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita PangandaranLongsor Tebing Jalan di Jalur Parigi-Cigugur Pangandaran Membahayakan

Longsor Tebing Jalan di Jalur Parigi-Cigugur Pangandaran Membahayakan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Longsor tebing jalan di jalur Parigi-Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengancam keselamatan para pengguna jalan.

Lokasi longsornya tebing jalan sedalam kurang lebih 20 meter itu berada di Blok Ciapat, Dusun Dukuh I, RT.03/05, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Karena kondisi tersebut membahayakan, warga setempat berharap tebing jalan yang longsor itu bisa secepatnya mendapatkan perbaikan.

“Tebing longsor terjadi pada bulan Mei lalu, kedalamannya 20 meter sehingga membahayakan para pengguna jalan. Apalagi lokasinya berada di jalan protokol,” kata Aceng, salah seorang warga setempat kepada HR Online, Sabtu (07/08/2021).

Baca Juga : Awas! Begal Mengincar Pengendara di Jalan Raya Pangandaran-Parigi

Pasalnya, lanjut Aceng, kendaraan yang melintas melalui jalur tersebut selalu ramai setiap harinya. Kondisi ini berpotensi terjadinya longsor susulan yang diakibatkan oleh beban kendaraan yang melintas.

Aceng mengatakan, longsor tebing jalan warga sangat berharap instansi terkait bisa segera turun tangan untuk menyikapi masalah tersebut.

Karena warga merasa cemas dan takut terjadi longsor susulan. Terlebih kalau sampai melebar hingga ke bagian badan jalan. Sebab lokasinya berdekatan dengan jalan belokan yang tak jauh dari pabrik tapas.

“Kalau ada mobil yang datang dari arah berlawanan saat malam hari, itu sangat berpotensi terjadi kecelakaan, apalagi tidak ada lampu penerang jalan,” kata Aceng.

Bahkan, lebar badan jalannya hanya 4 meteran. Oleh karena itu, jika ada dua mobil berpapasan bisa terpeleset hingga masuk jurang.

“Warga setempat juga sudah berupaya mengantisipasinya dengan membuatkan pagar dari kayu, tapi itu juga tidak begitu kuat,” pungkas Aceng. (Cenk2/R3/HR-Online)

Editor : Eva