Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruRuang TV Bawah Tangga Minimalis, Simpel dan Kreatif

Ruang TV Bawah Tangga Minimalis, Simpel dan Kreatif

Ruang TV bawah tangga minimalis bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan tata ruang yang simpel namun rapi. Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi pilihan agar lebih berfungsi. Karena pastinya keluarga menginginkan hunian yang nyaman. 

Daripada dibiarkan kosong, maka akan lebih baik jika difungsikan untuk mendukung kegiatan keluarga sehari-hari. Terutama dengan menjadikannya ruang TV dapat menjadi ruang santai untuk keluarga. 

Inspirasi Penataan Ruang TV Bawah Tangga Minimalis

Perlu adanya penataan yang tepat agar ruangan dapat menjadi bagian dari estetika desain interior yang cantik.

Namun, untuk sekedar pengingat bahwa ruang bawah tangga tersebut umumnya memang tidak berlaku untuk semua jenis tangga. Pada tangga spiral dan tangga ladder akan kurang ideal jika dibuat untuk ruang TV. 

Dalam hal ini Anda hanya perlu menempatkan beberapa perlengkapan untuk menjadikannya ruang TV yang sempurna. Hal yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang TV adalah sebagai berikut. 

Baca Juga : Bahan Alami untuk Pengharum Ruangan, Tak Kalah Wanginya dari Parfum

Memilih Ukuran TV yang Sesuai

Ruang TV bawah tangga minimalis pertama adalah menyesuaikan tempat atau ruang, apakah luas atau sempit. Apabila ruangannya cukup luas, maka Anda bisa memilih ukuran TV yang cukup besar.

Namun sebaliknya, jika ruang tersebut sempit, maka sebaiknya mengutamakan ukuran TV yang sesuai untuk Anda tempatkan di sana. 

Hal ini adalah menyesuaikan agar lebih terlihat proporsional, karena nantinya akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam beraktivitas pada ruang tersebut. 

Jarak Pandang

Selanjutnya dalam mempersiapkan penataan ruang TV bawah tangga minimalis yang perlu Anda perhatikan adalah jarak pandang. Memilih TV tentu harus Anda atur jarak pandangnya.

Karena hal ini juga dapat mempengaruhi kenyamanan saat menonton TV dan menikmati kebersamaan ketika melepas lelah. 

Baca Juga : Penataan Ruang Tengah Agar Penghuni Rumah Semakin Nyaman

Meletakkan Rak TV 

Selanjutnya dalam meletakkan TV, Anda bisa menaruhnya dengan memasang di dinding. Namun jika hal tersebut kurang menarik, maka Anda bisa menambahkan rak TV, sekaligus rak untuk menaruh hiasan berupa bunga, buku, dan masih banyak lagi. 

Namun yang menjadi pertimbangan, pilihlah rak simpel dan tidak menghabiskan ruangan. Pilihlah yang sesimpel mungkin sehingga tidak membuat ruang terlihat penuh. 

Anda bisa menambahkan rak pajangan dengan model tertentu, tapi tetap fungsional untuk diletakkan di bawah tangga. Rak pajangan tersebut bisa dengan desain interior seperti rak buku atau rak yang lebih minimalis. 

Menambahkan Karpet

Selanjutnya adalah menerapkan karpet pada bagian depan TV. Pilihlah karpet yang sesuai dengan desain rumah Anda.

Selain itu, untuk mendapatkan ruang TV bawah tangga minimalis juga penting memadukan corak dan motif dengan dinding. Sehingga ruangan akan lebih indah dan cantik. 

Baca Juga : Taman Kering Bawah Tangga Mempercantik Ruangan, Ini Cara Buatnya

Menempatkan Tanaman Hijau

Untuk menambah variasi dalam ruang TV tersebut, Anda dapat menempatkan tanaman hijau pada sebelah TV. Pilihlah tanaman yang simpel dan tidak rindang. Karena tanaman hijau ini hanya sebagai pemanis ruang TV. 

Pilihlah tanaman yang mudah perawatannya dan kuat dalam ruang yang tidak terpancar sinar matahari. Anda bisa memilih kaktus, lidah buaya, atau tanaman hijau lainya. Selain itu, Anda juga dapat menaruhnya dalam rak samping TV dengan rak kecil. 

Meletakkan Sofa Kecil

Jika ruangannya agak besar, Anda bisa menempatkan sofa kecil pada ruang TV tersebut. Hal ini mampu memberikan kenyamanan bagi keluarga yang ingin bersantai dan menghabiskan waktu libur dengan nyaman. 

Memperhatikan Detail Instalasi 

Hal yang penting dari desain ruang TV bawah tangga minimalis adalah memperhatikan instalasi elektrikal pada desain ruang TV. Terutama jika ruang TV tersebut lengkap dengan audio system, atau perangkat elektronik gaming.

Pastikan Anda menyediakan saklar yang cukup dan berada pada posisi yang tidak mengganggu. Upayakan kabel instalasi tidak berantakan, buatlah alur yang tepat sehingga terlihat rapi dan tidak beresiko. 

Selain itu, untuk mewujudkan desain ruang TV yang sempurna, Anda juga perlu memilih perabot pelengkap yang tepat. Karena memegang peranan penting dalam memaksimalkan desain rumah impian yang lebih indah dan nyaman. 

Kemudian, jauhkan pula barang-barang yang tidak bermanfaat, karena hanya akan membuat ruang TV Anda menjadi sempit.

Ruang TV bawah tangga minimalis tersebut menjadi desain interior yang menunjang keindahan ruangan. Sekaligus menjadi solusi penataan terbaik untuk memanfaatkan ruang kosong bawah tangga yang lebih efektif. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img