Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruMetode Pemisahan Campuran Secara Homogen dan Heterogen

Metode Pemisahan Campuran Secara Homogen dan Heterogen

Metode pemisahan campuran terdapat pada beberapa senyawa kimia. Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya sudah mengetahui mengenai oksigen, air laut, nitrogen dan yang lainnya. Namun kebanyakan tidak menyadari bahwa senyawa tersebut merupakan campuran.

Sebagian besar senyawa kimia memang dalam kondisi yang tidak murni untuk beberapa keperluan seperti sintesis senyawa kimia. 

Melansir Wikipedia dalam teknik kimia, proses pemisahan agar memperoleh dua atau lebih produk secara lebih murni.

Baca Juga: Perpindahan Kalor Secara Radiasi Tanpa Perantara

Bahkan proses produksi suatu senyawa kimia dengan kemurnian tinggi. Maka proses pemisahan perlu untuk dilakukan. Proses pemisahan penting kebutuhannya dalam bidang teknik kimia.

Metode Pemisahan Campuran Homogen

Penggunaan metode pemisahan untuk campuran homogen lebih kompleks, apabila dibandingkan pada proses pemisahan yang heterogen. Hal ini terjadi karena aplikasi sederhana dari gaya mekanis tidak akan cukup.

Untuk melepaskan partikel, cairan atau gas yang kaitannya dengan cairan atau gas lain. Sehingga karakteristik individu lainnya yang dapat tereksploitasi, perlu pertimbangan. Pertimbangan tersebut mengenai kelarutan, polaritas, titik didih serta pemadatan. 

Berikut ini beberapa metode dalam pemisahan homogen.

Distilasi

Metode distilasi merupakan salah satu metode dalam pemisahan zat tercampur. Metode tersebut dilakukan berdasarkan perbedaan kecepatan, juga kemudahan menguap dari suatu bahan.

Apabila menggunakan metode proses pemisahan campuran yang sebelumnya akan dididihkan. Sehingga akan menjadikan adanya uap air. Uap air tersebut yang akan didinginkan menjadi bentuk cairannya.

Baca Juga: Jenis Larutan Elektrolit dengan Berbagai Karakteristiknya

Zat yang terdapat pada titik didih lebih rendah akan mengalami penguapan. Hal itu akan langsung memisahkan zat yang tercampur menjadi lebih cepat.

Kromatografi

Metode kromatografi sebagai teknik untuk dapat memisahkan molekul, berdasarkan pada perbedaan pola gerak zat dalam sebuah larutannya. Hal ini dapat terjadi apabila molekul yang terlarut ada pada fase gerak tersebut.

Kemudian akan melalui kolom yang merupakan fase diam molekul yang memiliki ikatan kuat dengan kolom tersebut. Sehingga akan cenderung memiliki gerakan yang terbilang lambat.

Dengan metode ini memperoleh berbagai macam molekul. Pada awalnya bercampur menjadi terpisahkan berdasarkan pergerakannya.

Penguapan

Evaporasi merupakan teknik penguapan yang terjadi pada permukaan cairan. Hal itu pada saat masuk ke fase gas. Proses ini berdasarkan pada penerapan energi pada campuran cairan setelah memanaskannya sampai pada titik didih cairan.

Hal tersebut berguna untuk dapat melakukan proses ekstraksi. Kemungkinan juga berguna dalam metode pemisahan komponen ini dari campuran. Melepaskan komponen tersebut dari campuran akan menurunkan suhunya. Hal itu karena efek, yang biasa menyebutnya dengan pendinginan evaporatif.

Curah Hujan

Proses pengendapan tujuannya untuk pembentukan padatan dalam larutan. Pada kenyataannya saat partikel padat terbentuk dalam larutan cair menyebutnya sebagai endapan.

Pengendapan tersebut dengan menambahkan endapan pada sampel. Hal itu akan mendorong pembentukan endapan pada bagian bawah larutannya. Bahkan terjadinya efek samping dari reaksi kimia antara dua senyawa.

Rekristalisasi

Rekristalisasi sebagai metode mengkristalkan kembali zat yang tercampur. Metode kristalisasi biasanya akan menggunakan suhu yang rendah. Hal itu agar cairannya dapat mengendap.

Sedangkan saat menginginkan rekristalisasi zat tersebut, caranya harus melakukan aktivitas pelarutan terlebih dahulu, untuk dapat memisahkan zat tersebut. Kemudian melakukan  proses kristalisasi kembali untuk mengembalikan zat aslinya.

Metode Pemisahan Campuran Heterogen

Pemisahan campuran heterogen melalui beberapa proses. Berikut ini beberapa proses dalam pemisahan heterogen  berikut ini.

Pengeringan

Proses pengeringan ini menggunakan transfer massa. Untuk menghilangkan air atau pelarut lainnya dari padatan atau cairan. Hal itu merupakan proses umum dalam industri. Sebelum menyimpan produknya untuk transportasi atau penjualan.

Ekstraksi

Ekstraksi merupakan suatu proses yang terdiri dari pemisahan suatu zat. Mulai dari pemberian fase ke yang lainnya. Bahkan mampu dari jenis padat-padat atau cair-cair. Hal ini berdasarkan pada sifat ketidakmampuan dan kelarutan relatif.

Filtrasi

Filtrasi sebagai metode yang menggunakan cara penyaringan atau pemisahan cairannya pada padatan yang tidak larut. Hal ini tujuannya zat yang tercampur akan dapat terpisah. Terlebih memiliki perbedaan ukuran partikel.

Seperti halnya melakukan penyaringan air teh atau memisahkan air dari pasir. Penggunaan alat yang berupa saringan biasa atau kertas saringan yang memiliki pori-pori besar. Sehingga air dan zat padat menjadi terpisah.

Metode pemisahan campuran terjadi secara homogen dan heterogen. Proses pemisahan tersebut penting kebutuhannya dalam bidang teknik kimia. (R10/HR Online)