spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruPenyebab Jerawat Muncul di Telinga dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Muncul di Telinga dan Cara Mengatasinya

- Advertisement -

Penyebab jerawat muncul di telinga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. selain kotoran dan debu, jerawat yang merupakan masalah kulit bisa juga muncul akibat adanya pori yang tersumbat minyak atau kulit mati.

Siapapun pasti pernah mengalami masalah kulit berjerawat. Masalah ini biasanya lebih rentan terjadi pada usia antara 12 sampai 24 tahun.

Jerawat muncul tak hanya pada wajah saja, namun bisa juga pada bagian tubuh lainnya, termasuk telinga.

Kenali Penyebab Jerawat Muncul di Telinga

Merangkum dari berbagai sumber, telinga bagian luar serta kanal telinga mempunyai rambut, dan sel kulit kelenjar yang memproduksi minyak.

Jika salah satu pori pada telinga tersumbat oleh minyak atau kulit mati, maka hal ini dapat menjadi penyebab jerawat muncul pada bagian telinga.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

Debu atau kotoran juga dapat menjadi penyebab jerawat muncul di telinga. Namun selain faktor dari luar, ada pula faktor lainnya dari dalam tubuh.

Bahkan, stres yang meningkat dan hormon yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan jerawat ini muncul.

Cara Mengatasinya

Ketika muncul jerawat biasanya hal yang pertama ingin kamu lakukan adalah memencetnya. Termasuk jerawat yang muncul pada telinga. Meski begitu, hal ini justru akan memperparah keberadaan jerawat tersebut.

Saat jerawat kamu pencet, maka area sekitarnya akan terpapar nanah dan bakteri yang keluar. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi serta bekas luka.

Dilansir Prevention, beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat muncul di telinga. Kondisi ini akan membuat rasa tidak nyaman.

Baca Juga : Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya

Untuk mengatasinya, menggunakan kompres yang hangat. Dengan cara ini, nanah dan bakteri bisa keluar secara alami.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan nanah yang keluar menggunakan tangan yang bersih, dan minyak tea tree.

Secara perlahan cara ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah peradangan akibat jerawat.

Cara Mencegahnya

Untuk mencegah jerawat muncul, terutama sekitar telinga, tentunya sangat penting kamu rajin membersihkan daerah sekitar telinga dari bakteri.

Baca Juga : Daun Kelor untuk Jerawat dan Manfaatnya Buat Kulit Wajah

Jerawat yang muncul pada telinga rasanya sangat menyakitkan lantaran kulit pada bagian tersebut lebih kencang, dan karena adanya tulang rawan.

Pakar dermatologi dari Manhattan Dermatology Specialists, Susan Bard mengatakan, saat terjadi peradangan sekitar daerah tulang rawan, baik itu sekitar telinga atau hidung akan terasa sangat sakit.

Agar terhindar dari rasa sakit serta iritasi akibat munculnya jerawat pada telinga, sebaiknya kamu jangan menyentuh jerawat, baik itu dengan jari, earphone, atau cotton buds.

Selain itu, kamu juga harus memastikan dulu untuk membersihkan secara rutin, dan harus berhati-hati saat membersihkannya.

Bahkan jangan sampai jerawat terpapar parfum maupun produk keras yang lainnya. Kemudian, pastikan pula untuk mengeringkannya. Lakukan dengan hati-hati, jangan menggosoknya! (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -