spot_imgspot_img
BerandaBerita Terbaru4 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya untuk Stamina Tubuh

4 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya untuk Stamina Tubuh

- Advertisement -

Manfaat 4 jenis minyak esensial untuk mengembalikan stamina tubuh yang perlu Anda ketahui, terlebih saat pandemi seperti sekarang ini. Bagi sebagian orang, minyak esensial ini menjadi produk yang penting.

Selain bermanfaat untuk pewangi ruangan, minyak esensial juga menjadi salah satu bagian ritual bagi kesehatan mereka.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai manfaat minyak esensial yang tak hanya mampu memberi efek relaksasi saja. Tapi juga baik untuk stamina tubuh.

Manfaat 4 Jenis Minyak Esensial untuk Kesehatan

Lemon Oil

Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari lemon oil, seperti membantu mengobati rasa nyeri, meredakan sakit tenggorokan, menenangkan pikiran, dan pilek.

Kemudian selain itu, manfaat dari lemon oil ini juga dapat membantu Anda dalam mengatasi demam secara cepat.

Baca Juga : Manfaat Minyak Sereh untuk Kesehatan yang Ampuh Melindungi Tubuh

Lemon oil memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba. Bahkan, sifat anti radang dari lemon oli ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengatasi masalah pernapasan.

Dilansir Healthline bahwa lemon oil punya manfaat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya dapat membunuh bakteri yang berbahaya pada kulit, seperti E-coli dan staphylococcus aureus.

Jenis minyak esensial yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan luka. Caranya, campurkan lemon oil dengan air.

Peppermint Oil

Manfaat 4 jenis minyak esensial untuk kesehatan, salah satunya minyak esensial peppermint oil. Minyak esensial ini bermanfaat untuk membantu melegakan masalah pernapasan.

Hal itu karena kandungan menthol yang ada dalam peppermint berfungsi sebagai ekspektoran untuk mengeluarkan lendir sekaligus mengurangi sumbatan pada saluran pernapasan.

Baca Juga : Manfaat Minyak Lawang Sebagai Penangkal Virus

Bahkan, menthol yang terdapat dalam peppermint memiliki fungsi untuk mengurangi sakit kepala ketika Anda migrain.

Selain itu. peppermint oil juga bisa membantu mengurangi rasa mual, muntah, dan sensitivitas cahaya sebagai gejala migrain.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa, dengan mengoleskan peppermint oil ke pelipis dan dahi dapat membantu menghilangkan rasa sakit kepala akibat stres.

Lavender Oil

Lavender oil menjadi 1 dari 4 jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan. Aromanya yang lembut dan juga menenangkan itu ternyata mengandung anti inflamasi, antibakteri, anti jamur, antiseptik, dan antidepresan.

Berbagai macam kandungan tersebut mampu membantu proses saat penyembuhan luka, serta mengurangi rasa sakit pasca operasi amandel pada anak-anak.

Baca Juga : Manfaat Minyak Gondopuro Atasi Nyeri Sendi, Rematik, Aromaterapi

Bukan hanya itu, minyak esensial dari lavender juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres, memberikan efek rileks. Kemudian, mengurangi rasa nyeri ketika haid, serta meningkatkan kualitas tidur.

Oleskan lavender oil secara langsung ke bagian tubuh atau dengan menggunakan diffuser saat malam hari akan membantu Anda menenangkan pikiran.

Tidak hanya membuat tidur jadi lebih nyenyak, tapi tubuh Anda pun akan terasa lebih rileks, serta lebih fit pada pagi hari.

Eucalyptus Oil

Manfaat 4 jenis minyak esensial untuk kesehatan, salah satunya minyak esensial dari jenis eucalyptus.

Rekomendasi minyak esensial yang terakhir ini memiliki potensi antijamur, antibakteri, antivirus, anti mikroba, anti inflamasi, serta decongestant.

Semua kandungan yang ada dalam eucalyptus oil itu mampu membantu Anda meredakan masalah seputar pernapasan. Seperti halnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, bahkan hingga sinusitis.

Itulah beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari 4 jenis minyak esensial tersebut. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -