Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Penyebab ban mobil terasa goyang kemungkinan ada masalah pada ban tersebut. Terlebih pada penggunaan mobil yang sudah cukup lama, tentunya pernah mengalami beberapa permasalahan.

Memang dengan adanya faktor pemakaian, maka permasalahan yang muncul pada mobil bisa mulai dari segi mesin hingga komponen lainnya.

Baca Juga : Ban Mobil Bocor, Inilah Penyebab dan Panduan Cara Menggantinya

Akan tetapi, terkadang juga mengalami masalah pada ban mobil. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan mobil terasa goyang saat berkendara. Sehingga, hal itu akan menjadikan kondisi berkendara tidak nyaman.

Karena permasalahan tersebut, maka Anda pun tidak dapat membiarkannya begitu saja. Sebab, nantinya akan menjadikan masalah yang lebih serius.

Inilah Beberapa Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang

Saat ban pada kendaraan sudah mulai merasakan goyang, maka Anda perlu segera mengetahui penyebabnya. Sehingga, dengan begitu dapat mengatasi permasalahan pada mobil tersebut. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab pada ban mobil terasa goyang berikut ini.

Permukaan Ban Mobil Sudah Tidak Mulus

Penyebab mobil goyang apabila berkendara dalam kecepatan tinggi, kemungkinan karena kondisi ban mobil yang sudah tidak mulus. Kondisinya sudah tidak baru lagi. Hal ini juga akan menjadi salah satu penyebabnya.

Jadi, ketika Anda menjalankan mobil dalam kecepatan tinggi, maka akan seperti saat terdapat benjolan pada ban mobil tersebut. Biasanya, benjolan tersebut diakibatkan karena menghantam benda yang cukup keras. Sehingga akan memunculkan gelombang yang ada pada bagian luar ban.

Baca Juga : Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal dan Aman Untuk Berkendara

Setelah mengetahui penyebab ban mobil terasa goyang, Anda perlu segera mengatasi hal tersebut. Sebaiknya Anda perlu segera mengganti ban mobil apabila sudah merasakan kondisi yang tak baik. Selain itu, penting untuk menjalani perawatan pada ban mobil.

Hal itu untuk menghindari kondisi tersebut terjadi pada mobil Anda. Pastikan Anda mengemudikan mobil dengan baik dan benar. Melakukan perawatan mobil secara rutin. Terutama pada proses balancing dan spooring.

Kerusakan pada Axle

Terjadi kerusakan pada axle sebenarnya terbilang jarang. Namun hal itu juga tidak menutup kemungkinan dapat terjadi.

Axle sendiri merupakan termasuk komponen mobil yang fungsinya untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda.

Meski tidak biasa terjadi, namun Axle juga dapat mengalami kerusakan pada kondisi mobil yang penggunaannya cukup jarang. Sebab, axle juga dapat mengalami kerusakan.

Hal itu apabila penggunaan mobil sering berkendara pada kondisi jalanan rusak parah. Pastikan Anda mengetahui cara merawat mobil. Sehingga nantinya akan menjaga umur penggunaan kendaraan Anda.

Tekanan Angin Berlebihan

Penyebab ban mobil terasa goyang juga dapat diakibatkan oleh tekanan angin berlebihan. Beberapa pengguna memang masih belum menyadari akan hal tersebut. Terlebih apabila mengisi angin ban tidak sesuai. Tentunya dengan spesifikasi yang tertera pada label pengisian angin.

Baca Juga : Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi Berbahaya

Hal itu dapat menjadikan saat berkendara, mobil terasa goyang-goyang. Apabila kelebihan tekanan angin, maka ban akan menjadi benjol. Sehingga dampaknya mobil akan terasa goyang saat jalan.

Kondisi ban rusak atau ban benjol sering terjadi. Hal itu rata-rata saat mengukur tekanan angin ban tersebut melebihi 50 psi. Bahkan tidak memandang kondisi ban tersebut masih tebal atau sudah tipis. Jadi, pastikan tekanan ban mobil tetap ideal.

Kerusakan pada Velg

Penyebab ban mobil terasa goyang lainnya kemungkinan karena kondisi velg yang rusak. Hal tersebut dapat terjadi saat mengalami tabrakan dengan batu atau lubang jalanan. Sehingga akan menjadikan kondisi velg penyok atau bahkan robek.

Apabila hal tersebut terjadi pada mobil Anda dan jika membiarkannya saja, maka mobil akan terasa goyang saat melaju. Sementara untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian dengan velg yang baru.

Tekanan Angin Ban Berkurang

Selain tekanan angin berlebih, tekanan angin ban mobil yang sudah mulai berkurang menjadi salah satu penyebabnya. Pada dasarnya, tekanan angin ban yang mulai berkurang ini tidak memiliki dampak terlalu besar. Namun juga dapat menjadikan mobil akan terasa goyang.

Kurangnya tekanan angin ban ini tentu saja akan berpengaruh pada cengkraman ban. Cengkraman ban ke jalanan menjadi tidak lagi sempurna.

Sebaiknya Anda perlu melakukan pengecekan tekanan ban sebelum berkendara. Hal itu agar Anda dapat mengendarai mobil dengan lebih nyaman.

Kini Anda mengetahui beberapa penyebab ban mobil terasa goyang. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat mengatasi hal tersebut. Sehingga dapat mengendarai mobil dengan lebih nyaman. Perhatikan kondisi ban demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img