DLH Kota Banjar Ajukan Peningkatan Fasilitas Untuk TPA Sampah

DLH Kota Banjar Ajukan Peningkatan Fasilitas Untuk TPA Sampah
Wali Kota Banjar bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, saat meninjau lokasi tempat pembuangan akhir, Sabtu (28/6/2021). Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjar, Jawa Barat, ajukan perbaikan peningkatan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Kepala DLH Kota Banjar, Sri Sobariah mengatakan, ada beberapa objek yang diusulkan untuk pembangunan perbaikan tersebut kepada Wali Kota Banjar.

“Kita usulkan untuk perbaikan jalan, kurang lebih sekitar 500 meter dengan dua alternatif,” kata Sri Sobariah, Sabtu (28/8/2021).

Selain perbaikan jalan, DLH Kota Banjar juga mengusulkan peningkatan fasilitas lainnya untuk TPA sampah. Usulan tersebut yakni perbaikan manuver pembuangan sampah yang ada di TPA Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Menurut Sri, rencana pembangunan peningkatan fasilitas TPA sampah tersebut sudah Wali Kota Banjar terima, dan akan menjadi prioritas pembangunan pada tahun 2023 nanti.

“Minimal tahun 2023 sudah teranggarkan dan pembangunan mulai berjalan. Akan tetapi kalau kita inginnya sih tahun depan. Karena prioritas plafon anggarannya kita sudah jadi,” ujarnya.

Lebih lanjut Sri menuturkan, bahwa TPA sampah pada tahun 2020 memproduksi sebanyak 60 ton. Akan tetapi jumlahnya fluktuatif terhitung sejak awal bulan Januari sampai sekarang.

“Produksi sampah di TPA akhir tahun kemarin sebanyak 60 ton. Tapi jumlahnya naik turun, dari awal bulan Januari sampai sekarang sekitar 45 ton,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih saat melakukan kunjungan ke lokasi rencana pembangunan TPA sampah, mengatakan, luas lahan yang TPA pakai sampai saat ini mencapai 3,5 hektare.

Akan tetapi, ada pembebasan lahan tambahan untuk tempat pembuangan akhir dengan luas 7 hektare.

“Untuk pengembangan pengolahan sampah memang perlu lahan yang cukup luas,” katanya.

Sedangkan untuk peningkatan fasilitas yang ada di TPA sampah tersebut, rencana pembangunannya telah diprioritaskan dan diajukan ke dinas terkait. (Sandi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto