Satgas Covid-19 Unigal Gelar Tes GeNose di Kertasari Ciamis

Satgas Covid-19 Unigal Gelar Tes GeNose di Kertasari Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satgas Covid-19 Universitas Galuh (Unigal) menggelar sosialisasi dan tes GeNose di Kelurahan Kertasari, Ciamis, Sabtu (28/08/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi program pengabdian masyarakat dan penanganan penyebaran covid-19 di lingkungan masyarakat.

Dekan FIKes sekaligus Tim Satgas Covid Unigal, Tita Rohita, S.Kep.,Ners, MM.,M.Kep., membenarkan kegiatan sosialisasi dan tes GeNose di Kertasari.

Tita menuturkan, kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Unigal dengan Kelurahan Kertasari dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Tita, GeNose C19 merupakan alat untuk mendeteksi infeksi virus covid-19 lewat embusan nafas. Dan tes GeNose menjadi alternatif skrining awal untuk mendeteksi penyebaran covid.  

GeNose C19 memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi virus corona lewat volatile organic compound (VOC) atau senyawa organik yang mudah menguap.

Tita mengungkapkan, VOC terbentuk karena infeksi virus corona. VOC dapat terdeteksi ketika keluar bersama embusan napas.

Pada tes GeNose, warga yang menjalani pemeriksaan, diminta mengembuskan napas ke sebuah alat berbentuk tabung.

Selanjutnya, alat sensor pada tabung akan mendeteksi VOC dalam napas yang diembuskan.

Untuk mendeteksi ada tidaknya VOC tanda infeksi covid-19, GeNose hanya memerlukan waktu 2 sampai 3 menit.

Tita menjelaskan, pada kegiatan kali ini, Satgas Covid-19 Unigal menyediakan satu set peralatan tes GeNose.

“Target awal jumlah warga Kertasari yang mengikuti tes GeNose kali ini sekitar 30 orang. Dan warga yang mengikuti tes GeNose tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Menurut Tita, pada pelaksanaan program kali ini, warga Kertasari cukup antusias mengikuti sosialisasi dan tes GeNose yang Satgas Covid-19 Unigal laksanakan.

Pada kesempatan itu, Tita juga merekomendasikan warga yang terdeteksi positif Covid-19 untuk segera melapor ke Satgas Kabupaten atau menjalani tes PCR.

Ketua LPPM Unigal, Dedi Sutrisna, Drs.,M.Si., mengamini kegiatan program pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi dan tes GeNose kali ini.

Menurut Dedi, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama semua pihak, LPPM, Mahasiswa Program KKN, Satgas Covid Unigal serta Kelurahan Kertasari.

Dedi juga mengapresiasi keterlibatan kelompok mahasiswa KKN di Kelurahan Kertasari dalam menyukseskan acara sosialisasi dan tes GeNose.

“Ini merupakan bentuk pengabdian Unigal kepada masyarakat, yakni dalam rangka memutus mata rantai covid-19,” ucapnya.

Dedi berpendapat, tes GeNose merupakan pilihan alternatif dan bisa membantu masyarakat mendeteksi tubuh apakah terpapar virus corona atau tidak.

Dedi juga mengaku mengikuti secara langsung tes GeNose. Ia beruntung, hasil tes menunjukkan dirinya negative covid-19.

Pada kesempatan itu, Dedi mengajak masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran covid-19 serta tetap mematuhi protokol kesehatan (protokol) yang sudah pemerintah tetapkan.