Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan, Wajib Diperhatikan

Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan, Wajib Diperhatikan
Ilustrasi Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan. Foto: Ist/Net

Penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan terkadang dipicu hal sepele. Meski sepele, namun bagi sebagian orang, mobil yang tersendat-sendat saat jalan merupakan hal yang menyebalkan. Sehingga perlu untuk menelusurinya secara detail.

Salah satu hal sepele yang membuat mobil kadang tersendat-sendat adalah kekosongan pada bahan bakar. Namun juga dapat disebabkan oleh beberapa pemicu lainnya.

Inilah Beberapa Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan

Mobil yang terasa tersendat-sendat saat jalan memang akan mengganggu penggunanya. Untuk itu ketahui beberapa hal yang menjadi penyebab mobil tersendat-sendat berikut ini.

Kekosongan Bahan Bakar

Tidak jarang kondisi bahan bakar pada kendaraan bisa kosong. Hal tersebut apabila pemilik mobil malas untuk mengisi bahan bakar. Bahkan garis penanda bahan bakar sudah turun atau hampir habis. Sehingga, apabila terus dibiarkan, maka bahan bakar mobil yang menjadi kosong, dan menjadi salah satu pemicu mobil menjadi tersendat.

Baca Juga : Penyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengisian bahan bakar yang tepat dan sesuai. Selain itu, jangan pernah lalai apabila indikator bahan bakar sudah mulai habis. Apabila membiarkannya sampai kosong akan benar-benar mengganggu kenyamanan berkendara.

Filter Bahan Bakar

Hal lain yang perlu diperiksa mengenai kondisi dari filter bahan bakar. Biasanya ini terjadi saat bahan bakar yang digunakan tidak sesuai. Sehingga menyebabkan kotoran lebih mudah menumpuk di filter ini.

Bahkan juga akan menjadikan akselerasi mobil menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan. Untuk itu Anda perlu membersihkan filter tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Apabila merasa kesulitan, sebaiknya segera pergi ke bengkel terdekat, untuk membersihkan filter bahan bakar tersebut. Selain itu juga perlu untuk menguras tangki bahan bakar. Sehingga memastikan bahwa tidak ada yang tersumbat.

Namun, apabila teknisi tersebut menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, maka sebaiknya juga perlu melakukan penggantian sesegera mungkin. Mengingat komponen mobil tersebut memiliki penting pada kinerja mesin untuk memacu tenaganya.

Masalah pada Bagian Filter Udara

Mobil yang tersendat-sendat saat jalan bisa jadi memiliki hubungannya dengan bagian filter udara. Filter udara sendiri fungsinya untuk menyaring udara. Jadi, apabila filter udara ini terganggu, maka tidak akan bekerja secara maksimal.

Filter udara yang tersumbat akan mengganggu aliran udara dalam pencampuran bahan bakarnya. Terhambatnya pencampuran bahan bakar tersebut yang menjadi penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan.

Bagian Karburator atau Injektor Tersumbat

Hal lainnya yang perlu diperiksa mengenai keadaan karburator atau injektor. Karburator yang tersumbat akan menyebabkan bahan bakar tidak tersalurkan sempurna. Sehingga dapat menyebabkan mobil tersendat saat jalan.

Mesin Overheat

Penyebab mobil tersendat lainnya adalah karena mesin overheat atau terlalu panas. Pemicunya kemungkinan karena radiator mobil yang tidak terawat.

Namun untuk dapat mengetahui penyebabnya secara detail, pastikan memeriksa indikator suhu pada bagian dashboard mobilnya. Sebaiknya jangan sampai mesin mobil menjadi overheat. Selain tarikan mesinnya menjadi tidak terasa nyaman, Anda akan mendapatkan hal yang lebih buruk, seperti halnya mogok di jalan.

Kerusakan pada Pompa Bensin

Penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan lainnya kemungkinan karena pompa bensin rusak. Pompa bensin tersebut fungsinya sebagai penyalur bahan bakar mobil dari tangki. Sehingga sebenarnya memiliki peran yang sangat penting.

Apabila pompa bensin mekanik dalam keadaan sudah cukup tua, maka akan menimbulkan kebocoran dan oli akan merembes. Hal inilah yang akan menjadikan mobil berjalan tersendat-sendat. Terlebih pompa elektrik yang kondisinya sudah melemah, sehingga daya kerjanya menjadi tidak maksimal.

Pengapian Mobil yang Bermasalah

Hal lainnya yang menjadi penyebab mobil tersendat adalah pada komponen seperti halnya koil, busi, serta kabel busi. Beberapa komponen tersebut yang fungsinya untuk mendukung pengapian. Hal itu agar mobil dapat bekerja dengan baik.

Apabila bagian komponen tersebut dalam kondisi tidak baik, maka dapat memastikan bahwa mesin tidak bekerja secara maksimal. Salah satu cara untuk mendeteksinya, dengan menyalakan mesin pada tempat yang gelap.

Apabila komponen pengapian tersebut menimbulkan percikan, maka ada hal-hal yang kaitannya dengan pengapian mengalami masalah.

Jadi, ketika Anda sudah mengetahui penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan dengan menelusuri secara detail, maka segera atasi masalahnya. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto