Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruAmalan Ibadah Saat Nifas untuk Mendekatkan Diri Pada Allah

Amalan Ibadah Saat Nifas untuk Mendekatkan Diri Pada Allah

Amalan ibadah saat nifas, menjadi salah satu hal penting yang harus kita ketahui. Mengapa begitu? Karena pada keadaan tersebut, kita tidak bisa melakukan amalan-amalan wajib seperti halnya shalat.

Banyak juga yang mengatakan, ketika seseorang sedang nifas tidak bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Padahal, pemikiran tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Pasalnya, masih terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami atau sedang dalam proses nifas.

Meskipun, mereka tidak boleh melaksanakan shalat dan puasa wajib maupun sunah. Akan tetapi dengan adanya beberapa amalan yang bisa dilakukan seseorang yang sedang di fase ini, Insya Allah bisa menjaga mereka dari godaan setan yang terkutuk dan dekat dengan Allah SWT.

Haid atau nifas merupakan proses fisiologi yang normal terjadi pada seorang wanita. Proses tersebut juga menjadi fitrah bagi kaum hawa dengan adanya berbagai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Salah satu ketentuannya adalah diharamkan bagi mereka untuk berpuasa. Berpuasa di sini berlaku untuk puasa wajib atau Ramadhan maupun puasa sunah.

baca juga: Hukum Percaya Ramalan dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Beberapa Amalan Ibadah Saat Nifas yang Mendatangkan Pahala

Bagi Anda, yang belum mengetahui mengenai ilmu penting dan bermanfaat ini, perlu sekali menyimak beberapa informasi berikut ini.

Di lingkungan sekitar kita, mungkin masih banyak orang yang sedang dalam fase nifas. Akan tetapi tidak melakukan amalan apapun yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hanya diam menunggu nifasnya selesai.

Hal tersebut, bukanlah menjadi salah satu anjuran dalam agama Islam.

baca juga: Amalan Ringan Pahala Besar yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari

Memperbanyak untuk Berdzikir

Untuk amalan ibadah saat nifas yang bisa kita lakukan adalah, memperbanyak berdzikir. Membaca tasbih, Tahmid, takbir dan tahlil.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi Anda juga bisa memperbanyak beristighfar kepada Allah. Tujuannya adalah untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Ketika kita dapat melakukan memperbanyak dzikir serta berdoa, berarti kita juga mengajarkan kepada diri kita sendiri untuk tetap mengingat Allah dalam keadaan apapun.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi hal tersebut juga menjadi pelindung diri terhadap godaan setan yang terkutuk.

baca juga: 3 Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya Meski Sudah Wafat dari Dunia

Sholawat Kepada Nabi

Bukan hanya itu saja, amalan ibadah saat nifas juga bisa Anda lakukan adalah, membaca shalawat. Sholawat yang kita lafalkan juga menjadi ikhtiar serta bukti kecintaan kita kepada Uswatun Hasanah, Rasulullah SAW.

Dengan kita memperbanyak membaca shalawat tersebut, harapan kita adalah, apapun yang menjadi Keinginan kita, yang sudah kita usahakan dengan semaksimal mungkin dan doakan mendapatkan syafaat dari baginda Rasul SAW ketika dia yaumul akhir nanti. Selain itu, juga diijabah oleh Allah SWT.

Mendengarkan Tausiyah atau Pengajian

Mendengarkan tausiyah atau pengajian juga menjadi salah satu amalan ibadah saat nifas. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT serta dapat menambahkan ilmu pengetahuan agama.

Hal tersebut juga menjadi salah satu ikhtiar dengan cara Tholabul Ilmi. Seperti dalam islam mengajarkan, menuntut ilmu itu hukumnya wajib. Entah untuk kaum laki-laki maupun perempuan.

Bersedekah

Kemudian, amalan ibadah saat nifas yang menjadi rekomendasi terbaik adalah bersedekah. Kebanyakan orang, justru merupakan amalan yang satu ini.

Padahal, jika kita mengingat dalam ajaran Islam bahwasanya, sebagian harta yang kita miliki itu ada haknya orang lain. Bahkan di sekitar kita juga banyak yang membutuhkan.

Seperti halnya haid yang mengeluarkan kotoran dari tubuh, terdekat juga dapat membantu untuk menggugurkan dosa.

Menghafalkan Al-Quran

Amalan ibadah saat nifas yang berikutnya adalah menghafalkan Quran. Mengenai amalan yang satu ini, terdapat dua pendapat.

Ada pendapat yang mengatakan bahwasanya seseorang yang sedang dalam keadaan haid atau nifas tidak boleh memegang Al-Qur’an apa lagi menghafalkan.

Mengenai hal ini, ada yang mengatakan bahwa murajaah atau mengulang hafalan itu boleh. Meskipun sedang nifas atau haid. Asalkan kita tidak memegangnya, atau ada orang lain yang menyimak.

Ada juga pendapat yang menjelaskan, seseorang yang sedang haid ataupun nifas boleh memegang Al-Qur’an, membaca ataupun menghafalkannya.

Akan tetapi, adanya perbedaan pendapat tersebut, bukan menjadi penghalang kita untuk mengamalkan beberapa amalan ibadah saat nifas tersebut. Terserah Anda ingin yakin terhadap pendapat yang mana.

Menyiapkan Makanan Berbuka

Menyiapkan makanan untuk orang yang berpuasa, juga menjadi amalan ibadah saat nifas yang bisa kita lakukan. Mungkin, cara yang satu ini menjadi salah satu cara yang paling sederhana untuk kita dapat pahala.

Betapa murahnya hati Allah SWT kepada hamba-Nya, ketika Allah memberikan kita salah satu alternatif yang sangat bagus. Supaya kita tetap mendapatkan pahala puasa meskipun kita sedang nifas.

Seperti halnya hadis riwayat Tirmidzi menjelaskan:

Nah, Semoga dengan adanya penjelasan mengenai beberapa amalan ibadah saat nifas tersebut, menyebabkan kita mendapatkan pahala dari Allah SWT dan mendekatkan kita kepada-Nya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img