Mengubah HP Menjadi Keyboard Laptop, Solusi Atasi Keyboard Rusak

Mengubah HP Menjadi Keyboard Laptop, Solusi Atasi Keyboard Rusak
Ilustrasi Mengubah HP Menjadi Keyboard Laptop. Foto: Ist/Net

Mengubah HP menjadi keyboard laptop dapat Anda lakukan dengan mudah. Hal ini tentunya dapat menjadi solusi saat keyboard laptop Anda mengalami permasalahan.

Tentu sebagian besar orang pernah mengalami adanya kerusakan pada keyboard laptop. Baik keyboard tidak berfungsi sebagian, tidak berfungsi secara keseluruhan, lemot, macet-macet saat kita gunakan untuk mengetik.

Bahkan bisa pula, keyboard laptop terkunci oleh sistem laptop yang ada. Kesemua kendala tersebut tentu sangat menghambat berbagai aktivitas Anda yang berhubungan dengan perangkat laptop.

Baca Juga : Cara Mengubah HP Jadi Mouse Komputer dengan Mudah

Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir. Hadirnya perkembangan teknologi saat ini dapat memberikan solusi tepat atas masalah yang Anda hadapi tersebut.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan ponsel Android Anda sebagai pengganti keyboard. Penasaran bagaimana caranya, mari kita simak ulasan lengkap berikut ini.

Cara Mengubah HP Menjadi Keyboard Laptop

Keyboard menjadi salah satu komponen penting baik pada HP maupun laptop. Pasalnya, dengan adanya keyboard, maka kita dapat melakukan berbagai hal. Mulai dari searching, mengerjakan berbagai tugas dan lain sebagainya.

Namun, komponen ini juga cukup rentan mengalami kerusakan. Terutama keyboard pada perangkat laptop atau PC. Daripada harus mengganti keyboard dengan yang baru yang tentunya mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya lebih.

Bahkan jika harus membeli keyboard portable, maka sebaiknya Anda memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan perangkat HP yang Anda gunakan sebagai pengganti keyboard.

Baca Juga : Mengubah HP CDMA ke GSM, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini

Sehingga dengan menggunakan canggihnya teknologi tersebut, tentunya Anda akan sangat terbantu dalam melakukan berbagai aktivitas komputer. Berikut ini beberapa pilihan cara mengubah HP menjadi keyboard laptop antara lain:

Menggunakan gPad Remote Touchpad/Keyboard

Adapun langkah-langkah mengubah HP menjadi keyboard laptop melalui aplikasi gPad adalah:

  • Pertama download dan instal aplikasi gPad Remote Touchpad/Keyboard pada perangkat Android Anda. Selanjutnya instal klien server gPad pada perangkat laptop yang Anda gunakan.
  • Langkah berikutnya, sambungkan perangkat HP ke laptop dengan menggunakan kabel USB, WiFi atau Bluetooth.
  • Langkah mengubah HP menjadi keyboard laptop berikutnya adalah dengan buka aplikasi gPad pada perangkat laptop yang akan Anda gunakan.
  • Lalu buka aplikasi gPad pada HP Anda. Pada menu settings, Anda dapat memilih Connection type melalui WiFi, Bluetooth, atau kabel USB.
  • Apabila semua langkah di atas telah Anda lakukan, selanjutnya kembali ke menu Setting lalu pilih menu yang relevan, apakah USB, WiFi, atau Bluetooth kemudian klik Scan.
  • Jika dalam halaman pengaturan Anda diperintahkan untuk memasukkan alamat IP, maka Anda dapat memasukkan IP laptop yang Anda gunakan.
  • Berikutnya masukkan ke menu utama pada aplikasi gPad pada perangkat HP Anda dan klik Touchpad.
  • Anda pun dapat menggunakan perangkat HP Anda menjadi keyboard untuk laptop Anda.

Menggunakan Software Remote Mouse

Cara mengubah HP menjadi keyboard laptop berikutnya adalah dengan memanfaatkan software Remote Mouse. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti antara lain:

  • Siapkan perangkat laptop yang akan Anda gunakan. Unduh serta install software Remote Mouse pada laptop Anda.
  • Selanjutnya, donwload aplikasi tersebut dari Play Store untuk HP Anda.
  • Langkah untuk mengubah HP menjadi keyboard laptop berikutnya adala hubungkan perangkat laptop dan juga perangkat HP Anda dengan menggunakan koneksi WiFi. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan opsi salah satu perangkat, baik dari hotspotnya atau bisa menggunakan mode tethering melalui kabel USB data.
  • Kemudian jalankan aplikasi Remote Mouse pada perangkat laptop. Ikuti beberapa petunjuk yang berupa gambar dalam aplikasi tersebut.
  • Anda pun siap menggunakan layar dan juga beberapa tombol pada perangkat HP sebagai pengganti keyboard laptop Anda.

Sebagai tambahan informasi, Remote Mouse merupakan salah satu aplikasi gratis yang cukup kompatibel dengan Mac ataupun Windows. Jadi selain untuk perangkat Android, aplikasi ini juga dapat berjalan pada perangkat iPhone atau iPad. Aplikasi ini dapat menjadi alternatif atau solusi sementara pada saat keyboard laptop Anda mengalami kerusakan.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk mengubah HP menjadi keyboard laptop. Dengan demikian, masalah keyboard laptop rusak yang Anda alami pun dapat teratasi secara praktis. Semua tugas dan pekerjaan akan selesai secara tepat waktu tanpa adanya kendala lagi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto