spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruPiston Rem Cakram Tidak Kembali, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Piston Rem Cakram Tidak Kembali, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

- Advertisement -

Piston rem cakram tidak kembali dapat disebabkan oleh kotoran dan karat. Kerusakan rem sebagai salah satu kerusakan yang cukup mengkhawatirkan. Hal itu dapat terjadi pada sebagian pengguna kendaraan roda dua dan roda empat.

Masalah ini akan dapat mengakibatkan kendaraan mengalami kecelakaan. Misalnya menabrak kendaraan lainnya atau kendaraan dapat masuk ke dalam jurang. Sehingga akan membahayakan nyawa bagi para pengemudi dan penumpangnya.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Panas dan Cara Mengatasinya

Pada permasalahan ini tidak hanya memicu rem blong saja, namun adanya masalah lain dengan sistem rem yang cukup berisiko. Permasalahan lainnya pada saat piston rem terasa seret atau sedikit macet.

Inilah Beberapa Penyebab Piston Rem Cakram Tidak Kembali

Saat terjadi masalah pada bagian piston yang tidak kembali, untuk itu ketahui beberapa penyebab masalah pada piston berikut ini.  

Piston Rem Berkarat

Bagian piston yang berkarat seringkali menjadi penyebab rem cakram kendaraan macet atau tidak kembali. Sehingga karena berkarat, maka bagian tersebut yang bisa bergerak maju mundur ketika proses pengereman tidak akan bekerja dengan baik.

Terlebih minimnya melakukan perawatan pada komponen tersebut. Sehingga nantinya dapat menjadikan masalah yang serius. Seperti halnya bagian karet penutup piston yang rusak dan robek. Maka mengakibatkan bagian piston rem menjadi karat dan lengket.

Kondisi tersebut menyebabkan piston tidak bisa kembali ke posisinya awalnya. Hal itu karena lengket dan menjadikan piston akan terus menerus mendorong kampas rem.

Piston cakram pada rem yang mengalami kerusakan, tentunya akan menjadikan penyebab rem mobil rusak. Apabila kinerja piston tidak lagi elastis dan menurunkan fungsinya.

Sebagai pemilik kendaraan perlu melakukan pengecekan secara rutin. Terutama pada bagian komponen rem kendaraan tersebut. Apabila piston rem cakram tidak kembali, perlu segera untuk membawanya ke bengkel, untuk melakukan perbaikan dan penggantian komponen tersebut.

Piston Rem Kotor

Piston merupakan bagian rem yang bergerak saat kampas rem ditekan. Kemudian akan kembali pada posisi awanya saat rem dilepas. Namun di balik fungsi pentingnya komponen tersebut, piston merupakan komponen dalam rem yang mudah kotor.

Terlebih apabila jarang menjalani pemeriksaan bagian dalamnya, maka kotoran akan semakin bertambah,. Itulah yang membuat Anda nantinya semakin sulit membersihkannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rem Masuk Angin Agar Tidak Blong 

Bahkan menyebabkan gerakan piston menjadi seret dan rem macet, sSehingga tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya. Baik masalah kotoran atau karat pada piston rem. Hal itu termasuk faktor utama penyebab piston rem cakram tidak kembali.

Kampas Rem Tidak Sesuai Spesifikasi

Terdapat dua jenis kampas rem yang dibedakan menurut teksturnya. Jenis kampas dengan tekstur kasar dan tekstur lunak. Sementara saat ini kebanyakan kendaraan menggunakan jenis kampas rem dengan tekstur kasar. Hal itu bertujuan agar rem lebih awet, tidak hanya akan terhindar dari debu.

Namun jenis kampas rem yang cocok untuk setiap kendaraan tentunya berbeda satu sama lain. Hal tersebut tergantung pada setiap kebutuhan kendaraan.

Apabila pemasangan kampas rem yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan, hal itu akan menyebabkan komponen tersebut tidak berfungsi maksimal. Salah satunya pada kondisi rem macet atau seret. Sehingga piston rem cakram menjadi tidak kembali. Maka, penting untuk mengetahui jenis kebutuhan kampas rem secara lebih tepat.

Cara Mencegah Terjadinya Masalah pada Piston

Pada bagian dalam kaliper bermasalah, akan menjadikan sistem pengereman yang tidak maksimal. Bahkan juga cenderung membahayakan penggunanya. Masalah itu terjadi pada bagian piston.

Piston tersebut yang mendorong pada bagian kampas rem. Letak piston sendiri terdapat di balik kampas rem sisi dalam.

Sementara untuk melakukan perawatan piston, perlu melepas kampas rem terlebih dahulu. Yaitu dengan melepas baut L yang mengunci kampas rem tersebut.

Setelah terlepas, akan melihat piston kaliper dan karat yang menyebabkan masalah. Sedangkan untuk mengeluarkan piston tersebut, dengan cara menariknya menggunakan tang. Selain itu dengan cara memompa handle rem.

Sementara untuk membersihkan permukaan piston tersebut dari karat, dengan menggunakan sikat kawat. Apabila bagian yang berkarat sudah hilang, kemudian bersihkan piston juga dengan bensin dan merakitnya kembali. Pastikan membersihkan piston di kaliper dan melakukan pengecekan minyak rem.

Jadi, piston rem cakram tidak kembali dapat disebabkan adanya kotoran dan karat. Oleh karena itu, untuk dapat menghindari masalah tersebut, dengan melakukan pengecekan secara rutin. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -