Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMengubah Suasana Dapur Lebih Segar dengan 5 Jenis Tanaman Ini

Mengubah Suasana Dapur Lebih Segar dengan 5 Jenis Tanaman Ini

Mengubah suasana dapur lebih segar bisa Anda lakukan dengan meletakan tanaman di dalam dapur. Karena, menanam tanaman itu tidak harus di taman atau membutuhkan lahan luas. Terpenting memperhatikan jenis tanaman dan cara merawatnya.

Meletakan tanaman dalam ruang dapur tidak hanya bisa menambah keindahan, tetapi bisa juga membuat suasananya menjadi lebih segar serta menenangkan.

Karena ada jenis-jenis tanaman yang memang bisa membantu membersihkan udara dalam ruangan. Termasuk untuk ruang dapur rumah.

Merangkum dari berbagai sumber, beberapa jenis tanaman ini cocok Anda jadikan sebagai pilihan untuk menghiasi ruang dapur. Selain indah, ruangan tersebut juga akan terasa lebih segar.

5 Jenis Tanaman untuk Mengubah Suasana Dapur Lebih Segar

Tanaman Herbal

Tanaman herbal banyak jenisnya sehingga Anda tidak akan bingung memilih jika ingin menanamnya dalam pot. Beberapa jenis tanaman herbal itu antara lain daun ketumbar, mint, basil, parsley, dan oregano.

Baca Juga : Interior Rumah dengan Unsur Kayu Ciptakan Kesan Hangat

Memilih jenis tanaman herbal secara tepat bisa mengubah suasana dapur lebih segar, dan suasananya pun terlihat berbeda. Dengan begitu, Anda pun dapat merasakan kesegaran bahan untuk masakan jika memetik secara langsung.

Sedangkan, untuk perawatan jenis tanaman herbal, secara umum butuh media tanam sedikit berpasir, serta sinar matahari.

Jangan lupa, sebelum menanam perhatikan dulu karakteristik dari tanaman yang Anda pilih itu supaya bisa memberikan perawatan yang sesuai.

Sukulen

Selain tanaman herbal, Anda juga bisa mengubah suasana dapur agar lebih segar dengan sukulen. Tak jarang orang yang menanam jenis tanaman hias ini dalam rumahnya.

Pasalnya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus, dan dapat bertahan hidup pada lingkungan yang bersuhu tinggi, meski asupan airnya sedikit.

Sukulen merupakan jenis tanaman unik yang memiliki karakteristik kuat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda memilih menyimpan sukulen dalam ruangan dapur agar lebih segar.

Baca Juga : Desain Tile untuk Interior Rumah yang Nyaman dan Tidak Membosankan

Ada beberapa variasi dari jenis tanaman sukulen ini yang bisa Anda pilih, antara lain aloe vera, haworthia, echeveria, dan donkeys tail.

Spider Plant

Spider plant bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan jika ingin mengubah suasana dapur menjadi lebih segar. Jenis tanaman ini memiliki daun yang tipis panjang menjuntai. Selain itu, gradasi warna kuning hijau jadi ciri khasnya.

Tanaman spider plant akan terlihat semakin cantik apabila Anda menanamnya dalam pot gantung. Untuk perawatannya pun tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak air.

Spider plant juga tidak cocok terkena sinar matahari secara langsung. Sebab, jika terpapar dalam jangka waktu yang lama bisa membuat bagian daunnya gampang terbakar dan layu.

Karena itulah, tempat yang paling ideal bagi tanaman spider plant yaitu di balik jendela. Tempat tersebut bisa membuatnya tetap mendapatkan sinar matahari, namun tidak secara langsung karena terhalang oleh kaca jendela.

Philodendron

Dalam masa pandemi ini banyak orang yang menyukai tanaman jenis philodendron karena memiliki berbagai varian. Dua varian dari tanaman philodendron bisa Anda temui, yaitu yang tidak merambat dan yang panjang merambat.

Baca Juga : Interior Rumah Warna Olive, Nuansa Alami dan Tidak Membosankan

Pada umumnya tanaman tersebut cenderung suka suhu hangat, tapi tetap lembab serta ternaungi. Oleh sebab itu, Anda bisa mengubah suasana dapur menjadi lebih segar hanya dengan menyimpan jenis tanaman ini. Namun meletakkannya harus dekat dengan jendela.

Kalau terlalu kering, Anda tidak perlu ragu-ragu menyemprotnya dengan menggunakan sprayer, karena tanaman ini menyukai kelembaban.

Lidah Mertua

Banyak orang yang mengenal tanaman lidah mertua ini dengan nama snake plants, karena tanaman tersebut termasuk sebagai tanaman yang populer di masyarakat.

Lidah mertua bisa Anda pilih untuk mengubah suasana dapur menjadi segar. Selain itu, jenis tanaman ini memiliki daun kaku yang cukup mudah tumbuh. Hal itu sama seperti tanaman sukulen. tanaman ini juga mudah untuk merawatnya.

Untuk bisa terus hidup, tanaman lidah mertua ini tidak membutuhkan banyak air. Kemudian, gunakan tanah berpasir dengan asupan air yang sempurna. Pastikan pula tanahnya sudah terlihat kering sebelum Anda menyiram tanaman ini.

Supaya tidak membutuhkan banyak tempat, pilihlah lidah mertua berukuran kecil. Lalu letakkan dalam ruang dapur yang bisa terkena sinar matahari.

Itulah jenis-jenis tanaman paling cocok untuk Anda simpan dalam ruangan dapur. Nah, dari semua jenis tanaman tersebut, tanaman apa saja yang paling kamu sukai? (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -