Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Ingat Mati, Menyadarkan Semua yang Ada di Dunia Hanya Titipan

Manfaat Ingat Mati, Menyadarkan Semua yang Ada di Dunia Hanya Titipan

Manfaat ingat mati tentunya ada banyak sekali. Kematian sendiri merupakan salah satu hal yang tentunya membuat semua orang yang ada di dunia ini takut. Akan tetapi, banyak juga yang belum mempersiapkan bekal untuk kematian. 

Masih banyak saja yang memikirkan dan mengejar kehidupan duniawi. Padahal, manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna karena memiliki akal.

Riwayat Nasa’i nomor 1824 Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasanya: Perbanyaklah kalian untuk mengingat pemutus kelezatan. Hendaknya juga menjadi sebuah pengingat alarm bagi kita. 

Dari hadis tersebut disimpulkan juga bahwasanya hendaknya kita juga memperbanyak mengingat kematian. Dengan kita mengingat kematian dalam kehidupan sehari-hari, tentunya tersebut juga akan berpengaruh terhadap perilaku dan pola pikir. 

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah juga menjelaskan bahwasanya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mukmin yang paling baik ialah yang berakhlakul karimah, dan mukmin yang paling cerdas adalah iya yang paling banyak untuk mengingat kematian dan juga paling baik untuk mempersiapkan diri kehidupan di alam berikutnya.

baca juga: Macam-Macam Fitnah Akhir Zaman yang Muslim Wajib Tahu

Manfaat Ingat Mati dalam Hidup

Sebagaimana kehidupan manusia di dunia ini bukanlah suatu yang akan kekal dan abadi. Karena kehidupan yang kekal dan abadi adalah kelak di akhirat nanti. Di samping itu juga, dalam agama Islam juga menjelaskan bahwa semua yang memiliki nyawa akan mati. Hal ini terdapat dalam firman Allah surat Ali Imran ayat 185.

Tanpa kita sadari, seseorang yang mengingat mati dalam kehidupan sehari-harinya, akan membantu dalam mengarahkan kehidupan yang sebenarnya. Untuk itu penting sekali untuk kita mengingat mati, karena selain merupakan sebuah kepastian kita juga akan mendapatkan manfaat ingat mati tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui, mengenai pentingnya ingat mati dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasan berikut ini.

baca juga: Istri Nabi Ayyub, Wanita Sholehah Setia pada Pasangan yang Jadi Teladan

Merupakan Sebuah Ibadah

Untuk manfaat yang pertama adalah termasuk sebuah ibadah. Jadi, dengan kita mengingatnya saja maka, kita akan mendapatkan pahala. Perlu Anda ketahui yang menyebabkan kita mendapatkan pahala adalah karena hal tersebut merupakan perintah dari baginda Rasul Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, yang merupakan Uswatun Hasanah kita.

Jadi, sudah menjadi kewajiban kita sebagai dari baginda Rasul Muhammad untuk mencontoh semua yang beliau perintahkan.

baca juga: Bahaya Sifat Hasad Harus Diketahui, Jangan Sampai Menjangkit Anda

Lebih Khusyu’ dalam Beribadah

Selanjutnya mengenai manfaat ingat mati yang bisa kita dapatkan adalah, tentunya kita merasa khusyuk dalam hal ibadah. Terutama ketika shalat. Mengapa demikian? Karena shalat merupakan salah satu amalan yang kelak akan dihisab terlebih dahulu.

Dalam hadis riwayat Ad-dailami menjelaskan bahwasanya baginda Rasul Muhammad SAW bersabda: Ingatlah mati dalam shalatmu. Karena Sesungguhnya jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, ia akan memperbagus shalatnya. Maka, shalatlah seperti engkau sudah tidak memiliki kesempatan untuk shalat lagi.

Memperbanyak Melakukan Amal Kebaikan

Kemudian, manfaat ingat mati yang berikutnya adalah mengingatkan kita untuk memperbanyak dalam melakukan amal kebaikan. Karena, ketika kita berada di dalam kubur tidak ada teman setia yang akan menemani kecuali amal kebaikan yang sudah kita perbuat.

Bahkan suami, anak, istri, keluarga lainnya juga tidak akan menemani kita berada di alam kubur. Hanya amal yang akan menjadi kawan setia kita. Jadi, ketika mengingat mati dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan menyadarkan kita bahwa hendaknya memperbanyak dalam melakukan amal kebaikan.

Selain itu juga, menyadarkan kita bahwa semua yang kita lakukan dalam kehidupan dunia ini sudah diawasi oleh Allah. Selain itu, di kanan kiri setiap manusia muslim juga sudah terdapat dua malaikat yang akan mencatat amal yang dilakukan. Baik amal buruk maupun baik.

Memperbaiki Kehidupan Seseorang

Ketika seseorang mengingat kematian dalam hidupnya, maka perubahan dalam kehidupan manfaat ingat mati yang akan ia dapatkan. Mengingat bahwa mati adalah hal yang pasti, tentunya membuat seseorang akan menyiapkan bekal untuk menyambutnya.

Dengan demikian, bisa juga dikatakan jika seseorang yang terus mengingat akan kematian, bisa saja membuat seseorang tobat dan kembali kepada Allah SWT. Ia juga akan menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini milik Allah SWT.

Semua hanya titipan, bahkan nyawa sekalipun. Kapanpun Allah hendak mengambil titipannya. Kita sudah harus siap.

Nasehat perihal kematian, seperti tidak ada habisnya. Hakikatnya kita juga tidak bisa menghindar ataupun menolak apalagi menunda. 

Untuk itu maka hendaknya kita juga mempersiapkan semuanya sejak sekarang. Salah satunya dengan mengingat bahwa kita yang di dunia ini milik Allah, kelak pasti akan kembali. Dengan begitu maka kita juga akan mendapatkan manfaat ingat mati tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -