spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruSholat Subuh Kesiangan, Inilah yang Harus Dilakukan

Sholat Subuh Kesiangan, Inilah yang Harus Dilakukan

- Advertisement -

Sholat subuh kesiangan mungkin saja yang pernah Anda alami. Padahal kita tahu bahwa mengerjakan sholat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Jika kita meninggalkan amal ibadah tersebut, maka kita akan mendapatkan dosa besar.

Lalu apa yang harus kita lakukan, apabila mengalami kesiangan untuk sholat subuh? Apakah tidak usah sholat saja dan segera melanjutkan kegiatan, atau tetap sholat? Tapi apakah Allah SWT masih menerimanya? Bagaimana solusi terbaiknya?

Bagi Anda yang pernah subuh kesiangan, pastinya pertanyaan tersebut, terus menghantui. Apalagi Anda masih belum tahu, apa yang seharusnya dilakukan. Untuk itu penting sekali kita mempelajari lebih dalam lagi agama Islam. Mungkin bagi beberapa orang, hal tersebut sepele. Akan tetapi justru kita bisa mendapatkan kerugian dunia, akhirat malahan.

baca juga: Doa Agar Cepat Punya Anak Sesuai Ajaran Islam

Sholat Subuh Kesiangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surat An-nisa ayat 103 menjelaskan itu adalah perkara wajib yang sudah ditentukan kapan waktunya bagi orang-orang yang beriman.

Jika kita amati lebih dalam lagi sekarang ini banyak orang yang lebih suka begadang. Sehingga waktu untuk sholat subuh lebih banyak ia lewatkan juga lebih memilih untuk tidur.

Padahal dalam Islam mengajarkan tidak ada dosa besar selain melakukan kejelekan. Bahkan, yang paling berat adalah dosa ketika meninggalkan sholat sampai waktunya sudah habis.

Perlu Anda ketahui bahwasanya, ketika kita mengalami peristiwa sholat subuh kesiangan, hal yang harus kita lakukan adalah tetap melaksanakannya.

Mengapa demikian? Bukankah terdapat pepatah yang mengatakan bahwasanya lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

Hal tersebut seperti halnya hadis riwayat Bukhari Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, siapapun yang lupa atau tertidur pada waktu shalat atau dari shalat, maka kafarat atau tebusan yang harus ia lakukan adalah tetap melaksanakan salat tersebut ketika mengingatnya.

Abu Qotadah, Rasulullah SAW bersabda, seseorang yang tertidur itu bukan berarti ia lalai untuk melaksanakan sholat. Ia juga tidak bisa dikatakan sudah meninggalkan shalat. Karena yang lalai adalah mereka yang sengaja meninggalkan sholat dalam keadaan sadar.

Hal yang harus Anda lakukan ketika mengalami sholat subuh kesiangan adalah, jangan terburu-buru. Karena terburu-buru itu merupakan perilaku dari setan. Kemudian setelah itu, silakan Anda membaca istighfar minimal tiga kali.

Silahkan Anda mengambil wudhu dengan urut rukunnya sebagaimana mestinya. Setelah wudhu, silakan melaksanakan shalat subuh dengan khusyuk. Jangan lupa berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Alangkah lebih baiknya, Anda juga tidak melakukan segala hal yang merugikan diri sendiri. Misalnya adalah begadang yang menyebabkan sholat subuh kesiangan.

baca juga: Menangis Saat Shalat Ternyata Berbahaya, Simak Penjelasannya

Rasulullah SAW Pernah Sholat Telat Waktu

Perlu menjadi pengetahuan penting untuk Anda bahwasannya Uswatun Hasanah kita Muhammad SAW pernah sholat subuh kesiangan.

Suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW bersama Abu Qotadah bepergian, sebagian sahabat yang mengusulkan untuk beristirahat sejenak.

Melihat hal tersebut, kemudian Nabi SAW bersabda. Ia khawatir apabila rombongannya nanti ketiduran sehingga tidak mengerjakan shalat. Akan tetapi Bilal sanggup untuk membangunkan mereka. 

Walaupun begitu, Bilal juga tertidur. Akhirnya, Nabi Muhammad SAW terbangun saat matahari Sudah terbit sembari berkata kepada Bilal, wahai Bilal, mana kesanggupan yang sudah kau ucapkan itu?.

Bilal pun menjawab “Sebelumnya saya tidak pernah merasakan tidur senikmat ini”.

baca juga: Manfaat Ingat Mati, Menyadarkan Semua yang Ada di Dunia Hanya Titipan

Mendengar jawaban dari Bilal, tersebut kemudian nabi berkata, sungguh Allah itu akan menggenggam ataupun menahan ruh kalian kapanpun Allah berkehendak. Allah juga akan mengembalikannya sesuai dengan keinginan-Nya. Bangkitlah wahai Bilal, dan segeralah mengumandangkan azan untuk shalat.

Kemudian setelah Rasulullah SAW berwudhu, dia mengerjakan shalat berjamaah bersama rombongannya. Saat itu juga matahari sudah terbit dan memutih. Oh iya, sholat yang kita kerjakan akan tetapi waktunya sudah habis disebut dengan shalat Qadha.

Jadi, alangkah lebih baiknya jika waktu sholat sudah tiba kita segera melaksanakan amalan wajib tersebut. Jangan malah menyengaja ketiduran sehingga waktunya habis.

Bahkan, jangan sampai Anda mengalami sholat subuh kesiangan, karena tidak berfaedah untuk kehidupan akhirat.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah, saat sholat subuh kesiangan karena suatu hal, kemudian jika Anda sudah bangun, maka silahkan segera melaksanakan amalan fardhu tersebut. Akan tetapi harus Anda ingat bahwasanya jangan sampai terburu-buru. Walaupun Anda sudah kesiangan, bukan berarti bisa melupakan kewajiban tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -