Senin, Oktober 18, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Database Android Terbaik, Berikut Ini Pilihan Rekomendasinya!

Aplikasi Database Android Terbaik, Berikut Ini Pilihan Rekomendasinya!

Aplikasi database Android memang sangat berguna, bahkan jumlahnya tidak hanya sedikit, melainkan ada beberapa macam yang bisa Anda pilih. Sementara itu, basis data atau database adalah sekumpulan data yang telah terorganisir ke dalam bentuk tabel, skema, objek, query, dan lain-lain.

Bahkan untuk saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Meski memiliki tampilan dan tombol menu yang cukup berbeda, namun masih memiliki kegunaan sama.

Deretan Aplikasi Database Android Terbaik yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Hampir semua orang saat ini sudah menggunakan sebuah perangkat keras seperti laptop, handphone, dan perangkat lainnya. Bahkan dari kita sendiri tentu akan selalu mengakses berbagai macam jenis aplikasi yang tersedia.

Namun sebelum semua itu terjadi, ada sebuah sistem untuk penyimpanan data atau dalam istilah lain adalah database. Database sendiri adalah teknologi jaringan komputer yang mempunyai sejuta manfaat untuk menyimpan data.

Oleh karena itu, keberadaan aplikasi database Android memang sangat penting untuk pengguna miliki, termasuk Anda. Karena dengannya, akan lebih memudahkan kita untuk melakukan sesuatu lebih efisien dan praktis.

Seperti tadi bahwa database merupakan sekumpulan daya yang memiliki bentuk sedemikian rupa dan berdasarkan ketentuan tertentu. Sehingga akan saling berhubungan dan memudahkan dalam pengelolaannya. Jadi, dengan pengelolaan tersebut, maka pengguna bisa mendapat kemudahan untuk mencari segala informasi.

Baca Juga: Aplikasi Asap Digital Nasional Telah Meluncur untuk Pencegahan Karhutla

Tentang Database

Sebelum lebih lanjut ke dalam pembahasan mengenai aplikasi database Android, ada baiknya jika Anda mengetahui seluk-beluknya dahulu. Basis data sendiri merupakan kumpulan dari berbagai macam jenis data yang telah tersusun dalam komputer.

Sehingga bisa secara mudah untuk pengguna olah dengan program komputer guna mendapatkan informasi dari data itu sendiri. Pada umumnya, perangkat lunak yang akan digunakan dalam mengelola database yaitu management system.

Jadi, istilah dari database sendiri akan mengacu juga pada suatu koleksi data yang semuanya sudah saling berkaitan dengan yang lain. Salah satu tujuannya adalah agar dapat pengguna gunakan dalam mengelola data lebih efisien lagi.

Dengan adanya pendataan seperti itu, maka Anda akan lebih mudah untuk mengakses data kapan saja sesuai kebutuhan. Sementara itu, cara untuk membuat database menjadi lebih mudah karena adanya aplikasi basis data sendiri.

Oracle

Aplikasi database Android bernama Oracle ini merupakan software besutan Oracle Corporation dengan membawa berbagai varian produknya. Biasanya database ini berguna untuk perusahaan yang memiliki skala sangat besar, sehingga aplikasi ini berbayar.

Meskipun demikian, Oracle sendiri memang mampu untuk Anda andalkan dengan sangat baik dan terjamin. Sebab Oracle memiliki kelebihan seperti mampu dalam melindungi data supaya tidak bisa mengalami kerusakan.

TeamDesk

Dengan aplikasi database bernama TeamDesk ini, akan lebih mudah lagi untuk Anda gunakan dalam membangun database. Salah satu keunggulannya adalah mampu berjalan dalam cloud server yang aman milik sendiri.

Lebih menariknya lagi, aplikasi yang satu ini dalam beberapa tahun terakhir juga telah menjadi aplikasi andalan. Karena TeamDesk selain hanya bisa berjalan melalui Android, ternyata juga bisa berjalan di iPhone, Windows, maupun Mac.

Baca Juga: Aplikasi Betterfly Cargo Telah Meluncur dengan Sejumlah Fitur Unggulan

SQLite

Aplikasi database Android bernama SQLite merupakan besutan D.Richard Hipp yang biasanya lebih sering digunakan oleh para programmer. Sehingga bagi Anda yang kini sedang mencari aplikasi database dengan ukuran kecil dan gratis, sepertinya SQLite pilihan tepat.

Pasalnya, aplikasi database Android satu ini juga memiliki lebih banyak keunggulan yang mudah untuk pengguna kelola karena databasenya berupa file tunggal. Tidak hanya itu saja, melainkan SQLite ini juga lebih stabil karena adanya fitur JSON melalui ekstensi json1.

Bahkan bud dalam aplikasi tersebut jarang ditemui dan malahan untuk versi paling baru kecepatannya sangat luar biasa. Terlebih jika kita bandingkan dengan aplikasi lain, tentunya tidak kalah menarik.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, sayangnya aplikasi SQLite ini memang memiliki kelemahan. Itu adalah hal wajar. Misalnya tidak semua perintah standar dari aplikasi itu dapat didukung juga oleh SQLite.

Aplikasi database Android seperti penjelasan seperti tadi, sepertinya juga bisa menjadi rekomendasi pilihan terbaik untuk Anda. Sebab semuanya memiliki kelebihan maupun kelemahan masing-masing. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img