Meredakan Masuk Angin dengan 5 Bahan Alami Ini, Apa Saja?

Masuk Angin
Mengatasi masuk angin dengan 5 bahan alami. Foto: Net/Ist.

Meredakan masuk angin bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di pasaran. Indonesia memiliki berbagai bahan alam yang diklaim dapat mengatasi masalah masuk angin.

Rata-rata bentuknya berupa jamu. Pada masyarakat Indonesia, biasanya diagnosis dibuat sendiri yang menjelaskan bahwa berbagai gejala penyakit itu adalah masuk angin.

Saat seseorang mengalami masalah masuk angin, ia bisa mengalami badan demam sampai diare. Karena sebenarnya masuk angin terjadi ketika tubuh penuh dengan gas, yang mana gas ini diproduksi secara berlebihan oleh lambung.

Faktor yang menjadi penyebab produksi gas bisa berlebih ini bisa dari pola makan tidak teratur, terlalu lelah hingga stres.

Konsumsi makanan maupun minuman tertentu juga bisa menjadi cara meredakan masalah masuk angin.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa minuman dan makanan lezat yang dapat membantu kamu agar masalah kesehatan yang satu ini bisa reda.

Baca Juga : Obat Masuk Angin Alami, Cobalah Resep Ramuan Simpel Ini!

Bahan Alami untuk Meredakan Masuk Angin

Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan masuk angin. Dengan mengunyah jahe juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

Karena, bahan alami ini memiliki sifat yang mampu menyembuhkan masalah otot gastrointestinal, sehingga dapat meringankan rasa sakit pada perut.

Kapulaga

Bahan alami berikutnya yang bermanfaat untuk meredakan masuk angin adalah kapulaga. Ini merupakan bahan alami untuk membantu produksi cairan pada pencernaan jadi meningkat. Serta meminimalisasi produksi gas.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Gejala Masuk Angin serta Langkah Mencegahnya

Selain itu, kapulaga juga dapat membantu kamu dalam mengurangi perut yang kembung. Untuk mengobati masuk angin, kamu bisa mengunyah kapulaga setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Teh Peppermint

Teh peppermint termasuk bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah masuk angin. Dengan mengonsumsi minuman teh peppermint membuat aliran empedu dalam tubuh meningkat.

Hal itu bermanfaat untuk kesehatan pencernaan supaya bisa meningkat. Bahkan, teh peppermint merupakan minuman yang tidak hanya lezat, tapi juga bermanfaat.

Adas

Cara meredakan masuk angin dengan bahan alami lainnya yaitu menggunakan adas. Ini adalah ramuan rempah kuno untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Angin Duduk Lengkap Dengan Gejala dan Penyebab

Cukup kamu kunyah adas setengah sendok teh dan rasakan manfaatnya. Baik untuk menenangkan saluran pencernaan, mencegah terbentuknya gas. Serta mengurangi masalah perut kembung atau mulas akibat masuk angin.

Teh Chamomile

Konsumsi minuman teh chamomile dapat menjadi solusi yang sangat efektif guna meredakan masalah masuk angin.

Jenis minuman tersebut bisa membuat kamu mudah untuk bersendawa ketika kamu sudah selesai meminumnya.

Meski biasanya tidak berbahaya, namun masalah masuk angin ini begitu menyebalkan. Jika dalam beberapa waktu gejala-gejala yang muncul itu tidak kunjung hilang, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter. (R3/HR-Online)

Editor : Eva