Manfaat Berendam Air Belerang Tak Hanya Atasi Penyakit Kulit

manfaat berendam air belerang
Ini dia manfaat berendam air belerang. Foto: Ist/Net

Manfaat berendam air belerang sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Tak hanya itu, air belerang juga berguna untuk melemaskan ketegangan tubuh dan membuatnya lebih rileks. Karena itu, lakukan hal ini untuk mendapatkan khasiatnya.

Biasanya air belerang bisa Anda temukan pada daerah pegunungan atau kolam pemandian yang dekat pegunungan. Tak sedikit tempat pemandian semacam ini ramai oleh pengunjung yang ingin mendapatkan manfaat mineral alam tersebut.

Ketika berendam dalam air belerang, tubuh akan menyerap berbagai mineral tersebut. Dengan berendam dalam waktu beberapa lama akan membuat kita dapat meraih manfaat sehatnya.

Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, keutamaan berendam atau mandi air belerang tak boleh Anda remehkan. Air belerang merupakan senyawa alami yang mengandung berbagai macam mineral. Seperti kalsium sampai dengan natrium bikarbonat.

Manfaat Berendam Air Belerang

Jika Anda pernah melakukannya, air belerang umumnya terasa hangat. Sehingga kolam pemandian semacam ini juga populer dengan sebutan pemandian air panas.

Lantas apa saja sih khasiat kolam semacam ini. Nah, berikut berbagai manfaat berendam air belerang yang bisa Anda dapatkan!

Baca Juga : Sumur Buatan di Ciamis Ini Mengeluarkan Air Panas dan Tak Pernah Kering

Mengatasi Gatal dan Infeksi Kulit

Sebuah laporan dalam Jurnal The Antibacterial Properties of Sulfur menyebutkan bahwa, belerang memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat proses pertumbuhan bakteri.

Belerang dalam suatu penelitian lainnya juga terbukti menjadi sebuah agen anti bakteri yang dapat kita berikan secara oral, untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri.

Belerang juga berguna sebagai komponen topikal yang sangat bermanfaat untuk berbagai pengobatan atau infeksi kulit. Kudis dan gatal karena gigitan tungau juga dapat kita atasi dengan berendam belerang.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat berendam air belerang dapat membantu memperlancar aliran darah. Ritual berendam atau mandi air belerang sangat baik dalam mengurangi sembelit, meredakan radang wasir, dan membuat metabolisme tubuh meningkat.

Aliran darah yang lancar juga dapat membantu mengurangi dan mengatasi masalah kekentalan darah atau aterosklerosis. Bagi Anda yang mengalami aterosklerosis bisa mandi atau berendam dua kali atau sebulan sekali dalam air belerang.

Baca Juga : Manfaat Makan Petai, Dari Bikin Awet Muda Hingga Bantu Atasi Stress

Mengobati Eksim

Manfaat berendam air belerang juga efektif untuk mengobati dan mengatasi penyakit eksim. Eksim merupakan suatu masalah kulit yang cirinya berupa kulit kering, gatal dan ruam merah.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, balita sampai orang dewasa. Gangguan eksim juga merupakan penyakit dermatitis atopik yang mengacu pada kondisi radang kulit.

Timbulnya eksim bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya karena makanan tertentu yang kita konsumsi seperti produk olahan susu atau kacang-kacangan.

Penyakit eksim memang tidak menular, akan tetapi sangat efektif membuat penderitanya tidak nyaman karena terus menerus merasa gatal. Berendam dengan air belerang dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Meredakan Rasa Lelah

Jika Anda mengalami pegal-pegal atau lelah setelah sibuk bekerja atau beraktivitas seharian, Anda bisa pergi ke pemandian air panas. Manfaat berendam air belerang akan menghilangkan rasa lelah Anda.

Baca Juga : Mandi Terlalu Lama Saat Musim Kemarau Bikin Kulit Makin Kering

Tekanan yang berasal dari air belerang dengan suhu panas dapat memberikan efek releksasi pada otot, dan juga pada daerah persendian Anda.

Oleh sebab itu, banyak orang yang sibuk bekerja tidak lupa menyempatkan liburan akhir pekan untuk berlibur ke pemandian air panas yang mengandung belerang. Dengan begitu banyak manfaat sehat yang bisa kita dapatkan.

Merileksasikan Tubuh

Air belerang dengan suhu panas memiliki berbagai macam efek positif pada otot dan juga persendian. Secara lebih lanjut, tekanan pada air belerang juga secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah, menjadikan stamina tubuh jauh lebih tangguh dan tidak terlalu cepat merasa lelah.

Untuk mengurangi resiko sakit kepala dan meredakan flu, Anda bisa mencelupkan kaki dalam air belerang. Bahkan berendam dalam kolam air belerang juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah gangguan tidur atau insomnia. Karena dengan berendam tubuh bisa merasa jauh lebih rileks.

Itulah beragam manfaat berendam air belerang yang Anda bisa dapatkan. Jadi jika Anda pergi ke daerah pegunungan dan menemukan pemandian air belerang jangan lupa untuk berendam. Dapatkan banyak khasiatnya untuk kulit dan kesehatan Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva