Menghidupkan Hotspot di iPhone, Solusi Berbagi Data ke Perangkat Lain

cara menghidupkan hotspot di iPhone
Ilustrasi Cara Menghidupkan Hotspot di iPhone. Foto: Ist/Net

Cara menghidupkan hotspot di iPhone memang berbeda dengan perangkat Android. Terdapat beberapa perangkat iPhone tidak langsung dapat melakukan tethering Wifi.

Bahkan, yang sering terjadi adalah hotspot pada perangkat iPhone sudah menyala, akan tetapi perangkat lain tidak dapat menemukan hotspot dari perangkat iPhone tersebut.

Baca Juga : Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Seperti yang kita ketahui, hotspot merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi para pengguna smartphone. Dimana perangkat HP tersebut dapat berbagi data kepada pihak lain. Tidak hanya pada perangkat Android saja, akan tetapi fasilitas ini pun dapat digunakan pada perangkat iPhone.

Begini Cara Menghidupkan Hotspot di iPhone

Tethering merupakan proses menghubungkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, salah satunya pada perangkat iPhone. Tethering pada perangkat iPhone populer dengan istilah “hotspot pribadi”.

Dengan mengaktifkan hotspot di iPhone, para pengguna dapat berbagi koneksi internet ke perangkat lain. Baik perangkat HP, komputer ataupun perangkat gadget lainnya yang telah tersedia fitur WiFi.

Dengan demikian, perangkat iPhone akan berfungsi sebagai perangkat WiFi serta dapat menghantarkan jaringan Wifi. Hal ini tentu sangat bermanfaat saat Anda bepergian atau memerlukan adanya internet cadangan.

Menghidupkan Hotspot di iPhone Melalui Pengaturan

Sementara untuk dapat menggunakan fitur Personal Hotspot di iPhone, hal penting pertama yang perlu Anda pastikan adalah perangkat ponsel Anda mempunyai data yang telah aktif.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Hingga Berhasil, Simak Tips Praktisnya

Apabila perangkat ponsel Anda saat ini terhubung dengan WiFi, maka menonaktifkan dan mengaktifkan bluetooth terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan hotspot pada perangkat iPhone antara lain:

  • Langkah pertama bukalah menu pengaturan pada perangkat iPhone.
  • Selanjutnya pilih Cellular, lalu ketuk opsi yang terdapat pada menu Cellular tadi. Kemudian pilih personal Hotspot untuk mengaktifkan.
  • Maka secara otomatis HP akan menampilkan cara terhubung menggunakan hotspot.
  • Langkah berikutnya untuk menghidupkan hotspot di iPhone adalah dengan mengatur kata sandi hotspot. Sebenarnya perangkat iPhone secara otomatis telah mengatur kata sandi, akan tetapi untuk keamanan, sebaiknya atur ulang kembali sesuai dengan keinginan Anda.
  • Selanjutnya dapat menghubungkan perangkat lain dengan hotspot ponsel iPhone yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk memasukkan password sesuai dengan yang Anda buat.
  • Maka Anda pun dapat mengakses internet melalui tethering iPhone.

Menghidupkan Hotspot di iPhone Melalui MOFI13500-3GN Versi 2 Router

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan hotspot pada perangkat iPhone adalah dengan menggunakan MOFI13500-3GN Versi 2 Router.

Dalam menggunakan cara ini tak mengharuskan untuk jailbreak atau mendownload aplikasi tertentu. Dengan demikian cara ini pun lebih praktis untuk dapat mengaktifkan hotspot di iPhone Anda.

Adapun cara yang dapat Anda tempuh antara lain:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghidupkan hotspot di iPhone dengan menggunakan cara ini adalah dengan memperbarui versi iOS ke versi terbaru terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memperoleh jaringan yang lebih baik.
  • Langkah selanjutnya, masuk ke dalam bagian menu Setting > Cellular > selanjutnya pilih Personal Hotspot (geser hingga aktif).
  • Berikutnya menyalakan router MOFI13500-3GN Version 2 Anda, lalu hubungkan kabel USB dari ponsel menuju router
  • Kemudian pilih “Trust” untuk menerima permintaan USB tethering
  • Matikan WiFi kurang lebih 5 detik, lalu nyalakan kembali untuk memperoleh hasil terbaik.
  • Maka Anda pun dapat mengakses internet dengan lebih lancar dengan tethering dari perangkat iPhone yang Anda gunakan.

Begitu terdapat perangkat yang terkoneksi ke hotspot milik Anda, maka status bar iPhone akan berubah jadi biru. Hal ini juga menunjukkan tentang jumlah perangkat yang telah berhasil terhubung.

Saat menghidupkan hotspot di perangkat iPhone, maka Anda dapat menghubungkan maksimal lima perangkat. Selanjutnya hotspot akan mati secara otomatis setelah diam lebih dari satu jam. Hal ini juga dapat menghemat baterai iPhone Anda. Setelah Anda berhasil mengaktifkan dari Personal Hotspot, maka hal ini akan muncul pada halaman awal aplikasi setting.

Maka, Anda tidak harus melakukan dengan beberapa panel untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Dengan mengetahui beberapa cara menghidupkan hotspot di iPhone diatas, semoga cara tersebut dapat membantu Anda untuk menyalakan hotspot pada perangkat iOS yang Anda gunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto