Ini Penyebab Pelamar CASN Pangandaran Gagal Lolos Administrasi

Ini Penyebab Pelamar CASN Pangandaran Gagal Lolos Administrasi
Ilustrasi CPNS. Foto:Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan pelamar CASN (calon aparatur sipil negara) Kabupaten Pangandaran, Jabar, gagal dalam seleksi administrasi, lalu apa penyebabnya?

Dani Hamdani Kepala BKPSDM Pangandaran menyebut, pihaknya menemukan pelamar yang memalsukan materai dan juga tanda tangan pada dokumen lamaran.

“Mereka yang memalsukan materai dan tandatangan langsung kita nyatakan tidak lulus atau tidak memenuhi syarat,” ujar Dani Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: 834 Pelamar CASN di Pangandaran Layangkan Sanggah, 78 yang Diterima

Ia menjelaskan, beberapa pelamar CASN Pangandaran hanya menggunakan materai dan tandatangan asli pada surat lamarannya saja.

Sementara dalam surat pernyataan, mereka tidak membubuhkan tanda tangan dan materai.

“Tanda tangannya itu hasil copy paste dari materai dan tandatangan dari surat lamaran,” jelasnya.

Harusnya kata Dani, pelamar memakai materai dan tandatangan asli pada setiap lembar lamaran.

Selain itu, penyebab pelamar CASN Pangandaran tidak lolos administrasi lantaran mereka melamar formasi yang tidak cocok dengan bidang atau ijazah pendidikan terakhir pelamar.

Pada penerimaan CASN tahun 2021, Pemkab Pangandaran menerima pendaftaran sebanyak 8.952 namun yang lulus hanya 7.186 orang saja.

“Ada sekitar 1.767 pelamar yang tidak memenuhi syarat, mereka kita kasih waktu masa sanggah,” katanya.

Sebanyak 834 pelamar CASN Pangandaran melayangkan sanggah ke BKPSDM, namun yang diterima hanya 78 saja. (Ceng2/R8/HR Online)

Editor: Jujang