UDD PMI Kota Banjar Krisis Stok Darah, Hanya Tersisa 13 Labu

PMI Kota Banjar
Kendaraan donor darah keliling milik PMI Kota Banjar. Foto: Dokumentasi HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- UDD PMI Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami krisis stok darah selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Saat ini stok darah yang tersedia kian menipis dan mengkhawatirkan.

Bahkan, berdasarkan data laporan per tanggal 3 Agustus ini, stok persediaan darah yang ada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjar, hanya menyisakan 13 labu darah saja.

Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nurrohman mengatakan, hingga hari Selasa tanggal 3 Agustus 2021, stok persediaan darah dari para pendonor sukarela sebanyak 28 labu. Rinciannya, untuk stok persediaan golongan darah A sebanyak 3 labu, golongan darah B 9 labu, golongan darah O 15 labu, dan golongan darah AB sebanyak 1 labu.

“Dari ketersediaan tersebut, yang sudah ditandai oleh pasien atau donor pengganti itu 15 labu. Jadi hanya tinggal 13 labu darah yang sekarang ini masih tersedia,” terangnya kepada HR Online, Selasa (03/08/2021).

Pendonor di UDD PMI Kota Banjar Turun

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Jumlah Pendonor di Kantor PMI Kota Banjar Turun Drastis

Menurut Alfan, selama kebijakan PPKM Darurat, jumlah pendonor darah mengalami penurunan cukup drastis hingga 70 persen. Karena saat penerapan kebijakan tersebut, pihaknya tidak bisa melakukan jemput bola atau donor darah keliling.

Selain itu, banyak pula warga masyarakat atau para pendonor sukarela yang tengah mengikuti pelaksanaan vaksinasi. Sehingga mereka tidak bisa mendonorkan darahnya.

“Penurunan yang donor sampai 70 persen. Bulan kemarin PMI juga libur giat donor darah keliling karena ada PPKM Darurat,” katanya.

Alfian menyebutkan, saat ini untuk mengejar stok persediaan darah di UDD PMI Kota Banjar, pihaknya sudah mengagendakan kembali giat donor darah keliling di sejumlah lokasi publik. Yaitu Pasar Langensari tanggal 4 Agustus, dan Kampus SMAN 2 Banjar tanggal 5 Agustus.

“Bulan ini kami mulai keliling lagi. Dua lokasi yang sudah kami agendakan dalam waktu dekat ini Pasar Langensari dan Kampus SMAN 2 Banjar,” pungkas Alfan. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva