Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruSatelit yang Siarkan Liga Eropa, Dari Gratisan Sampai Berbayar

Satelit yang Siarkan Liga Eropa, Dari Gratisan Sampai Berbayar

Satelit yang siarkan liga top Eropa kini menjadi incaran para pencinta sepakbola, terutama yang menggunakan antena parabola.

Sebab, tidak sedikit masyarakat yang memakai parabola, namun sangat susah bahkan hampir tidak mungkin dapat menyaksikan siaran olahraga seperti sepakbola.

Sedangkan untuk yang menggunakan antena atau jalur terestrial seperti TV analog UHF maupun digital tidak akan kesulitan. Selain itu juga TV berbayar atau berlangganan yang sudah termasuk paket siaran sepakbola.

Daftar Satelit yang Siarkan Liga Eropa

Belum lama ini, pertandingan sepakbola liga top Benua Biru atau Eropa sudah bergulir. Termasuk liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan lainnya.

Seperti kita ketahui, bahwa pertandingan sepakbola, khususnya liga Eropa banyak peminatnya dari masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Frekuensi TVRI Terbaru di Satelit Palapa D dan Telkom 4 Parabola

Akan tetapi, masalahnya adalah tidak sedikit yang kecewa karena tidak bisa menyaksikan persaingan antar klub elit Eropa secara gratis terutama pengguna parabola dengan receiver biasa.

Hal tersebut karena adanya hak siar liga Eropa yang memang tidak bisa dinikmati secara gratis. Seperti Mola TV yang harus berlangganan, serta Liga Inggris yang hak siarnya juga oleh Emtek Group. Selain itu, Liga Italia yang di Indonesia dipegang oleh RCTI.

Dan semua channel televisi yang siarkan Liga Eropa tersebut, untuk pengguna parabola memang tidak sulit untuk mendapatkan satelitnya.

Namun masalahnya adalah, ketika siaran sepakbola sudah kick off bahkan akan mulai, pihak yang memegang hal siar langsung menyensornya.

Tapi tenang, bagi Anda pencinta sepakbola dan menggunakan parabola masih bisa menyaksikan secara gratis pemain kesayangan Anda bertanding.

Liga Inggris

Seperti diulas di atas, bahwa yang memegang hak siar untuk pertandingan Liga Inggris adalah Mola TV dan Emtek Grup seperti SCTV maupun O Channel. Dan pertandingan sepakbola pada channel tersebut tidak bisa Anda saksikan secara gratis untuk pengguna parabola.

Namun jangan khawatir. Pasalnya, masih ada satelit yang siarkan liga top Eropa termasuk Inggris secara free alias tidak berbayar. Satelit tersebut adalah Thaicom 5/6 C Band untuk channel PPTV HD 36.

Satelit milik Thailand ini memang menjadi favorit para penggemar olahraga. Sebab, tidak jarang PPTV HD menyiarkan pertandingan olahraga termasuk Olimpiade 2020 kemarin.

Namun karena satelit Thaicom 5/6 yang siarkan Liga Eropa secara gratisan tersebut bukan milik Indonesia, jadi Anda harus mengubah arah antena parabola.

Sebelumnya parabola yang menangkap satelit Telkom 4, maka Anda wajib menggesernya ke arah barat.

Tapi, terlebih dulu Anda harus memasukkan TP atau frekuensi dari PPTV tersebut, pada receiver parabola.

Sebagai informasi, bahwa TP dari channel PPTV HD 36 tersebut adalah 3760 H 30000 untuk MPEG2 atau SD. Sedangkan untuk HD frekuensinya adalah 4080 H 30000.

Sedangkan tipe acakan yang channel ini gunakan yaitu Bisskey. Jadi Anda masih bisa membuka sensor asalkan memasukkan kode bisskey tersebut.

Satelit lainnya yang siarkan pertandingan sepakbola negara Eropa yaitu Liga Inggris adalah Apstar 6 dari CBS Grup. Channel milik CBS Grup yakni antara lain CNC, CTN dan My TV.

Namun belum ada kepastian dari channel tersebut, apakah akan menyiarkan Liga Inggris atau tidak.  

Liga Jerman

Selain Liga Inggris untuk Jerman juga tidak sedikit peminatnya. Sebab Jerman sendiri termasuk salah satu negara yang memiliki klub sepakbola terbaik di Eropa.

Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan siaran negara Eropa yakni Liga Jerman ini, maka Anda harus mengubah arah parabola ke satelit Thaicom 5/6.  

Baca Juga : TP Satelit Indonesia 2021 Untuk C-band, Ini Daftarnya

Masih sama dengan Liga Inggris, untuk channel yang menayangkan Liga Jerman adalah PPTV SD/HD.

Liga Italia

Berbeda dengan Liga Inggris dan Jerman, untuk Liga Italia tidak bisa disaksikan via antena parabola. Jadi, bagi Anda yang ingin menyaksikan Liga Italia ini secara gratisan, maka hanya bisa lewat RCTI via jalur terestrial seperti TV analog UHF maupun digital.

Liga Belanda dan Spanyol

Asiasat 5 lewat feed-nya menjadi satelit favorit bagi para pengguna parabola yang ingin menyaksikan siaran Liga Eropa.

Seperti Eredivisie atau Liga Belanda yang masih bisa Anda saksikan lewat parabola secara gratis. Anda hanya tinggal mengubah arah parabola dari Telkom 4 ke satelit Asiasat 5 ke arah barat.

Meski memang untuk menyaksikannya, Anda juga harus memasukkan kode bisskey. Dan bisa didapatkan di forum-forum satelit yang ada di media sosial.

Sementara untuk siaran Liga Eropa lainnya yakni Spanyol, memang bisa Anda saksikan via satelit Asiasat 5 lewat jalur feed.

Akan tetapi berbeda dengan Eredivisie, untuk La Liga ini kemungkinan besar tidak bisa membuka sensor atau acakannya. Sebab, feed-nya menggunakan acakan 4:2:2 yang tidak bisa dibuka pada receiver parabola biasa.

Jadi, jika satelit parabola tersebut siarkan liga Eropa tidak gratisan, maka alternatif lainnya adalah menyaksikannya lewat streaming. Selain itu juga bisa menyaksikan tim sepakbola Eropa kesayangan berlaga dengan berlangganan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto