Manfaat Bidara Arab yang Baik untuk Jantung hingga Tulang

manfaat bidara arab
Trenyata ini manfaat bidara arab. Foto: Ist/Net

Manfaat bidara Arab untuk kesehatan ternyata tak bisa kita anggap sebelah mata. Belakangan nama tanaman ini semakin populer dan banyak orang yang mencarinya. Herbal ini kaya dengan kandungan senyawanya yang ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Bidara Arab merupakan tanaman herbal yang kalah populer dengan jenis herbal lainnya. Berbeda dengan jenis bidara biasa, tanaman bidara Arab bisa tumbuh dengan ketinggian pohon sekitar 6-15 meter.

Oleh sebab itu, banyak tanaman bidara Aarab sekarang sedang menjadi incaran untuk mereka tanam di rumah. Hal ini karena khasiatnya yang sangat besar.

Beragam Manfaat Bidara Arab untuk Kesehatan

Khasiat bidara Arab terutama dari bagian daunnya yang banyak mengandung senyawa aktif. Herbal ini sangat berkhasiat dalam menyembuhkan luka dan berbagai jenis penyakit kronis lainnya.

Nah, berikut ini berbagai manfaat bidara arab bagi kesehatan manusia yang sangat banyak.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara, Mulai dari Mitos Pengusir Jin Sampai Berkhasiat untuk Kesehatan

Membantu Menyembuhkan Luka

Daun bidara Arab merupakan jenis tanaman yang memiliki sifat sebagai anti inflamasi. Fungsi ini berguna dan sangat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka pada bagian luar tubuh.

Manfaat lain yang Anda bisa temukan dari daun bidara Arab yaitu membantu menghilangkan bekas luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Mengatasi Wasir

Penyakit wasir yang menyebabkan rasa tidak nyaman ketika duduk atau mengejan bisa kita atasi dengan daun bidara.

Untuk itu Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun bidara. Anda juga dapat menumbuknya sampai halus kemudian mengoleskan pada bagian dubur secara rutin.

Baca Juga : Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

Membantu Mengatasi Flu atau Demam

Flu dan demam biasanya muncul pada waktu yang bersamaan. Nah, manfaat bidara Arab ini dapat membantu mengatasi keduanya. Anda hanya perlu minum beberapa tetes minyak dari daun bidara untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Selain itu, daun bidara juga bisa Anda tempelkan pada dahi dan leher orang yang sedang demam. Baik pada orang dewasa atau anak kecil untuk membantu menurunkan temperatur atau suhu tubuh yang tinggi.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang cukup banyak dari daun bidara dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Oleh karena itu sangat penting ketika sakit gigi Anda mengonsumsi ramuan daun bidara untuk meredakannya. Anda juga bisa menggunakan herbal ini untuk mengatasi sakit sendi atau tulang.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat bidara Arab untuk kesehatan lainnya adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Termasuk untuk mengatasi diare, sembelit, hingga susah buang air besar (BAB).

Untuk cara mengolah yang bisa kita lakukan adalah dengan merebus daun bidara dengan dua atau tiga gelas air. Setelah itu, sarinya Anda minum ketika sudah agak hangat.

Baca Juga : Tanaman yang Dibenci Jin dan Setan, Bisa Menangkal Santet dan Pelet 

Sari daun bidara hangat ini sangat bagus dalam membantu mengatasi gangguan lambung, atau sembelit. Khasiatnya juga membantu dalam proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Mengatasi Keputihan dan Melancarkan Haid

Kandungan yang dapat membantu menyeimbangkan hormon bisa Anda temukan dari balik daun bidara. Sehingga sangat penting sebelum dan sesudah haid, Anda mengonsumsinya.

Sebelum haid, daun bidara dapat mengatasi keputihan yang bisa membuat daerah kewanitaan menjadi gatal. Sementara setelah haid, ramuan daun bidara ini dapat memperlancar haid.

Mengatasi Gangguan Tidur

Kandungan saponin dalam daun bidara sangat bagus dan dapat memberikan efek yang menenangkan. Oleh sebab itu bagi siapa saja yang memiliki masalah susah tidur, cukup konsumsi ramuan daun bidara secara rutin di jam makan malam Anda. Anda bisa lebih rileks dan tidur lebih tenang nantinya.

Menjaga agar Jantung Tetap Sehat

Manfaat bidara Arab juga dari air rebusan daunnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Melalui prosesnya yang alami, nantinya akan membuangnya bersama kotoran.

Oleh sebab itu orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi yang dapat menjadi pemicu munculnya penyakit jantung di kemudian hari, perlu rajin minimal seminggu dua kali mengonsumsi air rebusan daun bidara.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Rasa kenyang lebih lama dan progress pembakaran lemak tubuh yang jauh lebih baik bisa didapatkan dari daun bidara.

Oleh sebab itu Anda yang sedang diet, untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan bisa mengonsumsi daun bidara secara rutin.

Daun bidara juga dapat membantu mengatasi masalah diabetes bahkan dapat membantu dalam menangkal pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Itulah berbagai manfaat bidara Arab yang Anda perlu tahu. Dengan informasi ini semoga Anda bisa semakin memanfaatkan berbagai bahan yang ada di alam untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva