Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film The East: 2021, Cocok Jadi Tontonan Jelang Kemerdekaan

Sinopsis Film The East: 2021, Cocok Jadi Tontonan Jelang Kemerdekaan

Sinopsis Film The East yang memiliki judul asli De Oost dalam bahasa Belanda. Film yang mengisahkan perjuangan kala penjajahan ini cocok menjadi tontonan jelang kemerdekaan.

Film tahun 2020 ini berlatarkan kisah kala perang 1946 hingga 1947. Durasinya dua jam lebih dari tujuh belas menit dengan menggunakan bahasa Belanda.

Selain kisah perang kita akan banyak menonton adegan action. Namun tetap mengandung sejarah masa penjajahan yang terkemas dengan baik.

Sutradaranya yaitu Jim Taihuttu, yang ditulis olehnya bernama Mustafa Duygulu. Sedangkan kabarnya menghabiskan anggaran berkisar €6.6 million.

Sinopsis Film The East: 2021

Pada masa penjajahan yang masa Hindia Belanda tahun 1946. Kala Revolusi Nasional Indonesia yang akan diceritakan seorang tentara muda bernama Johan.

Sedangkan seorang Pemimpin Depot Speciale Troepen atau DST bernama Raymond Westerling. Bergabung bersama satuan khusus militer Belanda, yang bertugas dalam operasi Anti Gerilya.

Baca Juga: Sinopsis The Weight of Gold: 2020, Film Dokumenter Atlet Olimpiade

Berlokasi di Sulawesi Selatan selama dua tahun 1946 hingga 1946. Johan yang menjadi pasukan yang Raymond Westerling terpesona karena kepemimpinannya.

Saat itu Johan menjalankan misi untuk mempertahankan tanah dan bangunan Belanda yang ada di Semarang. Ketika itu ia menyamar menjadi penduduk lokal atau Hindia.

Sudut Pandang Johan

Ketika tentara masuk ke tanah air setelah kekalahannya pada Perang Dunia ke II. Hingga akhirnya ia bertarung dengan pikirannya sendiri.

Satu sisi ia menjalankan misi untuk mempertahankan tanah sesuai arahan dari Belanda. Namun ia juga merasakan bahwa ia harus membantu masyarakat tanah air dengan berbagai cara.

Hal ini jadi hal yang cukup membingungkan untuknya. Perang jadi hal yang terasa memilukan untuk perasaan terdalamnya.

Hingga ketika aksi pembantaian dilakukan oleh orang yang Johan kagumi. Raymond Westerling melakukan aksi tersebut dan mendapatkan perhatian dari pribadi Johan yang sedang berkecamuk.

Arah Cerita

Kenapa sinopsis film The East ini menjadi rekomendasi tontonan untuk tahun kemerdekaan? Pertama film ini memiliki kisah mengenai penjajahan yang cukup menarik.

Meski dibuat oleh orang Belanda, namun arah pengertiannya menggunakan perspektif terbuka. Bahkan kisah heroik dari tentara Belanda, perjuangan penduduk tanah air dan tentara muda dengan pemikiran terbukanya.

Kita akan melihat penjajahan dari sudut pandang berbeda yang jarang diangkat dalam sebuah sejarah. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita sebagai anak muda mau terus mengulik mengenai kisah penjajahan.

Penggambaran tokoh dan riset dalam film ini berhasil membangkitkna kisah masa lampau. Tanpa meninggalkan sejarah, fakta dan subjektif meski dengan pengemasan fiksi.

Sudut Pandang Sutradara

Sebagai seorang sutradara Jim Taihuttu asal Belanda namun ternyata memiliki keturunan tanah air, Maluku tepatnya. Bersama dengan Sander Verdonk yang juga berasal dari Belanda dan Shanty Harmayn asal Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Film Bullet Head Tahun 2017 Angkat Genre Thriller Kriminal

Berasal dari dua sudut pandang negara yang terlibat kala itu. Maka secara otomatis akan membawakan kisah yang tidak memberatkan fakta.

Sebagai seorang sutradara yang kakeknya terlibat dalam kisah nyata film ini, Jim Taihuttu tergerak hatinya. Melakukan riset sekitar empat tahun untuk mengumpulkan kepingan kisah yang tidak banyak orang ketahui.

Kisah yang mengangkat mengenai kejahatan perang ini tidak kita pelajari dalam pelajaran sekolah bukan? Sinopsis film The East ini akan hadir untuk membuka pikiran lebih kritis.

Kritik Pihak Belanda

Sebenarnya ketika film ini tayang, sudah mendapatkan respon yang menarik. Dari pihak Belanda justru sempat mengecam dan menilai film ini membuat fakta berputar balik bahkan kebohongan belaka.

Sempat mendapatkan gugatan ke FIN yang merupakan Federasi Veteran Indonesia yang ada di Belanda. Sedangkan dalam prosesnya justru memutuskan sinopsis film The East tidak bersalah.

Terjadinya pro dan kontra ini justru membuat para pengamat film tertarik untuk membahasnya. Mereka bahkan membuka ruang diskusi mengenai sejarah yang tidak banyak publik tau ini.

Generasi muda justru perlu tahu kisah sejarah menarik ini. Membuka pikiran namun tidak saling menyalahkan justru akan membangkitkan rasa nasionalisme, dengan fakta yang ada.

Cocok sekali jadi tontonan bulan kemerdekaan ini. Sinopsis film The East sudah tayang di Belanda 13 Mei 2021, selanjutnya kita sebaiknya generasi muda jangan kelewatan tontonan menarik yang satu ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -