Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita Ciamis10 Titik Longsor di Desa Nasol Ciamis, Akses Jalan Kabupaten Tertutup

10 Titik Longsor di Desa Nasol Ciamis, Akses Jalan Kabupaten Tertutup

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada hari Sabtu (25/9/2021) sore sampai Minggu (26/9/2021) dini hari, membuat tanah longsor di beberapa titik Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Dalam kejadian tanah longsor tersebut tidak ada korban jiwa. Namun ada satu rumah rusak berat karena tertimbun material longsoran.

Selain itu, di Dusun Sigung I, Desa Nasol, ada benteng masjid longsor dan menimpa rumah warga. Dan satu masjid juga terancam ambruk.

Tidak hanya itu, akibat hujan deras juga membuat jalan penghubung Desa Nasol dan Desa Darmacaang longsor. Sehingga akses jalan kabupaten tersebut tertutup.

Titik longsoran lainnya juga terjadi di Dusun Sigung II. Kemudian di Dusun Palasari Benteng, ada satu rumah warga yang ambruk.

Sekdes Nasol, Abdul Latif mengatakan, longsor yang terjadi di 10 titik di Desa Nasol ini, umumnya menutup saluran irigasi. Selain itu juga menutup akses jalan kabupaten dan ada juga rumah warga tertimpa material longsor.

“Dalam pembersihan material longsor, kita bekerjasama dengan seluruh warga,” katanya kepada HR Online, Minggu (26/9/2021).

Sementara untuk longsor yang menutup akses jalan kabupaten, Pemkab Ciamis sendiri telah menerjunkan alat berat. “Supaya masyarakat bisa segera melewati jalan tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Abdul Latif yang juga anggota Tagana Ciamis ini mengimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada bencana longsor susulan. Pasalnya, Desa Nasol ini berada di ketinggian sehingga rawan akan bencana longsor.

“Tetap waspada. Jangan sampai lengah terutama rumah yang di pinggir tebing dan di bawah tebing, supaya mengungsi jika hujan deras mengguyur kembali,” singkatnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img