Meski Masih Pandemi, Puluhan Warga Kota Banjar Pilih Jadi TKI

Meski Masih Pandemi, Puluhan Warga Kota Banjar Pilih Jadi TKI
Ilustrasi TKI. Foto:Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Walaupun saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, puluhan warga Kota Banjar, Jawa Barat, memilih jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar membenarkan hal itu Rabu (4/8/2021).

Ia menyebut, selama tahun 2021 pihaknya telah merekomendasikan 25 orang warga Banjar untuk menjadi tenaga kerja luar negeri atau TKI.

“Untuk masalah jadi berangkat atau tidaknya ke luar negeri kita tidak tahu, karena itu ranahnya perusahaan atau agen penyalur, mereka pun harusnya membuat laporan ke Dinas,” ujar Asep Tatang kepada HR Online.

Baca Juga: Perselingkuhan Dominasi Kasus KDRT Selama Pandemi di Kota Banjar

Asep mengakui jika selama pandemi Covid-19 ini, rekomendasi pemberangkatan TKI ke luar negeri di Kota Banjar, turun secara signifikan.

“Tahun 2020 kemarin kita hanya rekomendasikan 22 orang, sementara tahun 2019 sebelum ada pandemi mencapai 100 orang,” jelasnya.

Pihaknya berharap kepada agen atau penyalur TKI agar rutin memberikan laporan kepada Dinas jika ada kliennya yang sudah bekerja di luar negeri.

“Kita butuh laporan itu, agar bisa menginput berapa jumlah warga Kota Banjar yang menjadi TKI di luar negeri,” pungkas Asep Tatang. (Sandi/R8/HR Online)

Editor: Jujang