Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Penanggulangan Sampah Octopus, Praktis dan Menguntungkan

Aplikasi Penanggulangan Sampah Octopus, Praktis dan Menguntungkan

Aplikasi penanggulangan sampah Octopus sangat praktis dan menguntungkan untuk digunakan. Hingga saat ini, sampah telah menjadi salah satu masalah yang cukup besar di berbagai kota di dunia, termasuk Indonesia.

Pada beberapa negara maju, melakukan upaya daur ulang sampah merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Akan tetapi di Indonesia, meski telah digencarkan serta disosialisasikan, masih ada saja orang yang tidak melakukan daur ulang sampah.

Bahkan memilih untuk membuangnya secara utuh. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang malas untuk melakukan daur ulang sampah.

Salah satunya adalah tidak adanya waktu untuk memilah sampah yang dapat didaur ulang. Lalu tidak mengetahui harus membuang ke mana sampah yang telah mereka pilih.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini hadir aplikasi mendaur ulang sampah yang praktis serta cukup menguntungkan. Aplikasi tersebut bernama Octopus.

Baca Juga: Aplikasi Emergency Button Untuk Peringatkan Tanda Bahaya Dimanapun

Mengenal Aplikasi Penanggulangan Sampah Octopus

Banyak sekali kemasan plastik sekali pakai yang menyebabkan semakin menumpuknya sampah plastik di lingkungan masyarakat. Selain mengubah pola hidup bersih dan minim sampah, penanggulangan yang dapat kita lakukan adalah dengan mendaur ulang sampah plastik.

Dalam hal ini, Octopus merupakan salah satu aplikasi yang turut berperan dalam mendaur ulang sampah plastik. Ini merupakan salah satu aplikasi gratis yang dapat Anda unduh pada layanan Google Play Store.

Bahkan aplikasi ini dapat menjadi manajer sampah plastik yang telah dikumpulkan. Para pengguna yang telah berhasil mengumpulkan sampah plastik, selanjutnya akan memperoleh poin yang dapat mereka konversi menjadi sejumlah uang.

Moehammada Ichsan yang merupakan CEO dan Co-Founder Octopus merancang aplikasi ini yang memungkinkan para pengguna dapat menyetorkan kemasan bekas untuk kembali memperoleh proses daur ulang.

Cara Kerja Aplikasi Penanggulangan Sampah Octopus

Octopus merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan seseorang untuk membuang sampah daur ulang. Pasalnya, sampah daur ulang yang seseorang buang nantinya akan melalui proses penjemputan oleh seseorang yang bernama pelestari.

Pelestari adalah salah satu mitra dari aplikasi penanggulangan sampah Octopus yang bertugas untuk menjemput sampah daur ulang dari rumah ke rumah.

Semua kalangan dapat menjadi pelestari, baik ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa, satgas kebersihan, para pemulung, dan lain sebagainya. Aplikasi Octopus mengusung konsep seperti halnya aplikasi ojek online.

Warga dapat memesan pelestari untuk mengambil sampah daur ulang yang telah warga kumpulkan. Dengan demikian, semua masyarakat pun dapat mengumpulkan sampah daur ulang hingga dalam jumlah yang banyak.

Kemudian dapat memanggil pelestari untuk mengambil sampah tersebut. Sampah yang dapat melalui proses daur ulang pun cukup beragam. Mulai dari plastik, barang elektronik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Tulis Tangan Otomatis yang Mudah dan Penggunaannya Simpel

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penanggulangan Sampah Octopus

Hingga saat ini aplikasi Octopus telah mempunyai lebih dari 75 ribuan pengguna aplikasi. Kemudian 9000an lebih mitra pengepul serta 2065 bank sampah wadah pelestari setorkan sampah untuk mereka angkut.

Aplikasi ini hadir di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Bandung, Gianyar, Makassar, dan lain sebagianya. Octopus Indonesia yang berada di Bandung bermanfaat dalam proses daur ulang sampah plastik oleh PT Namasindo Plas Padalarang, Bandung Barat.

Saat ini mekanisme yang terdapat pada aplikasi penanggulangan sampah Octopus adalah sampah yang telah berhasil terkumpul akan melalui proses konversi menjadi poin. Nantinya dapat masyarakat tukarkan menjadi uang tunai melalui proses tarik tunai di dalam aplikasi penanggulangan sampah Octopus.

Tidak hanya menjadi poin, akan tetapi sampah juga dapat masyarakat tukar dengan voucher yang bisa mereka manfaatkan sebagai discount pada coffee shop yang telah bekerja sama dengan Octopus.

Poin dari menukar sampah pada aplikasi ini bernama poin DTBM. Selain dapat memperoleh diskon pada Coffee Shop, poin DTBM tersebut juga pengguna tukarkan dengan token listrik, paket data, serta pulsa.

Selain memberikan kemudahan masyarakat dalam mendaur ulang sampah plastik, aplikasi penanggulangan sampah Octopus juga dapat membantu para pemulung dalam mencari sampah. Jika biasanya para pemulung harus mencari sampah dari rumah ke rumah serta dalam satu hari menempuh berkilo-kilo meter untuk memperoleh target sampah, maka dengan hadirnya aplikasi ini, para pemulung akan lebih cepat dalam pengumpulan sampah. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img