Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Memasak ala Chef Renatta Moeloek, Makanan Sehat nan Lezat

Tips Memasak ala Chef Renatta Moeloek, Makanan Sehat nan Lezat

Tips memasak ala chef Renatta Moeloek bisa Anda sontek untuk menyajikan makanan sehat nan lezat. Karena makanan tidak hanya harus lezat, tapi juga harus mengandung nutrisi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Tentunya hal tersebut tidak cukup hanya dengan memilih jenis bahan makanan saja, tapi cara mengolahnya juga penting Anda kuasai.

Nah, untuk mendapatkan cita rasa makanan, ada beberapa cara memasak makanan yang sehat dan enak dari chef Renatta Moeloek.

Juri dalam acara Master Chef Indonesia itu mengatakan, memasak makanan yang sehat itu tidaklah susah, asal tahu trik ketika mengolahnya. Sehingga, nutrisi yang terkandung dalam makanan akan tetap maksimal, tidak hilang saat dimasak.

Mengutip dari siaran resmi Master Chef Indonesia, chef Renatta Moeloek mengatakan bahwa, untuk bahan-bahannya pun tidak perlu mahal atau ribet. Bahan yang sederhana juga bisa diolah menjadi makanan enak, sehat, dan bikin bahagia.

Makanan Sehat dan Lezat, Ini Tips Memasak ala Chef Renatta Moeloek

Baca Juga : Aplikasi Resep Masakan Terbaik Android, Solusi Tepat Belajar Memasak

Pilih Bahan Dasar Tinggi Protein

Salah satu zat penting untuk tubuh adalah protein. Karena protein bisa membantu tubuh memproses regenerasi sel-sel yang rusak.

Memperbanyak asupan zat penting dalam memasak makanan juga menjadi salah satu cara untuk menaikan hormon pengendali emosi atau dopamine. Sehingga kita akan merasa lebih bahagia dan senang.

Jadi selain dapat menyehatkan, mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein bisa berpengaruh pula terhadap mood kita.

Batasi Kandungan Lemak

Untuk menciptakan makanan yang sehat dan enak, dalam tips memasak ala chef Chef Renatta Moeloek ini juga menyarankan agar membatasi kandungan lemak.

Kurangi penggunaan mentega dan minyak supaya makanan mengandung rendah lemak. Selain itu, gunakan alat memasak yang mendukung, misalnya non stick cookware. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengoleskan minyak atau mentega terlalu banyak saat memasak.

Baca Juga : Seblak Sayur untuk Diet, Tidak Pakai Kerupuk

Walaupun harus memakai mentega atau minyak, bisa menyiasatinya dengan spray atau mengaplikasikan dengan menggunakan kuas kue. Bisa juga memasaknya menggunakan air atau kaldu, dan ganti penggunaan krim. Anda bisa gunakan susu yang rendah lemak.

Pertahankan Nutrisi Sayuran

Banyak vitamin yang terkandung dalam sayuran dan mudah larut oleh air, sehingga gampang hilangnya saat persiapan memasak.

Agar kandungan nutrisinya bisa tetap bertahan, Anda bisa ikuti tips memasak ala Chef Renatta Moeloek ini yang dapat mempertahankan kandungan nutrisi dalam sayuran.

Chef Renatta menyarankan agar mengukus atau menggunakan microwave ketika akan mengolah sayur, ketimbang dengan cara merebus.

Tapi kalau Anda lebih suka dengan cara merebus, gunakan saja sedikit air, serta hindari jangan sampai mendidih. Untuk mempertahankan nutrisi dan kesegarannya, akan lebih baik jika mengolah sayuran dengan cara ditumis.

Baca Juga : Resep Cloud Bread, Roti Unik yang Lagi Viral

Kukus, Rebus, dan Panggang

Tips memasak ala Chef Renatta Moeloek yang berikutnya yaitu mengolah makanan dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang. Cara ini sebagai alternatif yang dapat Anda pilih jika makanan yang Anda buat lebih sehat.

Pengolahan dengan cara tersebut selain dapat mempertahankan kandungan nutrisi dalam masakan, kandungan lemaknya juga akan lebih rendah ketimbang dengan cara menggoreng. Karena memang tidak memakai minyak yang berlebihan.

Gunakan Garam Secukupnya

Konsumsi garam secara berlebihan dapat memicu munculnya sejumlah masalah kesehatan. Dalam tips memasak ala Chef Renatta Moeloek ini mengungkap pula cara menguranginya.

Caranya, pilih sayuran yang masih segar daripada kalengan, dan kurangi daging yang sebelumnya telah diproses. Seperti halnya kornet atau smoked salmon, dan sup instan atau pasta.

Itulah beberapa tips memasak ala chef  Renatta Moeloek. Hasil olahan makanan pun tak hanya lezat, tapi juga bikin tubuh tetap sehat. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -