Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita CiamisPembangunan Jembatan Penghubung di Lumbung Ciamis Terbengkalai

Pembangunan Jembatan Penghubung di Lumbung Ciamis Terbengkalai

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pembangunan jembatan penghubung antara Desa Lumbung dan Desa Lumbungsari, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah berlangsung lama, tapi belum juga selesai hingga sekarang.

Padahal, warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui instansi terkait dapat segera merampungkannya. Pasalnya, jembatan tersebut menjadi penghubung antar desa yang menunjang transportasi ekonomi.

Rustana, salah seorang warga Desa Lumbungsari mengatakan, jembatan tersebut berada di atas Sungai Cimantaja. Banyaknya penduduk yang membutuhkan pembangunan jembatan untuk memudahkan transportasi.

“Kalau saja pembangunan jembatan penghubung antar desa tersebut sudah selesai, dengan sendirinya dapat menunjang kelancaran perekonomian warga. Termasuk memperlancar jalannya roda Pemerintahan Desa Lumbungsari dan Desa Sadewata menuju Kantor Kecamatan Lumbung. Sebab bisa memperdekat jarak tempuh,” tuturnya, Senin (09/08/2021).

Menurut Rustana, pembangunan jembatan mempunyai makna yang sangat penting. Oleh sebab itu, perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Karena, lancar tidaknya jalur penghubung dari satu wilayah ke wilayah lain. Itu tergantung dari bagus tidaknya kondisi fisik jalan atau jembatan yang dilalui.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Lumbung Ciamis Menurun

Rencana Awal Pembangunan Jembatan Penghubung Selesai 2019

Sementara itu, Nana, BPD Desa Lumbung mengatakan, pelaksanaan pembangunan jembatan mulai pada tahun 2017. Rencananya akan selesai pada tahun 2019. Namun terkendala dengan pandemi Covid-19.

“Untuk penyelesaiannya belum bisa dipastikan. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini dapat terselesaikan. Kondisi saat ini baru terselesaikan bagian pondasinya saja,” terangnya.

Nana menambahkan, jembatan yang representatif bukan hanya dibutuhkan masyarakat Desa Lumbung saja. Jika pembangunan jembatan penghubung tersebut sudah selesai, masyarakat dari Desa Lumbungsari, Desa Sadewata, dan desa-desa lainnya wilayah Kecamatan Lumbung akan melewati jembatan tersebut. Sebab, jarak tempuh menuju kantor kecamatan atau ke tempat lainnya menjadi lebih dekat.

“Kami cuma bisa berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Sehingga pembangunan jembatan penghubung ini dapat segera terselesaikan,” kata Nana. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva