Manfaat Temu Ireng, Si Pahit yang Kaya Antioksidan

manfaat temu ireng
Dari balik manfaat temu ireng. Foto: Ist/Net

Ada banyak manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh. Bahkan bagi yang terbiasa minum jamu, nama temu ireng tentunya tidak asing. Meskipun rasanya yang pahit namun ada banyak keutamaan minum herbal ini secara rutin.

Temu ireng popular juga dengan sebutan temu hitam yang dalam bahasa latinnya terkenal dengan nama Curcuma aeruginosa Roxb. Ini merupakan jenis tumbuhan yang terkenal sebagai bahan campuran jamu.

Mengutip dari Wikipedia, bagian tanaman yang banyak orang gunakan adalah bagian rimpangnya. Hal ini karena banyaknya kandungan senyawa aktif yang berkhasiat untuk pengobatan tradisional.

Kita kebanyakan mengenal temu ireng sebagai bahan herbal jamu yang telah turun temurun dalam dunia jamu dan obat tradisional. Anda yang senang dengan jamu pahit tentunya mengenal bahan tambahan herbal ini yang memang pahit.

Manfaat temu ireng bagi kesehatan ternyata sangat besar dan banyak. Dengan kandungan senyawa aktif tentunya mengonsumsi ramuan temu ireng banyak keutamaannya.

Meskipun rasanya pahit, bahan herbal ini bisa kita konsumsi dengan campuran bahan lain. Sehingga akan dapat memberikan efek penambah rasa. Misalkan mencampurkan dengan madu atau gula aren.

Baca Juga : Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan

Jamu pahit banyak yang menyukainya karena khasiatnya yang sangat baik untuk tubuh. Karena itulah tak sedikit masyarakat kita yang menyukai herbal ini meskipun harus dengan mencampurnya dengan bahan lain.

Nah, apa saja manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh bisa Anda simak dalam informasi berikut.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Temu ireng adalah sebuah bahan herbal yang mengandung kurkumin sebanyak 62% dan berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan sistem cerna manusia.

Untuk menjaga kesehatan sistem cerna Anda, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah merebus temu ireng dengan madu.

Hasil rebusan temu ireng dan madu ini bisa Anda konsumsi secara rutin sehari sekali atau dua hari sekali. Ini berguna untuk menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis gangguan.

Baca Juga : Tanda dan Gejala Penyakit DBD, Penyebab serta Cara Mengobatinya

Menambah Nafsu Makan

Sama halnya dengan berbagai jenis rimpang yang lain, temu ireng juga termasuk salah satu jenis rimpang yang menambah nafsu makan.

Oleh sebab itu seringkali manfaat temu ireng bagi kesehatan kita gunakan sebagai ramuan untuk membantu anak-anak yang mengalami sulit makan. Utamanya ketika sedang dalam masa pertumbuhan.

Khasiat di dalamnya bahkan bisa membantu menyehatkan sistem saluran cerna sehingga nafsu makan anak meningkat pesat.

Temu ireng juga dapat membantu menghilangkan kolik yang dapat berpengaruh terhadap saluran cerna. Kandungan kurkumin di dalamnya juga sangat penting dan berperan dalam menjaga sistem cerna.

Oleh sebab itu banyak suplemen atau sirup herbal penambah nafsu makan pada anak memiliki campuran temu ireng di dalamnya.

Sebagai Sumber Antioksidan

Baca Juga : Nama Jajanan Tradisional Ini Jorok dan Mesum, Penasaran?

Tubuh kita memang sudah mampu memproduksi antioksidan alami sendiri. Akan tetapi antioksidan tambahan juga bisa kita dapatkan melalui makanan dengan kandungan senyawa flavonoid, dan fenolik di dalamnya.

Oleh sebab itu, khasiat temu ireng juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan dapat menjadi sumber berbagai penyakit dalam tubuh.

Anda bisa merebus temu ireng kemudian konsumsi ketika hangat. Anda juga bisa mencampurkan dengan rimpang atau tanaman herbal lainnya.

Mencegah dan Mengobati Cacingan

Manfaat temu ireng untuk kesehatan lainnya adalah membantu mencegah dan mengobati cacingan. Temu ireng merupakan tanaman yang di dalamnya mengandung senyawa sesquiterpene yang berperan sangat penting sebagai anti cacing atau antelmintik.

Sebagaimana yang Anda tahu bahwa iklim tropis di Indonesia tergolong cocok dalam mendukung pertumbuhan atau perkembangan telur dan larva cacing.

Karena itu, masalah cacingan yang mungkin dapat menginfeksi keluarga kapan saja bisa segera teratasi dengan temu ireng. Konsumsi setidaknya dua minggu sekali untuk mencegah cacingan.

Sementara kalau sudah mengalami cacingan, mengonsumsinya herbal ini sebaiknya harus dua kali dalam seminggu.

Mempercepat Proses Menyembuhkan Luka

Luka dapat menimbulkan kerusakan kulit, jaringan otot sampai tulang. Termasuk luka abrasi atau luka karena lecet, luka laserasi atau luka robek, luka kontusio atau luka memar, dan luka tusuk. Semuanya bisa kita atasi dengan temu ireng.

Temu ireng dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang berperan sebagai antibakteri. Senyawa tersebut juga dapat membunuh bakteri yang dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi.

Itulah berbagai manfaat temu ireng sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Konsumsi secara rutin dan raih manfaat sehatnya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva