Aplikasi Dumas Presisi dan Lapor, Layanan Digital Polri Permudah Warga Banjar Buat Aduan

Aplikasi Dumas Presisi
Tim Irbid Itwasda Polda Jabar AKBP Dedy Dewantho didampingi Wakapolres Banjar Kompol Wira lalu Sutriana saat sosialisasi aplikasi pengaduan masyarakat (DUMAS). Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Aplikasi Dumas Presisi serta Lapor menjadi salah satu terobosan Polri untuk menampung aduan maupun masyarakat. Bahkan layanan tersebut langsung mendapatkan respon dari Polri.

Irbid Itwasda Polda Jawa Barat, AKBP Dedy Dewantho, mengatakan, aplikasi tersebut merupakan komplain manajemen produk dari Kapolri untuk memaksimalkan pelayanan Polri yang presisi. 

Layanan digital berupa aplikasi ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk menyampaikan aduan maupun laporan kepada pihak kepolisian.

“Maka dari itu, anggota Bhabinkamtibmas harus mensosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Dedy usai sosialisasi di Mapolres Banjar, Jum’at (03/9/2021).

baca juga: 4 Sekolah di Kota Banjar Ikuti Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi

Kapolres Banjar melalui Kasubag Humas Bripka Nandi Darmawan mengatakan, adanya layanan berbasis digital tersebut sangat membantu masyarakat dalam menyampaikan permasalahan hukum yang menjadi keluhan.

Tak hanya itu, persoalan pelayanan kepolisian juga bisa disampaikan oleh masyarakat.

“Aplikasi Dumas Presisi bisa kita manfaatkan dengan terlebih dahulu mengunduhnya di Play Store. Bila sudah, nanti tinggal ikuti petunjuk yang ada, dan kemudian apa yang menjadi pelaporan atau aduannya Polri langsung yang meresponnya,” jelas Nandi.

Agar masyarakat tahu terkait layanan baru ini, lanjutnya, pihaknya pun mulau melakukan sosiasliasi dengan memasang spanduk di sekitar Alun-alun Banjar.

“Jadi, untuk membuat pengaduannya tinggal akses saja fitur yang ada. Nanti akan ada respon langsung dari Mabes Polri,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)