Pengertian Gerak Periodik dan Ketahui Karakteristiknya

Pengertian Gerak Periodik dan Ketahui Karakteristiknya
Ilustrasi pengertian gerak periodik. Foto: Ist/Net

Pengertian gerak periodik untuk gerak yang berulang. Benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan, maka akan memiliki percepatan yang tetap. Hal ini artinya pada benda biasanya bekerja gaya yang tetap.

Baik dalam hal arahnya atau besarnya. Namun apabila gaya dari benda selalu berubah-ubah. Maka percepatannya juga akan berubah-ubah.

Ketahui Pengertian Gerak Periodik

Gerak yang berulang untuk kurun waktu yang sama merupakan gerak periodik. Gerak periodik ini selalu dapat dinyatakan dalam fungsinya sinus atau cosinus. Sehingga gerak periodik disebut juga gerak harmonik.

Apabila gerak yang periodik ini pergerakannya secara bolak-balik. Tentunya dengan lintasan yang sama maka menyebutnya dengan getaran atau osilasi.

Melansir Wikipedia, gerak harmonik yang sederhana merupakan gerak secara bolak-balik benda. Melewati titik keseimbangan dengan banyak getaran benda. Namun pada setiap sekon yang selalu konstan.

Contoh lainnya sistem yang melakukan getaran harmonik. Seperti dawai pada alat musik, gelombang radio, arus listrik AC, dan denyut jantung. Galileo diduga telah memanfaatkan denyut jantungnya. Untuk melakukan pengukuran waktu dalam pengamatan geraknya.

Gerakan harmonik ini yang penyebabnya oleh benda yang memiliki kekuatan. Kekuatan dapat mendorong atau menarik, serta memiliki kekuatan penyembuhan. Seperti dalam memperluas dan memecah pegas dari titik setimbang

Hal itu karena adanya kekuatan pada benda. Apabila pada musim semi getaran, gaya awalnya yang terhubung dengan hukum kait.

Baca Juga: Pengertian Gerak Peristaltik pada Sistem Pencernaan Manusia

Karakteristik Gerakan

Resultan gaya pada harmonik sederhana memiliki arahnya. Arah gerak periodik  yang selalu menuju pada titik kesetimbangan yang menyebutnya pengertian gaya pemulih. Besaran pada gaya pemulih memiliki perbandingan lurus. Dengan posisi benda terhadap titik keseimbangannya.

Karakteristik gerak ini dalam grafik posisi partikel. Hal itu sebagai fungsi waktu berupa sinus dan cosinus.

Dalam gerak tersebut, ada beberapa karakteristik sebagai fungsinya dalam perhitungan. Berikut ini beberapa karakteristik dari gerakan yang dapat Anda ketahui.

Simpangan

Salah satu karakteristik yang dapat Anda jumpai dari gerak harmoni sederhana yaitu simpangan. Simpangan tersebut tentunya sebagai proyeksi partikel. Dengan gerakannya yang melingkar secara beraturan. Hal ini juga akan tampak pada bagian diameter lingkarannya.

Kecepatan

Karakteristik lainnya dari gerakan tersebut yaitu kecepatan. Karakteristik ini yang merupakan turunan pertama posisinya. Melihat karakteristiknya, kecepatan dapat didapatkan dari turunan pertamanya pada persamaan simpangan.

Percepatan

Percepatan adalah karakteristik lainnya dari pengertian gerak periodik. Memperoleh percepatan ini dari turunan pertama persamaan kecepatannya. Selain itu sebagai turunan dari kedua persamaan simpangan.

Baca Juga: Gerak Lurus Beraturan, Pengertian dan Perbedaannya Dengan GLBB

Energi

Energi yang mempunyai beberapa jenisnya. Mulai dari adanya energi potensial, energi kinetik, dan energi mekanik. Energi mekanik memiliki rumus dengan penjumlahan. Penjumlahan tersebut antara energi kinetik dengan energi potensial.

Periode dan Frekuensi Getaran

Mengenai adanya berbagai periode dan frekuensi dalam getaran ini. Untuk itu diketahui periode dan frekuensinya berikut ini.

Periode dan Frekuensi Bandul Sederhana

Pengertiannya apabila sebuah bandul sederhana dengan gerak periodik. Bandul yang terdiri atas sebuah beban bermassa m yang menggantungnya pada ujung tali ringan. Massa bebannya dapat terabaikan dengan panjangnya l.

Apabila menarik bebannya menuju satu sisi lalu melepaskannya, maka beban akan berayun melewati titik keseimbangan ke sisi lainnya. Apabila amplitudo ayunan kecil, maka bandul melakukan getarannya secara harmonik.

Periode serta frekuensi getaran bandul yang sederhana sama halnya pada pegas. Hal itu artinya periode serta frekuensinya yang terhitung sama halnya gaya pemulih dan gaya sentripetal.

Periode dan Frekuensi Sistem Pegas

Padahal gerakan harmonik merupakan gerakan melingkar tidak beraturan. Pada salah satu gelombang utamanya. Sehingga waktu dan frekuensinya dalam pegas dapat terhitung dengan menambahkan gaya pemulihan. Durasi dan frekuensinya pada sistem beban pegas hanya bergantung dengan massanya dan konstanta pegas.

Semua pegas terdapat panjang alami, pada saat sebuah benda terhubungkan ke ujung sebuah pegas. Maka pegas akan meregang atau bertambah panjang sejauh y. Pegas akan mencapai titik kesetimbangannya. Apabila tidak memberikannya gaya luar dengan cara menarik atau menggoyangkannya.

Gerak yang berulang pada waktu yang sama merupakan pengertian gerak periodik. Gerak periodik ini selalu dapat dinyatakan dalam fungsi waktu berupa sinus dan cosinus. (R10/HR Online)

Editor: Jujang