Akun WhatsApp Diblokir Sementara, Simak Alasan dan Cara Mengatasi

akun WhatsApp diblokir sementara
Ilustrasi akun WhatsApp diblokir sementara; Foto: Ist/Net

Akun WhatsApp (WA) diblokir sementara oleh pihak pengembang aplikasi dapat terjadi karena beberapa faktor. Jadi, selain oleh teman, ternyata akun WA juga dapat pihak WhatsApp blokir.

Oleh karena itu, kita yang menggunakan layanan aplikasi pesan ini juga mempunyai batasan dalam penggunaannya. Pasalnya, WhatsApp mempunyai kebijakan untuk memblokir sementara akun apabila pengguna melanggar aturan yang telah mereka tetapkan.

Baca Juga : Kekurangan WhatsApp Web Saat Diakses dari PC atau Laptop

Salah satunya adalah menggunakan versi aplikasi WA yang tidak resmi. Selanjutnya, WhatsApp pun mempunyai kebijakan untuk memulihkan akun, apabila pengguna telah memenuhi persyaratan yang telah mereka tetapkan.

Ini Alasan dan Solusi Akun WhatsApp Diblokir Sementara

Apabila pengguna WhatsApp menyalahi aturan yang ada, maka sanksi pada akun WA tersebut adalah adanya pemblokiran. Adapun pemblokiran tersebut sendiri terdapat dua jenis, yakni pemblokiran sementara waktu serta pemblokiran permanen.

Pada pemblokiran permanen artinya pengguna tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp dengan nomor yang terblokir tersebut. Lain dengan akun WA sengaja terblokir oleh teman atau orang lain, pada umumnya akun WA tersebut masih dapat kita gunakan. Hanya saja, kita tidak dapat menghubungi pihak yang telah memblokir nomor WA kita.

Pengguna lain yang telah memblokir WA kita pada umumnya bersifat pribadi antara kita dan pengguna lain tersebut. Akan tetapi, pemblokiran akun oleh pihak WhatsApp baik secara sementara atau permanen terjadi karena sebuah pelanggaran yang kita lakukan dari ketentuan WhatsApp.

Alasan Pemblokiran Akun WhatsApp Sementara

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, banyak faktor yang menyebabkan adanya pemblokiran sementara terhadap akun WhatsApp yang kita miliki dari pihak WA.

Salah satunya adalah penggunaan aplikasi WA yang tidak resmi seperti GB WhatsApp, WhatsApp Plus, atau Fouad WhatsApp. Tidak dapat kita pungkiri, jika aplikasi WhatsApp versi mod menawarkan berbagai kelebihan tersendiri apabila kita bandingkan dengan versi resminya.

Bahkan di dalam aplikasi WA tak resmi tersebut juga menyediakan berbagai fitur keren yang tidak dapat Anda temukan pada WhatsApp resmi.

Baca Juga : Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Akan tetapi, di balik tawaran menarik tersebut terdapat risiko yang dapat hadir kapan saja yaitu berupa pemblokiran sementara pada akun WhatsApp yang kita miliki.

Penyebab lain pemblokiran akun WA yang bersifat sementara selain penggunaan WA tidak resmi antara lain menggunakan WA untuk urusan ilegal, masuk ke akun dengan menggunakan perangkat berbeda terutama yang mempunyai perbedaan IP Address.

Bisa juga karena menggunakan WA untuk berbagai hal negatif, mengirim pesan spam ke banyak orang, login secara terus-menerus, membuat banyak grup, kemudian menambahkan orang-orang yang tidak kita kenal, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Akun WA yang Diblokir Sementara

Cara mengatasi pemblokiran sementara akun WA yang kita gunakan adalah dengan beralih dari penggunaan WA Mod ke WA resmi. Berikut ini sebagai contoh beralih dari WhatsApp GB ke WhatsApp resmi, antara lain:

  1. Tunggu hingga masa pemblokiran berakhir
  2. Pada aplikasi WhatsApp GB, Anda pilih Lainnya > Chat > Cadangan Chat
  3. Selanjutnya buka setelan telepon, lalu ketuk penyimpanan File
  4. Anda akan menemukan folder WhatsApp GB. Ketuk kemudian tahan pada folder tersebut.
  5. Pada bagian atas, pilih Lainnya > Ubah Nama serta nama folder WhatsApp GB menjadi WhatsApp
  6. Cara mengatasi pemblokiran akun whatsApp sementara dengan beralih ke WA resmi selanjutnya, silahkan masuk ke Play Store serta download aplikasi WA resmi.
  7. Berikutnya buka aplikasi WhatsApp, selanjutnya lakukan verifikasi nomor
  8. Pada bagian pencadangan, Anda pilih Pulihkan > Berikutnya. WhatsApp akan termuat bersamaan dengan chat yang telah Anda pulihkan.

Tips agar terhindar dari pemblokiran akun pada aplikasi WA setelah Anda memahami beberapa faktor penyebabnya di atas, maka sebaiknya Anda mematuhi semua peraturan yang telah menjadi ketetapan dari pihak aplikasi tersebut.

Sebaiknya Anda hanya menggunakan WhatsApp resmi serta jangan sampai Anda melakukan span atau mengirim pesan yang sangat banyak pada pihak lain.

Jika hal ini Anda lakukan, maka kemungkinan akun WA Anda akan menjadi target utama pemblokiran dari pihak aplikasi tersebut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab pemblokiran akun WhatsApp sementara oleh pihak aplikasi pesan singkat tersebut, maka sebaiknya akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, Anda pun akan terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan. Salah satunya adalah pemblokiran akun dari pihak aplikasi WA. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto