Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Mencuci Gamis Jersey Secara Tepat Agar Awet dan Tidak Rusak

Tips Mencuci Gamis Jersey Secara Tepat Agar Awet dan Tidak Rusak

Tips mencuci gamis jersey sangat penting dipahami. Gamis merupakan pakaian yang sering digunakan banyak muslimah. Begitu banyaknya model gamis dan bahannya membuat trend fashion semakin melejit. Bahan jersey sering dipilih menjadi busana untuk muslimah, baik gamis hingga hijab.

Pasalnya, bahan jersey memiliki tekstur yang adem, lembut, dan menyerap keringat. Hal ini mendorong setiap muslimah memilih bahan jersey untuk fashion favoritnya. Jersey memiliki sifat lentur, nyaman, dan tidak mudah lecek. Meskipun dipakai seharian, tetap nyaman.

Inilah Tips Mencuci Gamis Jersey yang Tepat

Pada dasarnya, setiap bahan memiliki cara perawatan masing-masing. Hal ini untuk mempertahankan keawetan dari bahan tersebut. Terutama bahan jersey.

Jika salah menerapkan perawatan, maka akan mengakibatkan bahan rusak. Berikut ini adalah tips mencuci dan merawat gamis jersey.

Hindari Mencuci dengan Mesin Cuci

Pertama, mencuci gamis berbahan jersey dengan menguceknya secara manual. Hindari penggunaan mesin cuci karena akan membuat bahan tersebut justru semakin melar.

Baca Juga : Pashmina Bahan Ceruti Menjadikan Penampilan Semakin Trendy

Jika tidak terlalu berkeringat, maka usahakan tidak sering mencucinya. Jika Anda terlalu sering mencucinya, maka justru akan membuat warna semakin pudar dan kusam.

Jangan Terlalu Lama Direndam

Tips mencuci gamis jersey selanjutnya ketika Anda mencuci hindari terlalu lama merendam. Dengan merendamnya terlalu lama, maka busana Anda tersebut justru akan berubah warna dan semakin melar. Usahakan mencucinya dengan cepat dan bilas hingga bersih.

Anda bisa merendamnya selama 30 menit hingga satu jam, kemudian kucek perlahan dan hilangkan noda yang menempel pada gamis jersey Anda tersebut.

Anda bilas sampai busanya menghilang dengan meremas-remas. Jika tidak ingin kesulitan dan meninggalkan noda sabun pada gamis, maka Anda bisa memilih deterjen cair agar mudah membilasnya.

Selain itu, pisahkan bahan jersey tersebut dari pakaian lainnya sehingga saat mencuci tidak tercampur dengan lainya. Tips mencuci gamis jersey ini akan mempermudah pencucian bahan tersebut.

Jika ada noda membandel, maka Anda tuangkan cairan khusus penghilang noda pada roda tersebut, kemudian biarkan sebentar dan kucek. Bilas hingga bersih, namun jangan sekali-kali Anda menyikatnya. Pasalnya, hanya akan merusak tekstur bahan tersebut.

Baca Juga : Model Kerudung Pashmina Kekinian Untuk Para Hijabers Milenial

Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Dalam merawat gamis yang berbahan jersey, sebaiknya setelah Anda bilas sampai bersih, maka keringkan. Namun yang perlu Anda ingat, mengeringkan jangan langsung di bawah sinar matahari.

Anda cukup mengangin-anginkan saja. Pasalnya, biasanya material jersey ini mudah sekali turun. Terutama jika terkena panas akan memudar warnanya.

Biarkan Kering Sempurna

Setelah tips mencuci gamis jersey, ketika mengeringkan gamis jersey usahakan hingga kering sempurna. Karena bahannya lentur, jika tidak kering sempurna akan membuat bahan tersebut menjadi lembab dan justru berbau apek.

Hindari Menyetrika dengan Panas Tinggi

Sebenarnya untuk bahan jersey tidak boleh sering-sering Anda setrika karena akan merusak tekstur kainnya. Terutama jika Anda menyetrikanya dengan suhu yang panas. Bahan tersebut justru mengkerut dan rusak.

Baca Juga : Model Jilbab Instan Langsung Pakai, Lengkapi Tampilan Syar’i dan Modis

Suhu panas akan membuat bekas pada bahan tersebut. Sehingga gamis Anda berbentuk tidak bagus lagi. Agar tidak kusut, maka Anda bisa menggantungnya dengan hanger gantung yang memiliki lapisan spon.

Karena jersey memiliki tekstur mudah berubah, maka perlu hanger yang ada sponnya agar tidak membekas. Tips mencuci gamis jersey lainnya, jika Anda terpaksa menyetrikanya sebaiknya gunakan suhu sedang atau hangat sehingga tetap mempertahankan kualitasnya.

Menyimpannya Secara Tepat

Dalam menyimpan bahan ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan hanger kawat. Karena hanger kawat jika terlalu lama akan karatan dan meninggalkan bekas pada bahan jersey tersebut.

Pastikan kebersihan lemari untuk menyimpan gamis. Anda masukkan beberapa butir pengharum lemari agar pakaian Anda tidak berbau. Anda juga dapat membungkusnya dengan pembungkus agar tidak berdebu.

Namun, ada baiknya jika gamis tersebut tidak Anda pakai, maka bisa sesekali menganginkannya ke luar lemari. Gamis yang terlalu lama di dalam lemari juga dapat berjamur dan berbau.

Oleh karena itu, sekedar menaruhnya di luar mampu membuat pakaian terjaga sehingga lebih awet. Tips mencuci gamis jersey di atas menjadi cara tepat untuk Anda terapkan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -