Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruTranslate Menggunakan Google Drive Mudah, Simak Ulasan Lengkapnya

Translate Menggunakan Google Drive Mudah, Simak Ulasan Lengkapnya

Translate menggunakan Google Drive dapat Anda lakukan melalui perangkat Android. Sehingga dengan demikian, untuk menerjemahkan kalimat dalam bahasa Inggris secara lebih cepat dan praktis saat ini dapat Anda lakukan secara mudah.

Hanya dengan memanfaatkan tools website translator seperti Google translate, Bing Translator, atau yang lainnya dengan basis website. Bisa juga dengan menggabungkan produk Google lainnya, salah satunya melalui Google Drive.

Baca Juga : Menambah Kapasitas Google Drive Penyimpanan Aman, Simak Caranya

Selain mudah, Anda pun akan memperoleh hasil terjemahan cukup baik hanya dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, bagi yang belum begitu paham serta masih sedikit kosakata bahasa Inggrisnya, langkah tersebut dapat menjadi solusi tepat.

Cara Translate Menggunakan Google Drive

Saat ini Google mempunyai layanan gratis yang cukup populer dalam mentranslate bahasa yakni google.translate.com. Cara menggunakan layanan ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyalin kalimat yang akan Anda terjemahkan.

Selanjutnya paste pada salah satu kotak box yang telah tersedia. Setelah itu, Anda tinggal klik tombol translate untuk menerjemahkan kalimat tersebut ke dalam bahasa yang Anda inginkan.

Akan tetapi, bagaimana jika kalimat yang akan Anda terjemahkan dalam jumlah banyak, seperti yang terdapat dalam sebuah dokumen. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan apabila Anda harus mem-pastenya satu per satu dalam bentuk paragraf yang terdapat dalam dokumen.

Jangan khawatir. Sebab, dalam hal ini Google Drive mempunyai fitur penerjemah kalimat yang dapat Anda gunakan untuk menerjemahkan tulisan dalam bentuk dokumen. Cara translate menggunakan Google Translate cukup mudah untuk Anda lakukan.

Trik Translate Menggunakan Google Drive

Berikut ini beberapa langkah translate dengan memanfaatkan aplikasi Google Drive:

  1. Hal penting pertama yang dapat Anda lakukan dalam melakukan translate dengan menggunakan Google Drive adalah buka terlebih dahulu akun Gmail Anda, kemudian masuk ke Google Drive
  2. Langkah berikutnya setelah Anda berhasil masuk ke dalam Google Drive adalah upload file yang akan Anda translate. Dalam hal ini, Anda dapat buat folder baru apabila akan menghubungkan data Anda ke data yang lain. Dapat pula Upload New File.
  3. Berikutnya, drag file yang akan Anda translate ke Google Drive, tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Setelah proses upload berhasil, klik kanan kemudian klik “Open With”. Lalu klik Google Docs.
  5. Selanjutnya, setelah dokumen terbuka, klik Tool yang terdapat pada toolbar atas kemudian pilih Translate Document.
  6. Cara translate menggunakan Google Drive selanjutnya adalah Anda tinggal pilih dokumen yang akan Anda terjemahkan ke bahasa apa. Selanjutnya akan muncul tampilan dokumen yang telah ditranslate.
  7. Anda tinggal simpan dokumen yang telah berhasil Anda translate. Caranya dengan klik File, kemudian klik Download. Pilih jenis format yang Anda inginkan. Dengan demikian, dokumen pun berhasil Anda translate.

Manfaat Lain Google Drive

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan translate menggunakan Google Drive secara mudah di atas, ternyata masih ada lagi manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat mengakses dokumen di mana saja dengan koneksi internet yang stabil.

Baca Juga : Download di Google Drive, Mudah & Cepat!

Namun, meskipun tanpa koneksi internet, Anda juga tetap dapat mengakses file Google Drive melalui perangkat yang Anda gunakan. Untuk dapat melakukan hal ini, terlebih dahulu Anda perlu melakukan sinkronisasi agar file tersedia secara offline.

Selain itu, Google Drive juga memiliki fitur Sharing and Privacy. Melalui fitur ini, Anda dapat mengelola aksesibilitas dokumen. Apabila Anda ingin membagikan file ke orang lain, maka Anda dapat menambahkan alamat email orang tersebut agar mereka dapat mengakses dokumen yang mereka perlukan.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengklik ikon manusia dengan tanda “+”. Selanjutnya masukkan nama akun Google, alamat email atau groups ke dalam kolom yang muncul sesudahnya.

Selanjutnya Anda dapat memilih apakah orang yang telah Anda bagi dokumen dapat mengubah dokumen tersebut atau hanya membacanya saja.

Anda juga dapat memasukkan pesan khusus pada saat berbagi file dengan orang lain. Demikianlah cara melakukan translate menggunakan Google Drive dan beberapa manfaat lain dari aplikasi ini. Anda dapat mentranslate dokumen Anda secara lebih mudah dan praktis. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img