Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kucing Kentut Bau dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Kentut Bau dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda sedang bermain dengan si anak bulu (anabul) tiba-tiba saja tercium bau tak sedap, bisa jadi bau tersebut berasal dari kucing yang kentut. Apa penyebab kucing kentut bau? Apakah berbahaya dan bagaimana cara mengatasinya?

Sama seperti halnya manusia, kucing juga terbiasa kentut lho. Bedanya, saat kucing kentut tidak bunyi dan jarang bau. Apabila sampai gas kentut kucing bau, itu pertanda ada masalah dengan kucing kesayangan Anda.

Apalagi jika ada gejala lainnya, seperti mencret, diare, dan kucing lemas, tidak mau makan. Anda perlu waspada.

Lantas apa penyebab kucing kentut dan bau, serta bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa penyebab kucing buang gas dan tercium bau busuk seperti HR Online kutip dari WebMD, berikut penjelasannya:

Kucing Makan Terlalu Cepat

Jika kucing Anda terbiasa makan cepat bahkan sampai tidak mengunyah makanan bisa menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik. Akibatnya terjadi penumpukan gas akibat parasit di usus. Ketika gas menumpuk di usus kucing, saat itulah kucing Anda bisa kentut dan menyebabkan bau tak sedap.

Baca Juga: Penyebab Kucing Cacingan, Waspada Bisa Menular ke Manusia!

Cobalah membuat kucing makan dengan perlahan, Anda bisa mengusap kepala kucing saat mereka makan. Jangan segan-segan untuk berbicara langsung dengan kucing dan nasehati mereka agar makannya lebih pelan-pelan.

Terlihat tidak masuk akal, tapi jika kucing sudah memiliki ikatan batin dengan Anda, kucing bisa jadi penurut ketika Anda menasehatinya. 

Kucing Makan Sembarangan

Penyebab kucing kentut bau selanjutnya adalah karena makan sembarangan. Karena itu selalu perhatikan makanan kucing, jangan sampai kucing memakan makanan yang tidak seharusnya. 

Misalnya kucing ras tidak cocok makan nasi, karena itu hindari memberi nasi pada kucing ras. Begitu juga dengan ikan goreng, kadar minyak pada ikan atau makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan pencernaan kucing. 

Makanan yang kotor juga bisa mengganggu pencernaan kucing, perutnya bisa jadi kembung dan akhirnya mengeluarkan kentut bau.

Pastikan memberi makanan kucing yang bersih. Jangan lama-lama menyimpan dry food di wadah terbuka, segeralah ganti agar dry food selalu fresh dan tidak kotor.

Kucing Terlalu Malas dan Jarang Diajak Main

Jika kucing yang terlalu malas dan jarang main membuatnya jarang bergerak. Apalagi sehabis makan langsung berbaring di ubin yang dingin, bisa membuat perutnya kembung. Hal itu bisa jadi salah satu penyebab kucing kentut bau.

Baca Juga: Kucing Makan Bulu Sendiri, Begini Cara Menghentikannya

Sering-sering ajak kucing main, biarkan mereka bergerak lincah dan aktif. Jangan biasakan kucing malas bergerak, selain menyebabkan obesitas, kesehatannya pun bisa terganggu.

Kucing Tidak Bisa Mencerna Makanan

Makanan yang susah masuk ke pencernaan kucing membuat bakteri menumpuk di saluran pencernaannya. Akibatnya kucing akan sering kentut dan mengeluarkan bau tak sedap.

Pastikan kucing Anda memakan makanan yang mudah dicerna. Misalnya, makanan kucing dewasa jangan diberikan kepada kitten. Karena nutrisinya bisa jadi tidak cocok dengan pencernaan kitten. Apabila kucing susah mencerna makanannya bisa jadi penyebab kucing kentut bau.

Kucing Sedang Sakit

Jika kucing Anda sedang sakit dan salah satu gejalanya adalah kentut serta mencret. Apalagi jika kucing lemas dan ogah makan, bisa jadi kucing kesayangan Anda sedang sakit.

Saat kucing sering kentut bau serta mencret yang pertama harus Anda lakukan adalah mengganti makanannya dengan makanan khusus kucing yang sedang mencret.

Apabila masih mencret dan sering kentut, segeralah bawa ke dokter hewan agar bisa tertangani dengan baik.

Kucing Mengonsumsi Susu

Susu bisa jadi penyebab kucing kentut bau. Apalagi jika susu yang Anda berikan ke kucing kesayangan berupa susu dengan kandungan laktosa di dalamnya. 

Perlu Anda ingat, kucing tidak toleran pada laktosa. Kucing akan susah mencerna laktosa di saluran pencernaannya. Jika kucing Anda masih perlu susu maka berikan saja susu tanpa laktosa.

Kucing Alergi

Beberapa makanan kucing bisa jadi membuat kucing alergi. Makanan yang sudah sering dikonsumsi kucing Anda bisa jadi akhirnya membuat kucing alergi.

Selain berpengaruh pada kesehatan kulit, alergi makanan pada kucing juga ditandai dengan penumpukan gas pada usus, sehingga jadi penyebab kucing kentut bau.

Jika hal itu terjadi, maka inilah saat yang tepat untuk Anda mengganti makanan kucing yang lebih tepat dan tidak menimbulkan alergi.

Memilih makanan untuk kucing Anda perlu mempertimbangkan nutrisi dan usia kucing. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter hewan. 

Itulah penyebab kucing kentut bau dan cara mengatasinya. Penyebabnya didominasi oleh makanan, karena itu Anda perlu memperhatikan betul makanan yang masuk ke perut anabul kesayangan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img