Split Screen iPhone Alternatif Buka Dua Aplikasi Bersamaan, Ini Caranya

split screen iPhone
Ilustrasi Split Screen iPhone. Foto: Ist/Net

Split screen iPhone dapat memberikan solusi bagi Anda yang menggunakan perangkat iPhone dengan ukuran layar besar. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan pada perangkat iPhone atau iPad Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp di Jendela atas. Selain itu menggunakan aplikasi Google Chrome atau safari pada jendela lain untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Cara Menggunakan Split Screen iPhone

iPhone merupakan salah satu brand smartphone yang cukup banyak memiliki penggemar. Dalam smartphone ini terdapat fitur yang memungkinkan para pengguna untuk dapat mengakses serta menggunakan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu.

Fitur tersebut bernama split screen serta mode Multi Window. Bagi Anda para penggemar multitasking pada sebuah perangkat smartphone, maka fitur ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.

Baca Juga : Cara Mengganti Background Zoom di HP Android atau iPhone 

Sehingga, dengan hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus pada perangkat iPhone yang Anda gunakan.

Selain itu, fitur Split Screen iPhone juga sangat bermanfaat bagi para pengguna. Tentu yang mempunyai banyak akun dalam berbagai platform media sosial, dan mereka ingin menggunakannya dalam waktu bersamaan.

Cara Mengaktifkan Split Screen iPhone

Penting untuk Anda ketahui bahwa fitur ini tidak tersedia dalam setiap program, termasuk pada beberapa tema, aplikasi streaming serta platform panggilan video.

Baca Juga : Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Secara lebih jelasnya berikut ini beberapa langkah mengaktifkan fitur Split Screen iPhone antara lain:

  • Langkah pertama buka perangkat iPhone yang Anda gunakan
  • Selanjutnya pilih menu settings atau pengaturan
  • Lalu pilih Tampilan dan Kecerahan (Display dan Brightness), kemudian pilih View yang berada di bawah Display Zoom
  • Berikutnya Klik Zoomed > Set > klik Use Zoom
  • Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan aplikasi yang akan Anda tampilkan di layar. Selanjutnya tampilkan dua aplikasi pada bilah alat.
  • Berikutnya buka aplikasi utama yang akan Anda gunakan untuk berbagi layar dengan aplikasi kedua. Apabila Anda tidak ingin kedua aplikasi tersebut ditampilkan dalam ukuran yang sama, maka pilih salah satu yang paling banyak menggunakan luar layar.
  • Selanjutnya, pada bagian bawah layar, tarik ke atas untuk membuka bilah alat yang menyimpan jendela yang baru dibuka serta aplikasi yang telah tersemat. Dalam hal ini sebaiknya Anda memulai dengan aplikasi kedua.
  • Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan Split Screen iPhone adalah ketuk serta tahan aplikasi pada layar. Kemudian ambil serta pindahkan ke layar aplikasi pertama hingga kotak persegi panjang tipis muncul.
  • Lalu dapat menyeretnya ke sisi manapun sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan lepaskan untuk memposisikannya. maka layar aplikasi kedua pun akan muncul disebelah aplikasi pertama.

Cara Membagi Layar di iPhone dan iPad

Saat menggunakan Split Screen iPhone, akan ada satu aplikasi yang tampil dengan lebih banyak ruang layar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, ketuk bilah abu-abu yang terdapat pada bagian atas aplikasi kedua, kemudian pindahkan ke sisi layar Anda untuk menghilangkan sementara. Untuk menampilkan kembali ke layar, Anda kemudian menggesek dari bagian sisi yang telah Anda sembunyikan, maka aplikasi tersebut akan muncul kembali.
  • Apabila Anda kurang suka dengan aplikasi kedua yang terletak di atas aplikasi pertama, maka Anda dapat mengembalikannya pada mode layar terbagi dengan mengetuk dan tahan bilah abu-abu di atas aplikasi kedua. Kemudian gerakkan ke bagian bawah atau atas. Saat Anda melakukan hal ini, kedua layar akan nampak buram akan tetapi akan kembali cerah saat Anda lepaskan.
  • Jika Anda tidak ingin aplikasi kedua dengan posisi tersebut, lakukan langkah di atas dengan menggesernya ke samping.
  • Apabila Anda ingin salah satu aplikasi lebih banyak ruang dari aplikasi yang lain. Maka Anda cukup seret bilah di antara aplikasi ke kiri dan ke kanan.

Dengan menggunakan fitur Split Screen iPhone ini, selain memungkinkan Anda untuk melihat dua jendela atau dua aplikasi pada perangkat iPhone secara bersamaan. Juga dapat memungkinkan Anda untuk meninjau beberapa file atau menggunakan dua aplikasi media sosial secara bersamaan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto