Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruPintu Bagasi Tidak Bisa Dibuka, Ketahui yang Menjadi Penyebabnya

Pintu Bagasi Tidak Bisa Dibuka, Ketahui yang Menjadi Penyebabnya

Pintu bagasi tidak bisa dibuka kemungkinan mengalami kerusakan. Kebanyakan orang akan merasa lebih nyaman bepergian menggunakan mobil. Terlebih saat sedang bersama keluarga dan menempuh perjalanan cukup jauh.  

Ada beberapa hal yang erat kaitannya dengan kenyamanan berkendara. Apabila menggunakan mobil, dapat mempertimbangkan kapasitasnya. Mulai dari kapasitas kabin sampai dengan bagian bagasinya.

Bagasi mobil sebagai tempat yang penggunaannya untuk meletakkan barang bawaan. Kapasitas bagasi yang luas menjadikan mobil jauh lebih praktis. Terutama saat membawa barang bawaan cukup banyak.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil melupakan perawatan bagasinya. Padahal apabila bagasi mobil sampai terabaikan, hal itu akan menjadikan tidak dapat berfungsi semestinya.

Inilah Beberapa Penyebab Pintu Bagasi Tidak Bisa Dibuka

Apabila Anda melupakan perawatan pintu bagasi mobil, kemungkinan akan menyebabkan kerusakan. Hal tersebut juga akan mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab kerusakan pintu bagasi berikut ini.

Baca Juga : Perawatan Mobil Matic vs Manual yang Perlu Kalian Ketahui

Membuka dan Menutup Pintu Sembarangan

Bagian hidrolik, tentunya tidak bisa memaksanya secara otomatis. Hal itu karena bisa membuka dan menutup secara manual. Sehingga hal ini sering menjadi penyebab kerusakan pintu pada bagasi mobil.

Biasanya mulai dari cara membuka dan menutup pintunya. Terkadang melakukan hal tersebut secara sembarangan. Mulai dari membukanya sedikit memaksa. Bahkan cara menutupnya dengan cara yang kasar. Terlebih apabila terlalu sering membantingnya.

Apabila hal tersebut masih menjadi kebiasaan Anda, pastikan untuk membuka dan menutup pintunya secara perlahan. Hal tersebut tujuannya agar pegas pada bagian hidrolik tidak mengalami kerusakan.

Cara atasi bagian pintu bagasi tidak bisa dibuka atau mengalami kerusakan yakni memulainya dari kebiasaan sendiri. Sebaiknya Anda selalu berhati-hati saat membuka dan menutupnya.

Tidak Pernah Membersihkan Bagian Hidrolik

Penyebab lainnya yang sebenarnya terkesan sepele, apabila Anda tidak pernah membersihkan bagian hidrolik. Terlebih karena posisinya pada bagian belakang mobil. Bahkan hanya akan berfungsi saat terpakai.

Baca Juga : Mobil Pintu Geser, Gunakan Perawatan yang Tepat Secara Rutin

Cara satu ini juga merupakan sebuah pemikiran yang salah. Pada setiap komponen mobil, termasuk bagian pintu bagasinya, pastinya tidak akan lepas dari debu dan kotoran.

Sehingga Anda perlu memastikan untuk membersihkan bagian tersebut secara rutin. Tidak hanya membersihkannya, namun merawat bagian shock hidrolik pintu bagasinya.

Caranya dengan menggunakan lap kering dan pastikan teksturnya lembut. Setiap pemilik mobil memang harus mengetahui cara merawatnya dengan tepat.

Cara Mengatasinya

Apabila bagian pintu bagasi tidak bisa dibuka, Anda perlu mengatasinya. Untuk itu, ketahui beberapa hal yang perlu Anda lakukan pada pintu bagasi berikut ini.

Buka dan Tutup Pintu Bagasi Secara Perlahan

Anda sebaiknya membiasakan cara membuka dan menutup pintu bagasi dengan benar. Pastikan membuka dan menutupnya secara perlahan. Hal itu agar bagian pegas hidrolik tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Cara Merawat Cat Mobil Hitam agar Tetap Terlihat Mengkilap

Apabila pegas hidrolik mengalami kerusakan, akibatnya pintu bagasi tersebut akan menjadi melemah. Bahkan akan mudah untuk turun ke bawah. 

Bersihkan Poros Shock Hidrolik

Mengingat keseluruhan komponen pada setiap kendaraan. Komponen tersebut tidak akan terlepas dari debu dan kotoran. Untuk menghindari pintu bagasi tidak bisa dibuka, maka langkah yang dapat Anda lakukan dengan cara membersihkannya.

Membersihkan bagian shock hidrolik bagasi. Hal itu agar kotoran dan debu tidak lagi menempel. Anda juga dapat menggunakan lap kering dengan tekstur yang lembut.

Anda juga dapat menggunakan chamois untuk membersihkannya. Pastikan tidak menggunakan lap atau kain dengan tekstur kasar. Hal itu untuk memastikan tidak menimbulkan baret pada komponen mobil.

Hindari Menggunakan Amplas

Cara lainnya untuk dapat membersihkannya, sebaiknya menghindari penggunaan amplas apabila permukaan batang as tampak tidak rata. Fungsi kerja dan mekanisme pada bagian hidrolik kemungkinan akan terganggu.

Penting memastikan perawatan shock hidrolik pintu bagasi mobil secara tepat. Membersihkannya secara teratur dan konsisten. Sehingga akan menghindari terjadinya kerusakan. Selain itu, akan membuat kondisi keamanan dalam bagasi lebih terjamin.

Kondisi pintu bagasi tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebaiknya selalu melakukan perawatan pada bagian pintu bagasi agar tidak mudah rusak. Perawatan yang tepat akan membuat mobil selalu terasa aman dan nyaman selama berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Eva