Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruMemangkas Berat Badan Hingga 4 Kg dengan Diet Sukses 1 Minggu

Memangkas Berat Badan Hingga 4 Kg dengan Diet Sukses 1 Minggu

Memangkas berat badan hingga mencapai berat ideal memang menjadi impian bagi mereka yang berbadan tambun. Bahkan tak sedikit orang yang berusaha untuk menurunkan berat badannya dalam waktu singkat. Misalnya 1 minggu sudah bisa turun.

Bukan tidak mungkin melakukan diet hanya dalam sepekan bisa efektif turunkan berat badan. Namun sebelum melakukannya, perlu diingat pula bahwa sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan.

Karena, ketika kamu melakukan upaya penurunan berat badan yang terlalu ketat, nantinya berat badan akan lebih gampang kembali lagi ke semula apabila program diet dihentikan.

Itu artinya, memangkas berat badan hanya dalam waktu satu minggu bukan solusi yang tepat. Hal tersebut hanya akan memangkas karbohidrat dan kadar insulin yang ada dalam tubuh.

Tapi, jika kamu tetap ingin menurunkan berat badan hanya dalam waktu satu minggu, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk menurunkan kelebihan berat badan hanya dalam sepekan bisa sampai 4,5 kilogram.

Baca Juga : Menu Diet Sehat Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Memangkas Berat Badan Hingga 4 Kg dalam Sepekan

Hindari Konsumsi Makanan Olahan

Menghindari konsumsi makanan olahan menjadi salah satu cara untuk bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Jadi sebaiknya kamu banyak mengonsumsi makanan utuh karena lebih mengenyangkan. Makanan utuh juga mengandung kalori yang lebih sedikit dari makanan olahan.

Kurangi Asupan Kalori

Mengurangi asupan kalori juga menjadi cara untuk memangkas berat badan dalam waktu singkat. Hanya dalam satu minggu bobot tubuhmu sudah bisa turun hingga 4 kilogram.

Karena mengurangi kalori yang terkandung dalam makanan menjadi faktor paling utama jika seseorang ingin menurunkan kelebihan bobot tubuhnya.

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Ribet dan Tetap Sehat

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengurangi asupan kalori ini. Pertama, kurangi mengonsumsi snack, dan setelah makan malam kamu jangan makan apa-apa lagi.

Kemudian, hindari makan dengan menambahkan saus serta kondimen yang tinggi kalori. Sebaiknya banyak konsumsi sayuran dan protein tanpa lemak, seperti ikan dan ayam.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa, diet dengan rendah karbohidrat dapat memangkas berat badan serta meningkatkan kesehatan. Mengurangi asupan karbohidrat juga dapat mengurangi perut yang kembung.

Ketika mengurangi asupan karbohidrat, maka untuk mengurangi nafsu makan kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi tanpa lemak. Namun metabolisme tubuh tetap bisa meningkat.

Meningkatkan Aktivitas Harian

Untuk memangkas berat badan dalam waktu singkat tentunya kamu juga harus membakar kalori lebih banyak lagi.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu meningkatkan aktivitas harian. Pasalnya, aktivitas kamu sehari-hari juga sangat berperan dalam menurunkan kelebihan berat badan.

Baca Juga : Penyebab Gagal Diet, Berat Badan Bukannya Turun Malah Jadi Naik

Mengubah gaya hidup yang sederhana, seperti halnya bersepeda, jalan kaki, naik-turun tangga, serta membersihkan rumah dapat membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin juga menjadi salah satu cara untuk memangkas berat badan dalam waktu singkat.

Karena olahraga adalah cara yang paling efektif membakar lemak sekaligus menjaga agar tubuh tetap sehat.

Latihan mengangkat beban termasuk jenis olahraga yang dapat membantu kamu menurunkan kelebihan lemak dalam tubuh, dan menjaga kekuatan massa otot.

Selain itu, lakukan olahraga dengan intensitas tinggi 3 sampai 4 kali dalam satu minggunya, jika kamu ingin mendapatkan hasil secara cepat.

Coba Lakukan Intermittent Fasting

Melakukan intermittent fasting (puasa intermiten) menjadi cara lainnya yang efektif untuk memangkas kelebihan berat badan. Karena dengan berpuasa, asupan kalori pun menjadi berkurang.

Ada banyak cara untuk menerapkan intermittent fasting. Salah satunya yaitu berpuasa 16 jam dengan 8 jamnya untuk makan. Atau berpuasa 20 jam dengan 4 jamnya untuk makan.

Jika kamu mengkombinasikan puasa intermiten dengan olahraga, sebaiknya bedakan waktu berpuasa dengan berolahraga.

Itulah beberapa cara memangkas berat badan dalam waktu singkat selama 1 minggu. Kamu pun bisa mencoba melakukannya.

Namun perlu kamu ingat lagi bahwa cara-cara tersebut bukanlah solusi yang tepat untuk mewujudkan berat badan yang ideal. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img