Penyebab Telinga Terasa Gatal, Kenali dan Jangan Disepelekan!

Telinga Terasa Gatal
Penyebab telinga terasa gatal penting untuk kita ketahui, karena masalah kesehatan yang terjadi pada telinga terkadang sangat terasa mengganggu. Foto: Net/Ist.

Penyebab telinga terasa gatal penting untuk kita ketahui, karena masalah kesehatan yang terjadi pada telinga terkadang sangat terasa mengganggu. Jadi jangan disepelekan.

Dilansir The List, McGovern Medical School menyebutkan, telinga yang terasa gatal merupakan masalah yang banyak dialami orang.

Pada sejumlah orang masalah tersebut tidak mengganggu, tetapi bagi beberapa orang lainnya terasa sangat menyebalkan.

Meski begitu, kondisi ini jangan anggap sepele lantaran bisa jadi gejalanya berawal dari adanya masalah serius dalam telinga.

Oleh karena itulah, penting untuk kita mencari tahu penyebabnya dan mengidentifikasi masalah tersebut.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa yang bisa menjadi penyebab gatal pada telinga.

Baca Juga : Telinga Terasa Penuh, Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya

Kenali 3 Penyebab Telinga Terasa Gatal

Alergi

Ada berbagai alasan mengapa telinga sering terasa gatal. Penyebab utama masalah ini salah satunya karena alergi.

Dalam hal ini alerginya bisa berupa reaksi terhadap makanan yang Anda konsumsi, atau pada produk perawatan rambut.

Atas kondisi tersebut, maka penting bagi Anda untuk berhati-hati dengan perubahan rutinitas pola makan atau dalam perawatan kecantikan. Terutama jika Anda memiliki alergi pada sesuatu.

Selain alergi makanan dan produk kecantikan, alergi yang menyebabkan telinga terasa gatal juga bisa terjadi akibat perubahan musim.

Kondisi ini seiring dengan hidung dan mata berair, namun banyak orang yang tidak menyadarinya.

Baca Juga : Radang Telinga Tengah, Penyebab, Jenisnya Hingga Cara Pengobatan

Bisa Disebabkan Cotton Buds

Jika gatal yang Anda rasakan berada dalam kanal telinga, bisa saja yang menjadi masalah utamanya adalah soal kebersihan yang kurang terawat.

Memasukkan berbagai benda apapun ke dalam telinga dapat menyebabkan iritasi serta peradangan. Termasuk memasukkan cotton buds.

Hal tersebut bisa meningkatkan kerentanan Anda mengalami masalah infeksi telinga. Selain itu, bisa juga menyebabkan masalah penyumbatan akibat kotoran telinga.

Apabila rasa gatal pada telinga terjadi di bagian luar kulit atau kanal telinga, bisa jadi sebagai penyebab utamanya adalah psoriasis. Untuk masalah yang satu ini biasanya berupa kulit pecah-pecah sekitar area telinga.

Adanya Infeksi Telinga

Baca Juga : Fungsi Gendang Telinga, Kenali Bagian-Bagian dan Cara Perawatannya

Penyebab telinga terasa gatal juga bisa terjadi akibat dari adanya infeksi. Karena, rasa gatal bisa menjadi tanda masalah infeksi. Termasuk infeksi telinga.

Tapi, apabila Anda tidak dapat menemukan apa yang menjadi penyebab dari rasa gatal pada bagian telinga. Sebaiknya Anda segera pergi ke dokter spesialis telinga untuk melakukan konsultasi. Sekaligus pemeriksaan secara medis.

Biasanya dalam mengatasi gangguan yang terjadi pada telinga, termasuk rasa gatal, dokter akan menyarankan Anda untuk tidak melakukan hal apa pun.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan menggaruk telinga, atau memasukkan benda apapun ke dalam telinga sebelum melakukan konsultasi dengan dokter.

Hal tersebut untuk menjaga terjadinya masalah gangguan telinga yang semakin parah. Jadi, jika telinga Anda sering terasa gatal, jangan anggap sepele. Segera cari penyebabnya, atau periksakan ke dokter.

Itulah tiga penyebab telinga sering terasa gatal yang perlu Anda ketahui agar kesehatannya dapat terjaga. (R3/HR-Online)

Editor : Eva