Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruTransfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Transfer chat WhatsApp iPhone ke Android dapat Anda lakukan dengan mudah. Saat ini WhatsApp (WA) tengah mengembangkan fitur yang memberikan kemudahan bagi para pengguna, untuk transfer riwayat chat dari iPhone ke Android.

Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna dapat memindahkan riwayat chat WA dari perangkat iPhone ke Android. Hal ini termasuk percakapan yang berupa teks atau gambar.

Simak Cara Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android

Sebagian besar orang saat ini mempunyai smartphone lebih dari satu. Bagi Anda yang menggunakan perangkat iOS atau iPhone dan Android, sekarang ini WhatsApp akan memiliki fitur yang sangat berguna.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang cukup populer baik di Indonesia maupun dunia. Dalam penggunaannya, aplikasi ini dapat menjaga privasi pengguna agar tetap aman.

Baca Juga : Cara Pakai View Once di WhatsApp Untuk Menjaga Privasi Pengguna

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian kalangan lebih memilih WhatsApp, dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya.

Informasi Fitur Transfer Chat WhatsApp

Dengan menggunakan WhatsApp, para pengguna tidak akan kehilangan riwayat obrolan kapan saja. Saat ini WhatsApp tengah mengembangkan salah satu fitur terbarunya.

Sehingga dengan fitur tersebut, pengguna dapat memindahkan obrolan secara lebih mudah dari perangkat iPhone ke Android atau sebaliknya. Selain itu, Anda juga dapat mengekspornya ke email untuk dapat Anda gunakan nanti.

Sesuai dengan nama yang telah diusung, fitur tersebut memungkinkan para pengguna perangkat iOS untuk beralih ke Android. Arti dari kata “beralih ke Android”, adalah memindahkan data-data yang terdapat pada perangkat iPhone ke Android, termasuk riwayat chat pada iOS.

Masing-masing obrolan yang telah Anda transfer dari iPhone ke Android dengan menggunakan fitur baru WhatsApp, dibuat dalam bentuk format txt pada ponsel Anda.

Baca Juga : Membuat ID Apple Tanpa Perangkat iPhone, Berikut Pilihan Caranya

Hal ini artinya, Anda tidak akan dapat menggunakan obrolan yang telah Anda transfer dengan cara sama seperti menggunakan perangkat lama. Akan tetapi, Anda dapat menyimpannya di dalam email sesuai dengan yang Anda inginkan.

File dalam format ‘txt’ merupakan obrolan utama yang dapat Anda buka dengan aplikasi editor teks apapun, atau penampil HTML yang terdapat pada ponsel Android yang Anda miliki.

Sedangkan untuk obrolan suara akan memiliki format “opus”. Format ini dapat Anda dengarkan melalui media player yang terdapat pada Android. Selanjutnya untuk file lainnya seperti foto, dokumen, video, dan yang lainnya juga akan tersimpan dalam email.

Langkah-Langkah Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Untuk dapat memindahkan chat WhatsApp dari perangkat iPhone ke Android, sebenarnya tidak semudah seperti memindahkan file video, foto atau yang lainnya.

Solusi terbaik yang memungkinakn Anda untuk dapat mentransfer obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android adalah dengan memanfaatkan email yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Hapus Kontak di iPhone Mudah Tanpa Ribet, Simak Trik Praktisnya!

Meskipun tidak sempurna seperti yang Anda inginkan, akan tetapi cara ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin menyimpan percakapan Anda untuk tujuan revisi atau rekaman.

Penting untuk Anda ketahui, transfer chat WhatsApp dari iPhoneke Android tidak akan menstransfer semua obrolan Anda sekaligus.

Cara ini hanya mengekspor obrolan pada satu kontak pada satu waktu saja. Oleh karena itu, jika Anda ingin mentransfer 10 obrolan, maka Anda harus melakukannya sebanyak sepuluh kali.

Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  1. Langkah pertama transfer chat WA iPhone ke Android adalah buka WhatsApp pada perangkat iPhone Anda
  2. Selanjutnya pilih obrolan yang akan Ana ekspor ke ponsel Android
  3. Kemudian swip obrolan ke kiri untuk dapat menampilkan menu obrolan
  4. Klik tombol “Lainnya”, lalu ketuk “Ekspor Obrolan”
  5. Langkah selanjutnya untuk transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android adalah pilih “Lampirkan Media”. Jika Anda ingin menyertakan file media atau pilih “tanpa media” bila yang Anda butuhkan hanyalah teks.
  6. Setelah itu, pada metode ekspor dapat Anda pilih “Metode Mail”
  7. Kemudian kirim obrolan ke email yang Anda tautkan ke ponsel Android Anda
  8. Tunggu hingga email berhasil terunggah, lalu impor obrolan ke Android setelah terkirim
  9. Ulangi proses di atas untuk semua obrolan yang akan Anda transfer
  10. Selanjutnya, setelah email masuk ke Android Anda, maka segera buka dan unduh semua lampiran.

Memang sedikit sulit untuk transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android. Pasalnya, keduanya mengelola cadangan mereka pada penyimpanan cloud yang berbeda. WhatsApp mengizinkan cadangan obrolan iPhone ke iCloud saja. Sedangkan bagi para pengguna Android hanya dapat mencadangkan ke Google Drive saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -