Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruUki Eks Noah Tuai Kontroversi Musik Haram, Tokoh Agama Jadi Penengah

Uki Eks Noah Tuai Kontroversi Musik Haram, Tokoh Agama Jadi Penengah

Uki Eks Noah tuai kontroversi terkait dengan pernyataannya mengenai musik haram. Mantan dari personil band populer tanah air ini mendapatkan sorotan semakin panas.

Setelah memutuskan untuk keluar dari band yang membesarkan namanya. Sosok tersebut kini hijrah dan tampil dengan lebih agamis.

Sontak kabar ini jadi angin baru pada awalnya. Namun semua memanas ketika pernyataan yang keluar dari opininya tersebut menyinggung beberapa kalangan.

Apalagi ketika hadir beberapa pendapat yang mulai beragam. Isu yang satu ini bukan pertama kalinya di dunia industri tanah air.

Baca Juga: Penyanyi Rap ID Terjerat Kasus Narkoba, Polisi Kantongi Bukti Kuat

Kabar Uki Eks Noah Tuai Kontroversi

Unggahan terbaru dari mantan gitaris NOAH tersebut jadi ramai dan memanaskan berita kembali. Pernyataannya yang menyebutkan haramnya musik, dengan menyebutkan dalil dalam ayat Al-Quran.

Postingannya tersebut dengan tegas menyatakan bahwa ia menyetujui bahwa musik memang haram. Bunyinya seperti ini :

“Hukum bermain alat musik. Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rahimahullah mengungkapkan, ‘Tidak ada satupun dari keempat ulama madzhab berselisih pendapat tentang haramnya alat bermusik’ (Majmuah Al Fatawa, 11:576-577),”

Begitu tulis pemuda tersebut dalam unggahan Instagramnya. Ini bukan pertama kalinya bagi Uki memberikan statement tersebut.

Sebelumnya ia sempat mengungkapkan pernyataannya dalam video bahwa musik membawa jalan kemaksiatan. Hal ini tentu memunculkan beragam komentar dari warganet dan kalangan lainnya.

Respon Band NOAH

Panasnya berita ini membuat para warganet usil berkomentar mengangkat isu ini. Dalam unggahan akun NOAH yang awalnya tidak berkaitan dengan Uki terdapat komentar membahas pernyataannya.

Dengan santai akun verified NOAH tersebut membalas untuk membahas hal lain. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak akan ikut campur terkait dengan kontroversi mantan dari member mereka tersebut.

Sedangkan dari pihak manajemen label NOAH yaitu Musica Studios. Mereka memberikan pernyataan mengenai statement dari Uki mengenai musik haram.

Pendapat dari Uki secara pribadi memang harus dihargai. Mereka juga memberikan pernyataan bahwa NOAH secara pribadi tidak mau memberikan statement seperti dari politik, RAS dan Agama dalam konteks apapun.

Baca Juga: Fatur dan Nadila Berusaha Tetap Eksis dan Konsisten Dengan Media Baru

Respon Para Tokoh Agama

Uki Eks Noah tuai kontroversi ini sampai juga kepada para tokoh agama. Mereka ikut menyimak bagaimana seorang mantan musisi tersebut memberikan pendapatnya cukup gamblang.

Beberapa tokoh agama seperti Ustadz Ahong memberikan pernyataannya. Hal ini terkait dengan musisi hijrah yang justru menganggap hina profesi lamanya.

Namun jika menganggap musik sebagai kemaksiatan bagi dirinya sendiri masih dimaklumi. Hal seperti ini cukup jadi pembicaraan sensitif.

Karena akan menyenggol kalangan lain yang menjalani profesi tersebut. Tokoh agama yang satu ini menilai bahwa pernyataan tersebut terlalu berlebihan bahkan sudah overdosis.

Sudut Pandang Tengah

Berita ini semakin panas jika tidak ada yang memberikan pernyataan penengah. Memandang ini dari sudut yang membuat toleransi timbul.

Salah satu tokoh agama seperti Habib Husein Ja’far Al Hadar memberikan pernyataan dalam sebuah video bersama Onadio Leonardo.

Uki Eks Noah tuai kontroversi ini bisa kita lihat dari kacamata yang satu ini. Habib Husein Ja’far Al Hadar menyebutkan musik yang memang haram, terdapat tiga jenis.

Pertama suara dari sendok serta garpu ketika makan sementara tetanggamu kelaparan. Kedua, yang haram itu musik yang cukup dekat dengan musyrik.

Ketiga adalah musik yang fals. Karena hal yang mengganggu orang lain, maka diluar itu musik itu halal.

Baca Juga: Profil Adam Rosyadi Jadi Sorotan, Resmi Sebagai Kekasih Agnez Monica

Musik Halal

Uki Eks Noah tuai kontroversi, namun coba kita lihat dari pernyataan tokoh agama yang terkenal toleransinya tersebut. Musik jadi hal yang halal jika tidak membawa kesia-siaan.

Membawa kebaikan bahkan pahala jika membawa hal baik dan menghibur. Bahkan bermusik bisa menjadi ladang pahala.

Nah, dari sini kita bisa melihat isu yang cukup sensitif ini dari sisi lain bukan? Bahkan seseorang yang memiliki ilmu tidak akan menghinakan orang lain yang berbeda pendapat dengannya.

Indonesia ini bangsa yang kaya dan berbeda-beda. Hal ini jadi hal indah jika kita mampu menjaga toleransi, namun akan jadi bumerang jika saling menjatuhkan dan berselisih paham.

Uki Eks Noah tuai kontroversi ini bisa jadi pembelajaran untuk semua orang jika mau mengulas nya lebih dalam. Maka untuk anak muda sebaiknya tidak mudah terbuai oleh apa yang menjadi tren tanpa mempelajari dari sisi lainnya.

- Advertisment -