Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Mainan Kerincingan untuk Bayi, Bukan Sekedar Hiburan

Manfaat Mainan Kerincingan untuk Bayi, Bukan Sekedar Hiburan

Manfaat mainan kerincingan untuk bayi ternyata bukan sekedar buat hiburan semata. Mainan rattle atau kerincingan tidak pernah lekang oleh waktu. Meski zaman sekarang sudah banyak di pasaran jenis mainan khusus bayi dengan fitur-fitur canggih, serta desain dan warna modern.

Namun, mainan kerincingan hingga kini masih tetap banyak diminati para orang tua yang memiliki anak bayi. Hal itu karena mainan tersebut berkontribusi bagi perkembangan bayi. Jadi bukan cuma sekedar mainan.

Lantas, apa manfaat dari mainan kerincingan itu? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaatnya yang perlu Anda tahu.

Ketahui Beberapa Manfaat Mainan Kerincingan untuk Bayi!

Mengenalkan Jenis Suara pada Bayi

Sesuai namanya, kerincing merupakan mainan yang mengeluarkan suara ketika menggoyangkannya. Suara yang timbul juga bervariasi, tergantung bahan yang digunakan untuk isinya. Ada yang suara kayu bertumbukan, sampai suara gemerincing logam.

Baca Juga : Dekorasi Kamar Bayi Baru Lahir yang Aman dan Menarik

Ada juga mainan kerincingan yang menggunakan mesin. Untuk mengoperasikannya memakai baterai. Mainan ini bisa memainkan musik pengantar tidur.

Suara-suara yang muncul dari mainan kerincingan akan ditangkap lalu dicerna oleh otak sang bayi. Suara tersebut menjadi suara khas yang dikenal sang bayi di kemudian hari.

Mengajarkan Sebab-Akibat

Manfaat mainan kerincingan untuk bayi yang selanjutnya yaitu mengajarkan sebab-akibat. Baik kerincingan yang memiliki lampu dengan musik maupun kerincingan klasik.

Dengan memencet tombol atau menggoyangkannya maka mainan kerincingan akan mengeluarkan suara. Ini dapat membantu bayi mengembangkan rasa keingintahuannya tentang mengeksplorasi benda-benda atau aktivitas di sekitarnya.

Memancing Kemampuan Audio-Visual

Baca Juga : Persewaan Mainan Anak, Ide Bisnis Kreatif yang Minim Saingan

Kerincingan bukan cuma sebatas hiburan untuk dimainkan oleh bayi. Walaupun sederhana, namun manfaat mainan kerincingan untuk bayi ini bisa mengajarkannya keterampilan-keterampilan baru.

Cara yang paling sederhana yaitu, Bunda bisa memegang mainan ini di depan bayi. Lalu, biarkan ia mengikuti kemanapun arah kerincingan ini berada.

Memindahkan dari satu arah ke arah lainnya membuat bayi akan belajar melacak objek secara visual, dan mengkoordinasikan untuk melihat objek yang bergerak.

Suara dari mainan kerincingan juga bisa memancing kesadaran bayi pada kebisingan. Pancingan menggunakan suara kerincingan di sekitarnya membuat bayi akan menoleh ke arah sumber suara.

Mengembangkan Kemampuan Motorik

Manfaat mainan kerincingan untuk bayi yang selanjutnya yaitu mengembangkan kemampuan motorik. Pada mulanya bayi akan refleks memegang kerincingan dengan menggenggam kuat-kuat.

Baca Juga : Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Namun, ketika keterampilan motorik halusnya berkembang, mereka pun akan belajar cara memegang serta menggoyangkan mainannya tersebut.

Biasanya kemampuan ini berlanjut dengan membawa mainannya itu ke mulut, kemudian menjelajahinya dengan mulut atau lidahnya.

Belajar Tekstur

Sebagian besar mainan kerincingan yang ada di pasaran mempunyai permukaan bertekstur. Tekstur inilah yang memungkinkannya memiliki fungsi ganda sebagai teether.

Karena ketika bayi menggigit mainannya, hal itu akan membantu menenangkan bagian gusi saat mulai tumbuh gigi. Oleh karena itu, pastikan kondisi mainan tersebut selalu steril dan bersih.

Bunda bisa mengelapnya, lalu mencucinya menggunakan sabun khusus untuk membersihkan tempat makan bayi. Serta mensterilkannya apabila mainan tersebut berbahan yang tahan panas.

Itulah beberapa manfaat mainan kerincingan yang baik untuk mendorong perkembangan kemampuannya si kecil. (R3/HR-Online)

Editor : Eva