Review iPhone 12 Pro Max, Bawa Layar Terbaik dan Frame Kuat

iPhone 12 Pro Max
iPhone 12 Pro Max. Foto : Net/Ist

iPhone 12 Pro Max menjadi salah satu ponsel terakhir yang rilis pada tahun 2020 lalu. Ponsel besutan Apple ini rilis kali pertama pada 13 November 2020.

Sementara kehadirannya ke pasar ponsel Indonesia, Apple membawa seri 12 tersebut pada akhir tahun 2020. Selain seri 12 Pro Max, Apple juga membawa seri lainnya, yakni seri 12 (reguler), 12 Mini dan 12 Pro.

Baca Juga : Infinix Hot 11S Meluncur Bulan Depan, Ini Bocoran Spesifikasinya

Semua seri tersebut harganya dan spesifikasinya berbeda-beda. Dan yang paling tinggi dari varian itu adalah seri 12 Pro Max.

Review Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

Sebagai ponsel kelas atas, tentu spesifikasi dari seri 12 Pro Max tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu terbukti dari bagian layar, dapur pacu dan sebagainya.

Layar dan Desain

Ponsel yang satu ini memiliki layar yang lebar dengan ukuran 6,7 inci. Untuk resolusinya mencapai 1284 x 2778 piksel dengan aspek rasio 19.5:9.

iPhone 12 Pro Max juga membawa layar Super Retina XDR OLED. Kelebihan dari layar berpanel seperti itu adalah mempunyai tingkat kecerahan yang tinggi. Selain itu juga memiliki kontras luar biasa, serta gamut warna lebar dengan standar bioskop.

Bukan hanya itu, panel Super Retina XDR tersebut juga sudah dilengkapi dengan HDR atau Rentang Dinamis Tinggi. Fitur ini mampu menampilkan area terang maupun gelap dengan jelas.

Selain itu tersedia juga fitur Dolby Vision atau HLG yang ternyata lebih mengesankan dari seri sebelumnya.

Sementara untuk bagian proteksi, iPhone 12 Pro Max membawa pelindung dari Ceramic Shield, yang lebih tangguh dari kaca pada ponsel pintar manapun.

Selain itu, bagian framenya menggunakan bahan baja tahan karat sekelas peralatan bedah.

Baca Juga : HP Realme C11 2021, Ponsel Rp 1 Jutaan dengan Baterai Besar

Sedangkan untuk ukuran secara keseluruhan, iPhone 12 Pro Max ini mencapai 160.8 x 78.1 x 7.4 mm, dengan berat 228 gram.

Kelebihan lainnya, sudah berbekal sertifikat IP68 dust/water resistant, yang bisa bertahan pada kedalaman 6 meter dalam waktu 30 menit.

Pada bagian warna tersedia dalam banyak pilihan, antara lain Abu-abu Grafit, Perak, Biru Pasifik dan terakhir Emas.

Dapur Pacu

Sementara untuk dapur pacunya, iPhone 12 Pro Max ini memakai tenaga dari chipset Apple A14 Bionic, dengan ukuran 5-nanometer yang pertama dalam industri. Chipset tersebut merupakan komponen canggih dengan ukuran selebar atom.

Prosesor dengan bantuan CPU Hexa-core dan GPU Apple GPU tersebut, mempunyai transistor 40% lebih banyak. Tidak hanya untuk meningkatkan kecepatan, akan tetapi juga meningkatkan efisiensi baterai.

Sedangkan sebagai pendukung performa, terpasang RAM dan ROM dengan kapasitas 6 GB / 12 GB, kemudian, 6 GB / 256 GB dan terakhir paling tinggi 6 GB dengan internal memori 512 GB.

Quad Camera di Belakang dan Dual di Depan

Ponsel iPhone 12 Pro Max bukan hanya handal dalam performa dan layarnya, namun juga kamera belakang maupun depan juga tidak kalah keren.

Empat kamera belakang yang ada pada seri 12 Pro Max tersebut yaitu antara lain, resolusi 12 MP, 12 MP, 12 MP dan TOF 3D. Kemudian bagian depan terpasang lensa 12 MP dan SL 3D.

Baca Juga : HP Nokia XR20, Smartphone Tangguh Standar Militer

Adapun kemampuan dari kamera belakangnya itu, untuk lensa Wide dengan aperture ƒ/1.6 yang memiliki kemampuan untuk menangkap 27 persen lebih banyak cahaya.

Kemudian, OIS membuat 5 ribu kali penyesuaian per detik. Dan kamera LiDAR yang menawarkan fokus otomatis 6 kali lebih cepat dalam pencahayaan rendah.

Sedangkan pada kamera selfie tersebut, bukan hanya piawai mengambil swafoto. Namun, kamera depan iPhone 12 Pro Max tersebut juga bisa merekam video dengan resolusi 4K@24/30/60fps.

Baterai

Sementara untuk kapasitas baterainya, seri 12 Pro Max ini sebesar 3687 mAh. Ponsel besutan Apple ini juga membawa fitur fast charging 20W, yang diklaim bisa mengisi ulang baterai 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, bisa mengisi ulang daya baterai dengan turbo. Hal itu berkat adanya Qi magnetic fast wireless charging 15W dan juga USB Power Delivery 2.0.

Kemudian pada sistem operasi, seri 12 Pro Max ini sudah menggunakan iOS 14. Sedangkan sistem keamanan memakai sensor Face ID.

iPhone 12 Pro Max juga dilengkapi kecepatan LTE sampai 2 Gbps. Sehingga Anda dapat mengunduh file besar, mengunggah foto, dan streaming video berkualitas tinggi lebih cepat dari sebelumnya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto