Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMacam-Macam Fitnah Akhir Zaman yang Muslim Wajib Tahu

Macam-Macam Fitnah Akhir Zaman yang Muslim Wajib Tahu

Macam-macam fitnah akhir zaman tentunya menjadi salah satu hal yang penting dan harus kita ketahui. Akhir-akhir ini tanda-tanda bahwa kehidupan dunia akan berakhir semakin hari sudah semakin terlihat dengan jelas. 

Akan tetapi mengenai hal tersebut, masih banyak umat muslim yang belum menyadarinya bahkan masih saja mengejar kehidupan dunia yang tentunya tidak ada habisnya.

Kehidupan kita di dunia memang tidak ada yang mengetahui sampai kapan. Karena hanya Allah SWT mengetahui hal tersebut. Tugas kita adalah menyiapkan amalan untuk menyambut datangnya akhir zaman.

Percaya ataupun tidak percaya kelak kita akan menghadapi akhir zaman. Hal ini sebagaimana dengan rukun iman yang ke-5 yakni iman kepada hari akhir. Perintah untuk mengimani bahwa kelak suatu hari nanti akan terjadi hari kiamat, sudah pasti itu benar-benar akan terjadi dalam kehidupan umat manusia di dunia.

baca juga: Hukum Tidur Setelah Subuh, Berikut Penjelasan Beserta Alasannya

Macam-Macam Fitnah Akhir Zaman yang Mengepung

Tahu bahwasanya dunia ini akan hancur. Akan tetapi sebelum itu Dajjal akan muncul tujuan untuk merusak akhlak serta kepercayaan manusia, terutama mereka umat muslimin. 

Keimanan seseorang nantinya akan diguncang dengan cara yang meluluhkan. Hingga pada akhirnya mereka tidak kuat mudah sekali untuk memilih pada tipu muslihat Dajal.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebelum semua terjadi nantinya akan muncul juga fitnah besar yang akan menimpa umat muslim? 

Fitnah-fitnah tersebut juga menjadi tanda-tanda bahwa akhir zaman sudah tampak. Selain itu, macam-macam fitnah akhir zaman tersebut mengepung umat muslim, bahkan sulit sekali untuk menghilangkannya.

Apa saja? Bagi Anda yang belum tahu mengenai apa saja fitnah akhir zaman tersebut perlu sekali untuk menyimak ilmu yang sangat bermanfaat berikut ini.

baca juga: Cara Menghindari Makanan Haram dalam Islam, Simak Penjelasannya

Fitnah Akhir Zaman Ahlas

Untuk fitnah akhir zaman yang pertama adalah ahlas. Fitnah pertama ini sedang mengepung umat muslim, yakni fitnah peperangan serta pembantaian antara sesama umat muslim. Di mana terjadinya hal tersebut saat ini? Israel-Palestina.

Pada zaman dahulu peristiwa tersebut dengan pembunuhan khalifah Utsman bin Affan. Kemudian, Sejak saat itu sampai sekarang ini masih banyak umat Islam yang dengan pertikaian serta peperangan. 

Hal yang demikian ini juga sudah sesuai dengan sabda Baginda Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bahwa sekali saja pedang seorang mukmin tertancap pada tubuh lainnya maka sangat akan sukar untuk diangkat.

Nabi Muhammad SAW tersebut sudah bisa kita ambil kesimpulan. Bahwasanya, apabila pedang yang menusuk tubuh mukmin lainnya maka untuk menyelesaikannya sangat susah. Seperti halnya dengan konflik Palestina-Israel yang sampai sekarang ini masih belum usai.

baca juga: Golongan Assabiqunal Awwalun dalam Sejarah Islam

Fitnah Sarra’ Kelak

Kemudian macam-macam fitnah akhir zaman yang akan mengepung umat muslim yang selanjutnya adalah fitnah sarra‘. Fitnah ini merupakan fitnah yang menyangkut atau berkaitan dengan harta serta kesenangan duniawi. 

Fitnah yang demikian ini juga menimpa umat muslimin berkuasanya Dinasti Umayyah serta puncaknya terjadi saat industri minyak sudah ditemukan.

Sekarang ini juga bisa sangat mudah untuk menemukan fitnah sarra’ akhir zaman ini. Harta serta kesenangan juga dapat membuat orang gelap mata menjadi serakah akan kekayaan yang ia dapatkan di dunia. Hal yang demikian itu juga bisa membuat orang tega untuk menghabisi saudaranya sendiri.

Sebagai contohnya adalah seorang pegawai karyawan yang mengkorupsi uang perusahaan akan tetapi, menuduhkan atau memfitnah sahabatnya sendiri yang melakukan hal tersebut.

Fitnah Akhir Zaman Duhaimah

Selanjutnya macam-macam fitnah Akhir zaman yang akan mengepung umat muslim di dunia ini adalah duhaimah. Fitnah sebut merupakan aliran sesat serta pemikiran yang menyimpang. 

Untuk fitnah yang satu ini masih banyak kita temukan dalam lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Meskipun kita tidak menyadari adanya hal tersebut.

Sekarang ini banyak pemikiran menyesatkan berkembang dengan sangat begitu pesat. Tanpa kita sadari bahwa adanya pemikiran tersebut sangat berbahaya. Bahkan dianggap pula sebuah kebenaran, padahal pada kenyataannya bukan demikian.

Perlu Anda ketahui bahwasanya salah satu aliran sesat yakni mereka yang dengan mudahnya mengkafirkan orang muslim di luar kelompok tersebut. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pemahaman serta pemikiran saja.

Bukan hanya itu saja, saat ini juga mulai bermunculan orang yang mengaku-ngaku dirinya sebagai nabi. Bahkan juga mengaku bahwa ia adalah Tuhan dan mengajak umat manusia untuk menjadi pengikutnya.

Jika kita mengamati dengan seksama, tentunya semua macam-macam fitnah akhir zaman tersebut ada dalam lingkungan kehidupan kita. Akan tetapi masih tidak menyadarinya bahwa sesungguhnya kita sudah dikepung dengan fitnah-fitnah tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)